Kalkun-padang besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kalkun-padang besar
Otis tarda

Status konservasi
Genting
IUCN22691900
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoOtidiformes
FamiliOtididae
GenusOtis
SpesiesOtis tarda
Linnaeus, 1758
Distribusi

Kalkun-padang besar ( Otis tarda ) adalah sejenus burung dalam keluarga kalkun-padang, dan merupakan satu-satunya anggota genus Otis yang masih hidup. [2] Ia berkembang biak di padang rumput terbuka dan lahan pertanian dari Maroko utara, Eropa Selatan dan Tengah, hingga Asia Tengah dan Timur yang beriklim sedang. Populasi Eropa sebagian besar merupakan penduduk, namun populasi Asia bermigrasi lebih jauh ke selatan pada musim dingin. Ia telah terdaftar sebagai spesies Rentan di Daftar Merah IUCN sejak tahun 1996. [3]

Portugal dan Spanyol kini memiliki sekitar 60% populasi dunia. Burung ini mengalami kepunahan di Inggris Raya, ketika burung terakhir ditembak pada tahun 1832. Sejak tahun 1998 The Great Bustard Group telah membantu memperkenalkannya kembali ke Inggris, [4] di Dataran Salisbury, tempat pelatihan Angkatan Darat Inggris. Di sini, kurangnya akses publik dan gangguan memungkinkan mereka mendapatkan pengasingan yang mereka (dan hewan lain) inginkan, terutama sebagai burung besar yang bersarang di tanah.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kalkun-padang besar jantan dewasa adalah salah satu hewan terbang terberat yang masih hidup . Pejantan biasanya 90–105 cm (2 ft 11 in – 3 ft 5 in) tinggi, dengan panjang sekitar 115 cm (3 ft 9 in) dan memiliki 21–27 m (68 ft 11 in – 88 ft 7 in) lebar sayap. Pejantan dapat memiliki berat badan berkisar antara 58 hingga 18 kg (128 hingga 40 pon) . Spesimen terverifikasi terberat, yang dikumpulkan di Manchuria, berjumlah sekitar 21 kg (46 pon), rekor dunia untuk burung terbang terberat.[5] Dalam sebuah penelitian di Spanyol, seekor pejantan memiliki berat badan sebanyak 19 kg (42 pon) . Spesimen yang lebih besar telah dilaporkan tetapi masih belum diverifikasi. Rata-rata berat badan pejantan seperti yang dilaporkan cukup bervariasi: di Rusia, pejantan memiliki berat rata-rata 92 kg (203 pon) ; di Spanyol, pejantan memiliki berat rata-rata 1.162 kg (2.562 pon) selama musim kawin dan 965 kg (2.127 pon) selama tidak berkembang biak; di Jerman, pejantan memiliki berat rata-rata 1.197 kg (2.639 pon) ; dan Rekor Dunia Guinness menunjukkan bahwa kalkun-padang jantan di Inggris memiliki berat rata-rata 135 kg (298 pon) . Rata-rata berat badan jantan hampir sama persis dengan berat badan kalkun-padang Kori jantan. Di antara semua hewan terbang dan burung darat, Kondor Andes jantan ( Vultur gryphus ) mungkin menyamai atau melampaui berat rata-rata burung kalkun-padang jantan ini, tetapi tidak dengan berat maksimumnya. Selain itu, angsa jantan dari dua spesies terbesar ( angsa terompet dan angsa putih ) dapat mencapai massa rata-rata yang sama tergantung musim dan wilayah. Di antara kalkun-padang dan semua burung yang hidup, jumlah tertinggi yang dilaporkan dari spesies ini dapat disaingi oleh kalkun-padang kori ( Ardeotis kori ), yang, karena tarsi dan ekornya yang relatif lebih panjang, rata-rata lebih panjang dan lebih tinggi serta kurang seksual. dimorfik. Dalam hal kisaran berat yang dilaporkan, kalkun-padang besar India ( Ardeotis nigriceps ) juga hanya sedikit tertinggal dari spesies ini.   

Tampilan jarak dekat dari wajah.

