Angsa Terompet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angsa terompet

Kemungkinan aman (NatureServe)[2]
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Superfamili:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Spesies:
Cygnus buccinator

Peta persebaran

     Wilayah perkembangbiakan     Persebaran sepanjang tahun     Wilayah non-perkembangbiakan

Angsa terompet (Cygnus buccinator) atau dalam bahasa inggrisnya (The trumpeter swan) adalah spesies angsa yang ditemukan di Amerika Utara. Burung hidup terberat yang berasal dari Amerika Utara ini merupakan spesies unggas air terbesar yang masih ada dengan lebar sayap yang mungkin melebihi 3 meter. Angsa ini merupakan rekanan dari angsa Amerika, serta kerabat dekat dengan angsa whooper (Cygnus cygnus) yang berasal dari Eurasia, dan bahkan telah dianggap spesies yang sama oleh beberapa pihak berwenang.

Pada tahun 1993, populasi dari angsa trompet liat diketahui kurang dari 70 ekor, mungkin tahun-tahun kedepan tampaknya kepunahan akan terjadi, sampai survei udara menemukan beberapa populasi angsa ini di daerah Pasifik, lebih detailnya di sekitar Sungai Copper Alaska.

Investigasi survei diadakan kembali secara hati-hati oleh lembaga satwa liar dan Trumpeter Swan Society, dan secara mengejutkan populasi liar angsa trompet di Amerika Utara bertambah menjadi lebih dari 46.000 pada tahun 2010.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Angsa trompet adalah spesies unggas air terbesar yang masih ada. Angsa trompet dewasa biasanya memiliki panjang 138–165 cm, meskipun spesies laki-laki dewasa dapat melebihi 180 cm dari panjang total. Berat dari angsa dewasa ini biasanya 7–13,6 kg . Mungkin karena berbagainya musim berdasarkan akses makanan dan variabilitas karena usia, bobot rata-rata pada laki-laki telah dilaporkan berkisar antara 10,9 hingga 12,7 kg dan dari 9,4 menjadi 10,3 kg pada wanita. Angsa ini merupakan salah satu burung atau hewan hidup terberat yang dapat terbang.

Di samping angsa putih (Cygnus olor), pelikan Dalmatia (Pelecanus crispus), kori bustard (Ardeotis kori), dan Kondor andes (Vultur gryphus), adalah salah satu dari segelintir yang memiliki berat lebih dari 10 kg antara jenis kelamin, dan satu survei terompet musim dingin menemukan itu rata-rata kedua setelah kondor dalam massa rata-rata. Lebar sayap angsa terompet berkisar antara 185 hingga 250 cm , dengan kunci sayap berukuran 60–68 cm . Terompet jantan terbesar yang diketahui mencapai panjang 183 cm (6 kaki 0 in), lebar sayap 3,1 m dan berat 17,2 kg.

Ini adalah unggas air liar terberat kedua yang pernah ditemukan, karena satu angsa bisu ditemukan memiliki berat 23 kg besar, tetapi tidak jelas apakah angsa yang terakhir masih mampu terbang karena bobotnya.

Distribusi dan Habitat[sunting | sunting sumber]

Spesies yang hanya ada di Amerika Utara ini memiliki distribusi yang umumnya lebih ke selatan daripada Angsa Tundra. Pada abad ke-19, spesies ini diburu secara komersial, terutama untuk diambil bulunya, hingga menjadi sangat langka. Sekarang angsa ini berlimpah di bagian barat benua dan memperluas jangkauannya ke arah timur[3]

Angsa trompet ditemukan di lahan basah sungai, danau, kolam, rawa-rawa, atau berbagai jenis lahan basah lainnya yang sesuai dengan preferensi mereka[4]

Migrasi[sunting | sunting sumber]

Kemampuan Angsa Trumpeter untuk menyebar dan bermigrasi sejauh ratusan kilometer, dan dengan demikian menggunakan wilayah yang luas, menjadi pertanda baik bagi pemulihan jangka panjangnya. Namun, di tempat musim dinginnya (dan beberapa tempat berkembang biak di musim panas), Angsa Trumpeter kini harus hidup berdampingan dengan Angsa Bisu (mute swan), spesies Eropa yang diintroduksi ke wilayah Great Lakes dan pantai timur Amerika Serikat[3].

