Kaliwungu, Kudus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kaliwungu
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Kudus
Pemerintahan
 • Camat Drs. Eko Hari Djatmiko, M.Si
Luas 32,71 km²
Jumlah penduduk 83.927 jiwa (2006)
Kepadatan 2.509 jiwa/km²
Desa/kelurahan 15 desa

Kaliwungu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Merupakan wilayah kecamatan yang terletak di sebelah barat wilayah Kabupaten Kudus dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Jepara di sisi barat dan dengan Kabupaten Demak di sisi sebelah selatan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Kaliwungu merupakan kecamatan yang terletak di sebelah barat wilayah Kabupaten Kudus yang mempunyai luas wilayah 3.271,275 ha (32,71 km&sup2). Secara astronomi terletak pada titik koordinat 6°51′0″LS,110°36′0″BT sampai dengan 7°16′0″LS,110°50′0″BT.

Batas-batas wilayah kecamatan Kaliwungu yaitu:

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Bakalankrapyak
  2. Banget
  3. Blimbing Kidul
  4. Gamong
  5. Garung Kidul
  6. Garung Lor
  7. Kaliwungu
  8. Karangampel
  9. Kedungdowo
  10. Mijen
  11. Papringan
  12. Prambatan Kidul
  13. Prambatan Lor
  14. Setrokalangan
  15. Sidorekso

Demografi[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk Kecamatan Kaliwungu sebesar 83.927 jiwa, yang terdiri atas: penduduk berjenis kelamin laki-laki sebanyak 41.355 jiwa dan sisanya 42.572 jiwa berjenis kelamin perempuan.

Mayoritas penduduk di wilayah kecamatan Kaliwungu bermata pencarian sebagi petani, namum tidak sedikit pula yang bekerja sebagai buruh pabrik di berbagai industri rokok yang terdapat di Kabupaten Kudus.

Wisata[sunting | sunting sumber]

  • Kolam pemancingan Honocoroko, terletak di desa Kaliwungu, berjarak lebih kurang 700 meter ke arah utara dari jalan raya Kudus-Jepara. Hasil pancingan bisa langsung dinikmati di tempat. Selain tempat pemancingan dan rumah makan juga tersedia kolam renang.
  • Wisata budaya "Buka luwur" disejumlah desa untuk memperingati sesepuh desa yang bersangkutan. Yang cukup terkenal adalah buka luwur "Kyai Keramat Belangpyang" dan "Kyai Madya" di desa Prambatan Lor, Buka luwur "Dalang Pereng" (Dukuh Pereng, Prambatan Lor), Buka luwur "Jolodoro" (Dukuh Tersono, Garung Lor).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]