Kalkun-padang besar juga bisa dibilang merupakan spesies burung dimorfik paling seksual yang masih ada, dalam hal perbedaan ukuran antara jantan dan betina. Kalkun-padang besar jantan dewasa yang diukur di Spanyol memiliki berat rata-rata 2,48 kali lebih banyak dibandingkan betina.[6] Secara massal, satu-satunya burung yang diketahui memiliki dimorfisme lebih tinggi adalah merak hijau ( Pavo muticus ) karena bobot jantannya hampir empat kali lebih berat dari betina. Betina berukuran sekitar sepertiga lebih kecil dalam dimensi linier, biasanya berukuran 75 hingga 85 cm (2 ft 6 in hingga 2 ft 9 in) tingginya, sekitar 90 cm (2 ft 11 in) panjangnya dan 180 cm (5 ft 11 in) melintasi sayap. Secara keseluruhan, berat badan betina bisa berkisar antara 31 hingga 8 kg (68 hingga 18 pon) . Seperti bobot pejantan ,bobot betina cukup bervariasi seperti yang dilaporkan: di Jerman, betina memiliki rata-rata berat badan 382 kg (842 pon), di Spanyol, betina memiliki berat rata-rata 435 kg (959 pon) dan di Rusia, betina dilaporkan memiliki berat rata-rata 6 kg (13 pon) . Gambar terakhir menunjukkan bahwa burung timur (mungkin O. t. dybowskii ) memiliki massa tubuh yang jauh lebih sedikit dimorfik seksual dibandingkan populasi lain. Mungkin karena dimorfisme seksual fisik ini, terdapat rasio jenis kelamin yang tidak seimbang yaitu sekitar 1,5:1 betina berbanding pejantan.

Spesimen betina.

Jantan dewasa berwarna coklat di bagian atas, bergaris dengan warna kehitaman, dan putih di bagian bawah, dengan leher dan kepala panjang berwarna abu-abu. Bagian dada dan leher bawahnya berwarna kastanye dan ada sapuan emas di bagian belakang dan warna-warna cerah ini cenderung meningkat seiring bertambahnya usia jantan. Pada musim kawin, jantan memiliki bulu leher panjang berwarna putih, yang panjangnya mencapai 12–15 cm (4,7–5,9 in) panjangnya, terus bertambah dari tahun ketiga hingga tahun keenam kehidupan. Saat terbang, sayap panjang didominasi warna putih dengan warna coklat terlihat di sepanjang tepi bulu primer dan sekunder bagian bawah dan garis coklat tua di sepanjang tepi atas sayap. Dada dan leher betina berkilau, dengan warna coklat dan pucat di seluruh bulunya sehingga dapat berkamuflase dengan baik di habitat terbuka. Burung yang belum dewasa menyerupai betina. Subspesies timur ( O. t. dybowskii ) berwarna abu-abu lebih luas pada kedua jenis kelamin, dengan batasan yang lebih luas di punggung. Kalkun-padang besar memiliki kaki yang panjang, leher yang panjang, dan tubuh yang berdada besar. Ia cukup khas dari keluarga ini dalam bentuk keseluruhan dan pilihan habitatnya. Tiga spesies kalkun-padang ainnya bertumpang tindih dengan spesies ini: Kalkun-padang Macqueen ( Chlamydotis macqueenii ), Kalkun-padang houbara ( Chlamydotis undulata ) dan kalkun-padang kecil ( Tetrax tetrax ). Namun, tidak satu pun dari mereka yang memiliki warna bulu atau mendekati ukuran tubuh spesies ini.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Habitat burung-burung ini adalah padang rumput atau padang rumput yang dibatasi oleh lanskap terbuka, datar, atau agak berbukit. Mereka dapat ditemukan di lahan budidaya yang tidak terganggu dan tampaknya lebih menyukai daerah dengan tanaman liar atau tanaman budidaya seperti sereal, kebun anggur, dan tanaman pakan ternak. Namun, selama musim kawin, mereka secara aktif menghindari daerah yang sering dikunjungi manusia dan dapat terganggu oleh praktik pertanian. Kalkun-padang besar sering kali tertarik pada daerah dengan aktivitas serangga yang tinggi.