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Spesies dewasa mulai kawin pada usia 4 hingga 7 tahun. Perkawinan biasanya terjadi dari bulan Maret hingga Mei. Kedua induk terlibat dalam pembangunan sarang yang memakan waktu 2 hingga 5 minggu. Sarangnya berdiameter 1,2 hingga 3,6 m dan biasanya dikelilingi oleh air. Bahan-bahan yang digunakan untuk membangun sarang termasuk berbagai vegetasi air, rumput, dan alang-alang[5].

Kebiasaan Makan[sunting | sunting sumber]

Makanan angsa terompet sebagian besar terdiri dari invertebrata air. Pada usia lima minggu, sebagian besar angsa telah beralih ke pola makan yang hampir herbivora. Makanan ini sebagian besar terdiri dari umbi-umbian, akar, batang, daun, dan kadang-kadang serangga. Di Alaska selama musim kawin, tanaman lahan basah yang umumnya dikenal sebagai ekor kuda (genus Equisetum) dan alang-alang Lyngbye (Carex lyngbyei) dikonsumsi dalam jumlah besar. Namun, karena distribusi spesies yang luas, ada beberapa variasi makanan mereka seperti kentang bebek (Sagittaria latifolia), gulma air (genus Elodea), gulma tambak (genus Potamogeton), dan umbi-umbian sagu tambak (Potamogeton pectinatus)[5].

Tingkah Laku[sunting | sunting sumber]

Angsa terompet hidup dalam kawanan kecil, sering kali bersama anggota keluarganya sendiri. Rutinitas harian mereka bervariasi dari musim ke musim. Di musim dingin mereka lebih banyak beristirahat dan makan lebih sedikit, sementara di musim semi mereka mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dan sangat aktif di siang hari. Ukuran kawanan juga bervariasi dari musim ke musim. Pada musim semi, ukuran kawanan bisa hampir setengah dari yang ditemukan pada musim gugur karena anak-anak telah pergi dan musim kawin akan segera dimulai. Spesies ini dikenal sangat teritorial selama musim kawin. Mereka dapat menjadi sangat kejam terhadap pesaing, angsa lain, atau hewan apa pun yang dapat menjadi ancaman yang menyerang ruang mereka[5].

Ancaman Kepunahan[sunting | sunting sumber]

Ancaman terbesar yang dihadapi angsa terompet adalah kurangnya habitat musim dingin yang memadai dan fakta bahwa banyak populasi yang telah dipulihkan belum membentuk perilaku migrasi. Akibat dari kurangnya habitat musim dingin adalah keberadaan angsa yang padat di beberapa daerah yang terisolasi, yang membuat spesies ini rentan terhadap satu peristiwa bencana, kekurangan makanan, dan penyebaran penyakit.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2021). "Cygnus buccinator". 2021: e.T22679859A136992006. doi:10.2305/IUCN.UK.2021-3.RLTS.T22679859A136992006.en. 
  2. ^ "NatureServe Explorer 2.0". explorer.natureserve.org. Diakses tanggal 10 November 2022. 
  3. ^ a b Michel, Gosselin (2019). Trumpeter Swan | Cygnus buccinator. hlm. 96–97. 
  4. ^ a b USDA Forest Service, Eastern Region (2002). Conservation Assessment For Trumpeter Swan (Cygnus buccinator) (PDF). Escanaba, Michigan. 
  5. ^ a b c Robins, Kaitlyn. "Cygnus buccinator (trumpeter swan)". Animal Diversity Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-23.