Corvus cornix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Burung gagak berkerudung.

Corvus cornix atau yang lebih dikenal dengan gagak berkerudung/gagak abu-abu (dalam bahasa Inggris dikenal sebagai hooded crow) adalah burung jenis gagak berwarna abu-abu dengan ciri khas warna hitam pada bagian kepalanya yang menimbulkan kesan seperti mengenakan penutup kepala.[1] Seperti halnya semua keluarga burung gagak, burung ini termasuk sebagai burung pengicau dengan suara yang agak serak dan cempreng.

Wilayah persebaran burung gagak meliputi seluruh benua dan kepulauan kecuali Amerika Selatan. Namun untuk gagak berkerudung umumnya dijumpai di wilayah Eropa bagian Utara, Timur, dan Tenggara. Burung gagak berkerudung ini memiliki kecerdasan dan tingkah laku di atas rata-rata. Hal ini terlihat dari beberapa kebiasaannya seperti penggunaan umpan untuk mencari makanan. Burung gagak berkerudung juga dianggap sebagai burung yang sangat sensitif terhadap lingkungan sekitar. Musim berkembang biak burung gagak biasanya adalah awal musim semi. Untuk harapan hidup bagi burung gagak adalah 15-20 tahun tapi di penangkarannya, beberapa burung hidup hingga 35-40 tahun.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Gagak Berkerudung: Berapa Banyak Nyawa, Apa Yang Dimakan Dan Di Mana Ia Hidup". id.zoo-club.org. Diakses tanggal 1 Desember 2019.