Daerah perkembangbiakan kalkun-padang besar saat ini terbentang dari Portugal hingga Manchuria, meskipun sebelumnya spesies ini berkembang biak lebih jauh ke timur di Primorsky Krai Rusia. Karena penurunan populasi di sebagian besar wilayah tersebut, lebih dari separuh populasi global kini berada di Spanyol tengah dengan jumlah sekitar 30.000 individu. Populasi yang lebih kecil berada di Rusia selatan dan Dataran Besar Hongaria. [7]

Kalkun-padang besar jantan dewasa di habitatnya

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Kalkun-padang besar suka berteman, terutama di musim dingin ketika beberapa lusin burung mungkin berkumpul. Kelompok jantan dan betina tidak bercampur di luar musim kawin. Kalkun-padang besar mempunyai cara berjalan yang sangat lambat tetapi cenderung berlari ketika diganggu daripada terbang. Kecepatan berlari belum diukur tetapi betina dewasa diketahui berlari lebih cepat dari rubah merah ( Vulpes vulpes ), yang dapat mencapai kecepatan berlari 48 km/h (30 mph) . Kedua jenis kelamin biasanya diam tetapi bisa mendengus dalam-dalam saat khawatir atau marah. Jantan dewasa yang muncul mungkin mengeluarkan suara yang menggelegar, mendengus, dan parau. Betina mungkin mengucapkan beberapa panggilan parau di sarang dan anak-anaknya membuat panggilan yang lembut dan bergetar saat berkomunikasi dengan ibu mereka.

Migrasi[sunting | sunting sumber]

Sedang terbang.......

Beberapa individu dalam populasi Iberia melakukan pergerakan musiman pendek sebanyak 5–200 km (3,1–124,3 mi), khususnya jantan yang cenderung bergerak sebagai respons terhadap suhu musim panas yang lebih tinggi.[8] [9] Pembiak di Eropa tidak banyak bergerak atau melakukan pergerakan tidak teratur sebagai respons terhadap cuaca musim dingin yang buruk.[10] [11] Populasi yang berkembang biak di sepanjang Volga di Rusia bermigrasi sekitar 1.000 km (620 mi) untuk menghabiskan musim dingin di Krimea dan Oblast Kherson.[12] Populasi yang berkembang biak di Mongolia utara bermigrasi lebih dari 2.000 km (1.200 mi) ke Provinsi Shaanxi, Tiongkok. [13]

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Telur, Museum Koleksi Wiesbaden

Kalkun-padang besar berkembang biak pada bulan Maret, dan seekor jantan dapat kawin dengan hingga lima betina. Sebelum kawin, jantan berganti bulu ke bulu pembiakannya sekitar bulan Januari. Pejantan membangun dominasi dalam kelompok mereka selama musim dingin, bentrok dengan keras dengan menabrak dan memukul satu sama lain dengan paruh mereka. Seperti kalkun-padang lainnya, kalkun-padang besar jantan menampilkan dan bersaing untuk mendapatkan perhatian betina pada apa yang dikenal sebagai lek . Pada spesies ini, pejantan memiliki penampilan yang anggun dimulai dengan pejantan yang mondar-mandir menggembungkan tenggorokannya hingga seukuran bola sepak. Ia kemudian mencondongkan tubuh ke depan dan menarik kepalanya ke dalam sehingga bulu dagu kumis yang panjang mengarah ke atas dan kepalanya tidak terlihat lagi. Dia selanjutnya memiringkan ekornya rata di sepanjang punggungnya, memperlihatkan bulu putih cerah yang biasanya tersembunyi, lalu dia menurunkan sayapnya, dengan bulu terbang utama terlipat tetapi bulu sekunder putih menyebar. Pejantan yang muncul, yang mungkin berjalan-jalan selama beberapa menit dengan bulu mengembang dan kepala terkubur menunggu, digambarkan sebagai "mandi busa" karena penampilan mereka. Semua kalkun-padang besar yang berkembang biak juga mengalami mabung lagi dari bulan Juni hingga September

Satu hingga tiga telur mengkilap berwarna zaitun atau cokelat (rata-rata dua telur) diletakkan oleh betina pada bulan Mei atau Juni. Sarangnya, berupa galian dangkal yang dibuat oleh betina di lereng dan dataran kering dan lunak, biasanya terletak dekat dengan lokasi lek sebelumnya. Sarang terletak dalam kelompok yang jarang, dengan penelitian di Mongolia Dalam menemukan jumlah sarang minimal 9 m (30 ft) terpisah satu sama lain. Dalam penelitian yang sama, sarang ditempatkan pada ketinggian pertengahan di atas bukit, pada suhu sekitar 190 hingga 230 m (620 hingga 750 ft) . Lokasi bersarang biasanya berada di vegetasi berumput lebat sekitar 15 hingga 35 cm (5,9 hingga 13,8 in), kemungkinan untuk perlindungan terhadap pemangsaan, dengan paparan sinar matahari yang luas. Telur memiliki berat sekitar 150 g (5,3 oz) dan rata-rata 794 mm (31,3 in) tinggi sebesar 568 mm (22,4 in) lebar. Betina mengerami telurnya sendiri selama 21 hingga 28 hari. Anak kalkun-padang besar segera meninggalkan sarang setelah menetas, meskipun mereka tidak berpindah jauh dari induknya hingga mereka berusia minimal 1 tahun. Kalkun-padang besar muda mulai mengembangkan bulu dewasanya pada usia sekitar 2 bulan, dan mulai mengembangkan keterampilan terbang pada saat yang bersamaan. Mereka berlatih dengan melakukan peregangan, berlari, mengepakkan sayap, dan melakukan lompatan-lompatan kecil untuk mengudara. Pada usia tiga bulan mereka sudah mampu terbang dalam jarak yang wajar. Jika terancam, anak-anaknya akan berdiri diam, menggunakan bulu berbulu halus mereka, yang sebagian besar berwarna sepia dengan garis-garis kerbau yang lebih pucat, sebagai kamuflase. Anak-anaknya sudah mandiri pada musim dingin pertama mereka, tetapi biasanya tinggal bersama induknya sampai musim kawin berikutnya. Pejantan biasanya mulai kawin pada usia 5 hingga 6 tahun, meskipun mungkin terlibat dalam perilaku perkembangbiakan pada usia yang lebih muda. Betina biasanya pertama kali berkembang biak pada usia 2 hingga 3 tahun.  

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Spesies ini adalah omnivora, memakan makanan berbeda di musim berbeda. Di Spanyol barat laut pada bulan Agustus, 48,4% makanan burung dewasa adalah tanaman hijau, 40,9% adalah invertebrata, dan 10,6% adalah biji-bijian. Pada populasi yang sama selama musim dingin, biji-bijian dan bahan tanaman hijau merupakan hampir keseluruhan makanannya. Alfalfa tampaknya lebih disukai sebagai makanan burung dari Spanyol. Tumbuhan lain yang disukai dalam makanan dapat mencakup kacang-kacangan, tanaman silangan, tanaman dandelion dan anggur, serta biji gandum dan jelai kering. Di antara hewan mangsa, serangga umumnya dimakan dan merupakan makanan utama bustard muda di musim panas pertama mereka, meskipun mereka kemudian beralih ke preferensi herbivora musiman dewasa pada musim dingin. Coleoptera, Hymenoptera dan Orthoptera sebagian besar diambil, sebagian besar berdasarkan ketersediaan dan kelimpahan. Vertebrata kecil melengkapi makanannya ketika ada kesempatan. Kalkun-padang besar terkadang memakan kumbang api beracun dari genus Meloe dengan tujuan meningkatkan gairah seksual pada jantan Beberapa tanaman yang dipilih pada musim kawin menunjukkan aktivitas in-vitro terhadap model laboratorium parasit dan patogen.

Mencari makan[sunting | sunting sumber]

Di musim dingin, intensitas makan meningkat dan kemudian menurun sepanjang pagi hari pada kedua jenis kelamin, dan lebih rendah pada kelompok jantan dibandingkan pada kelompok betina. Perbedaan jenis kelamin ini lebih besar ketika ketersediaan legum lebih sedikit di Spanyol tengah. Pejantan yang mencari makan sedikit kurang intensif dibandingkan perempuan dapat mengimbanginya dengan periode mencari makan yang lebih lama dan ukuran gigitan yang lebih besar yang memungkinkan mereka memperoleh makanan yang cukup dibandingkan dengan kebutuhan energi absolut harian mereka. Luas area mencari makan di pagi hari lebih kecil di lokasi dengan ketersediaan legum yang lebih banyak, kemungkinan karena legum merupakan jenis substrat yang paling disukai.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Kalkun-padang besar biasanya hidup sekitar 10 tahun, tetapi ada pula yang diketahui dapat hidup hingga 15 tahun atau lebih. Rentang hidup maksimum yang diketahui untuk spesies ini adalah 28 tahun. Pejantan dewasa tampaknya memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan perempuan terutama karena perkelahian intraspesies yang sengit dengan pejantan lain selama musim kawin. Banyak pejantan yang mati dalam beberapa tahun pertama kedewasaan mereka karena penyebab ini.

Meskipun hanya sedikit informasi rinci yang diperoleh tentang predator, lebih dari 80% kalkun-padang besar mati pada tahun pertama kehidupannya dan banyak yang menjadi korban predasi. Anak kalkun-padang besar dapat dimangsa karena fakta bahwa mereka adalah burung yang hidup di darat dan enggan terbang. Predator telur dan anakan antara lain burung pemangsa, gagak, landak, rubah, cerpelai, teledu, amunin, tikus, dan babi celeng ( Sus scrofa ). Predator alami yang paling serius di sarang mungkin adalah rubah merah dan gagak tudung ( Corvus cornix ). Anakan tumbuh sangat cepat, pada usia 6 bulan sudah hampir dua pertiga ukuran dewasanya, dan dimangsa oleh rubah, lynx, serigala abu-abu ( Canis lupus ), anjing, serigala, dan elang . Predasi terhadap bustard besar jantan dewasa dilaporkan dilakukan oleh elang ekor putih ( Haliaeetus albicilla ) sedangkan elang emas ( Aquila chrysaetos ) merupakan predator potensial dan elang kaisar timur ( Aquila heliaca ) diketahui memangsa kalkun-padang besar (namun kecil kemungkinannya). termasuk jantan dewasa). [14] [15] [16] Kalkun-padang besar dengan usia dan jenis kelamin yang tidak diketahui telah ditemukan di antara sisa-sisa mangsa burung hantu elang Eurasia ( Bubo bubo ) di Bulgaria . Kemungkinan tindakan pemangsaan terhadap bustard besar diketahui dilakukan oleh raptor yang jauh lebih kecil, elang-rawa katak ( Circus aeruginosus ), meskipun kemungkinan besar bustard ini "lemah atau terluka" jika ditangkap hidup-hidup.[17] Perilaku bustard jantan dewasa yang berani dan mencolok mungkin menarik predator mamalia besar yang sama yang mendahului anakan, seperti serigala dan lynx, sedangkan betina yang lebih tidak mencolok terkadang diserang oleh berbagai predator. Namun, pemangsaan umumnya jarang terjadi pada kalkun-padang besar dewasa karena ukuran, kegesitan, dan keamanan mereka dalam jumlah karena perilaku sosial mereka.   

Kadang-kadang, penyebab alami lainnya dapat berkontribusi terhadap kematian spesies tersebut, terutama kelaparan pada bulan-bulan musim dingin yang keras. Namun, penyebab utama kematian dalam beberapa abad terakhir sebagian besar disebabkan oleh aktivitas manusia.

Ancaman dan status konservasi[sunting | sunting sumber]

Burung dewasa

Kalkun-padang besar diklasifikasikan sebagai rentan pada tingkat spesies. Ada banyak sekali ancaman yang dihadapi oleh kalkun-padang besar. Meningkatnya gangguan manusia dapat menyebabkan hilangnya habitat yang disebabkan oleh pembajakan padang rumput, pertanian intensif, penghijauan, peningkatan pembangunan skema irigasi, dan pembangunan jalan, jaringan listrik, pagar dan parit. Mekanisasi, pupuk kimia dan pestisida, kebakaran dan pemangsaan oleh anjing merupakan ancaman serius bagi anakan dan kalkun-padang muda, dan perburuan hewan dewasa berkontribusi terhadap kematian yang tinggi di beberapa negara tempat mereka tinggal. Aktivitas pertanian merupakan gangguan besar pada sarang dan, di Hongaria, hanya sedikit sarang yang berhasil ditemukan di luar kawasan lindung.

Kalkun-padang, meskipun ukurannya besar, mampu terbang dengan kecepatan tinggi dan sering kali dimutilasi atau dibunuh oleh kabel listrik di atas, yang ditempatkan di wilayah Pannonia Barat di Austria Timur dan Hongaria Barat tepat pada ketinggian terbangnya. Perusahaan listrik yang terkena dampak telah mengubur sebagian kabel berbahaya, dan menandai bagian udara yang tersisa dengan spidol neon untuk memperingatkan burung-burung tersebut. Langkah-langkah ini dengan cepat mengurangi angka kematian bustard. Bustard juga kadang-kadang terbunuh karena tabrakan dengan mobil atau tersangkut kabel.

Kalkun-padang besar dulunya berasal dari Inggris Raya dan bustard merupakan bagian dari desain Lambang Wiltshire dan sebagai pendukung lambang Cambridgeshire . Pada awal tahun 1797, naturalis dan pengukir kayu Thomas Bewick berkomentar dalam bukunya A History of British Birds bahwa "Baik kalkun-padang kecil maupun kalkun-padang besar adalah makanan yang sangat baik, dan kita akan membayar lebih karena sulit untuk domestikasi; memang, tampaknya Yang mengejutkan, kita harus membiarkan burung-burung yang baik ini berada dalam bahaya kepunahan total, meskipun, jika dibudidayakan dengan benar, mereka mungkin mendapatkan makanan yang sama lezatnya dengan unggas peliharaan kita, atau bahkan seperti kalkun, yang membuat kita berhutang budi pada negara-negara yang jauh. ." [18] Prediksi Bewick benar; kalkun-padang besar diburu hingga tidak ada lagi di Inggris pada tahun 1840-an.

Pada tahun 2004, sebuah proyek yang mengawasi reintroduksi ke Dataran Salisbury di Wiltshire menggunakan telur yang diambil dari Saratov di Rusia dilakukan oleh The Great Bustard Group, [19] sebuah Badan Amal Terdaftar di Inggris yang bertujuan untuk membangun populasi kalkun-padang besar yang mandiri di Inggris. . Burung-burung yang dilepasliarkan ini telah bertelur dan membesarkan anakan di Inggris pada tahun 2009 dan 2010. Meskipun kalkun-padang besar dulunya berasal dari Inggris, kalkun-padang besar dianggap sebagai spesies asing menurut hukum Inggris. Pelepasliaran kalkun-padang besar ke Inggris oleh Great Bustard Group dilakukan secara paralel dengan para peneliti dari Universitas Bath yang memberikan wawasan tentang habitat populasi kalkun-padang besar asli di Rusia dan Hongaria. Pada 19 Januari 2011, diumumkan bahwa Proyek Great Bustard telah mendapatkan pendanaan EU LIFE+, yang kabarnya berjumlah £1,8 juta. Pada tahun 2020 populasi di Wiltshire melebihi 100 burung.[20] Di Hongaria, di mana spesies ini merupakan burung nasional, kalkun-padang besar dilindungi secara aktif. Pihak berwenang Hongaria berupaya melestarikan masa depan jangka panjang penduduknya melalui langkah-langkah perlindungan aktif; area yang terkena dampak perlakuan ekologi khusus telah bertambah menjadi 15 km2 (5,8 sq mi) pada musim panas 2006.

Di bawah naungan Konvensi Spesies Hewan Liar yang Bermigrasi (CMS), juga dikenal sebagai Konvensi Bonn, Nota Kesepahaman (MoU) tentang Konservasi dan Pengelolaan Populasi Bustard Besar Eropa Tengah telah disepakati dan mulai berlaku. pada tanggal 1 Juni 2001. MoU tersebut memberikan kerangka kerja bagi pemerintah, ilmuwan, badan konservasi, dan pihak lain untuk memantau dan mengoordinasikan upaya konservasi guna melindungi populasi burung bustard di Eropa tengah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2023). "Otis tarda": e.T22691900A226280431. 
  2. ^ Gill, Frank; Donsker, David; Rasmussen, Pamela, ed. (2023). "Turacos, bustards, cuckoos, mesites, sandgrouse". World Bird List. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 12 December 2023. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama iucn2
  4. ^ "Reintroducing the great bustard to Southern England". RSPB. Diakses tanggal 2015-12-26. 
  5. ^ Bird, D. M. (1999). The Bird Almanac : The Ultimate Guide to Essential Facts and Figures of the World's Birds. Buffalo, N.Y. ISBN 1-55209-323-9. OCLC 40051530. 
  6. ^ Alonso, J. C.; Magaña, M.; Alonso, J. A.; Palacín, C.; Martín, C, A.; Martín, B. (2009). "The Most Extreme Sexual Size Dimorphism among Birds: Allometry, Selection, and Early Juvenile Development in the Great Bustard (Otis tarda)". The Auk. 126 (3): 657–665. doi:10.1525/auk.2009.08233. 
  7. ^ great bustards Distribution and population numbers International Technisches Büro für Biologie Mag.
  8. ^ Alonso, J. A.; Martín, C. A.; Alonso, J. C.; Morales, M. B.; Lane, S. J. (2001). "Seasonal Movements of Male Great Bustards in Central Spain". Journal of Field Ornithology. 72 (4): 504–508. doi:10.1648/0273-8570-72.4.504. 
  9. ^ Alonso, J. C.; Palacín, C.; Alonso, J. A.; Martín, C. A. (2009). "Post-breeding migration in male great bustards: low tolerance of the heaviest Palaearctic bird to summer heat". Behavioral Ecology and Sociobiology. 63 (12): 1705–1715. doi:10.1007/s00265-009-0783-9. 
  10. ^ Streich, W. J.; Litzbarski, H.; Ludwig, B.; Ludwig, S. (2006). "What triggers facultative winter migration of Great Bustard (Otis tarda) in Central Europe?". European Journal of Wildlife Research. 52 (1): 48–53. doi:10.1007/s10344-005-0007-1. 
  11. ^ Block, B. (1996). "Wiederfunde von in Buckow ausgewilderten Großtrappen (Otis t. tarda L., 1758) Ringfundmitteilung 6/1995 der Vogelwarte Hiddensee". Naturschutz und Landschaftspflege in Brandenburg. 1/2: 76–79. 
  12. ^ Watzke, H. (2001). "Der Zug von Großtrappen Otis tarda aus der Region Saratov (Russland) – erste Ergebnisse der Satellitentelemetrie im Rahmen eines Schutzprojektes". Vogelwelt. 122: 89–94. 
  13. ^ Kessler, A. E.; Batbayar, N.; Natsagdorj, T.; Batsuur’, D.; Smith, A. T. (2013). "Satellite telemetry reveals long-distance migration in the Asian great bustard Otis tarda dybowskii". Journal of Avian Biology. 44 (4): 311–320. doi:10.1111/j.1600-048X.2013.00072.x. 
  14. ^ Love, J.A. (1983). The return of the Sea Eagle. Cambridge University Press. ISBN 0 521 25513 9. 
  15. ^ Sastre, P.; Ponce, C.; Palacín, C.; Martín, C. A.; Alonso, J. C. (2009). "Disturbances to great bustards (Otis tarda) in central Spain: human activities, bird responses and management implications". European Journal of Wildlife Research. 55 (4): 425–432. 
  16. ^ Horváth, M.; Solti, B.; Fatér, I.; Juhász, T.; Haraszthy, L.; Szitta, T.; Bállok, Z.; Pásztory-Kovács, S. (2018). "Temporal changes in the diet composition of the Eastern Imperial Eagle (Aquila heliaca) in Hungary". Ornis Hungarica. 26 (1): 1–26. 
  17. ^ Mirzanejad, H., Gholami, J., & Qashqaei, A. T. (2018).
  18. ^ Bewick, Thomas (1847) [1804]. A History of British Birds. Volume 1: Land Birds. Newcastle: R. E. Bewick. hlm. 372. 
  19. ^ "Home". Greatbustard.org. Diakses tanggal 8 October 2022. 
  20. ^ "Great British bustards". Birdguides.com. 8 June 2022.