Jebung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jebung
Nama lahirJessica Sabar Bungauli Silaban
Nama lain
  • Jebung
  • Jessica Bunga
Lahir21 September 2001 (umur 19)
Jakarta, Indonesia
Genre
Pekerjaan
Instrumen
Tahun aktif2017–sekarang
Label
  • Acuan Entertainment
AlmamaterUniversitas Indonesia
Orang tuaHendrik Silaban (Ayah), Efline Tiarma Simanjuntak (Ibu)
KerabatKevin Oliver Silaban (Abang), Fanuel Maringan Silaban (Adik)

Jessica Sabar Bungauli Silaban, (lahir 21 September 2001; umur 19 tahun) yang lebih dikenal dengan sebutan Jessica Bunga atau biasa disingkat Jebung, adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal luas sejak ia menyanyikan ulang lagu "Dark Horse" milik Katty Perry yang ia unggah di aplikasi TikTok dan telah ditonton lebih dari 184,9 juta kali.[1][2][3]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Jebung juga merupakan seorang staf Departemen Seni Budaya BEM FISIP UI.

Karier[sunting | sunting sumber]

Dikenal dengan nama akun @jebunggg merupakan singkatan dari nama lengkapnya, Jessica Sabar Bungauli. Panggilan Jebung sendiri muncul ketika Jebung masuk SMA.

Bakat bernyanyi Jebung menurun dari keluarga ayahnya yang mayoritas berdarah seni, sementara ibunya adalah pembina paduan suara di gereja. Jebung mulai suka bernyanyi saat ia berumur 4 tahun dan mengikuti kursus vokal ketika berumur 6 tahun, awalnya ia bernyanyi lagu klasik dan berlanjut berpindah-pindah ke genre musik lain. Sejak umur 8 tahun, Jebung mengikuti beberapa audisi ajang pencarian bakat tetapi tidak pernah masuk. Selain bernyanyi, Jebung juga merupakan anggota cheerleader saat SMP.

Beranjak remaja, Jebung mengikuti kursus vokal di KBL Performing Arts di bawah bimbingan Petrick Mandey. Ia juga sering tampil bersama paduan suara dan vokal grup. Sejak kuliah sampai sekarang, Jebung tinggal di rumah neneknya agar lebih dekat ke stasiun untuk menuju ke kampus.

Jebung mulai aktif di TikTok pada Juli 2020 karena pandemi. Kontennya lebih banyak seputar musik dan beberapa kali menjadi viral. Mulai dari cover lagu Dark Horse milik Katy Perry, sampai kolaborasinya dengan kreator lain, Asyraf Jamal dalam cover Kopi Dangdut.

Kini Jebung memiliki enam juta pengikut dan total 86 juta akun TikTok yang telah menyukai konten-kontennya.[4] Ia juga mendapat followers dari orang luar negeri seperti orang Filipina karena dirinya sempat disangka orang Filipina.

Selain itu Jebung menjadi nominator di tiga kategori pada ajang penghargaan TikTok Awards Indonesia 2020. Dia mendapat nominasi "Rising Star of the Year", "Creator of the Year", dan "Best of Performers".

Ia juga pernah diundang Raisa dan Afgan dalam konferensi pers perilisan singel terbaru mereka berjudul 'Tunjukkan'.

Pada tahun 2021 Jebung merilis singel berjudul Cassava. Jebung menulis lagu ini seluruhnya dan dibantu oleh seorang produser bernama Rizki CVX. . Singel ini dirilis oleh Acuan Entertainment, sebuah label dan manajemen artis yang hadir melalui kerja sama Trinity Optima Production dan Indomusikgram. Pembuatan video musik Cassava melibatkan Aulion, seorang kreator konten yang sangat dikenal di Indonesia.[5] Single tersebut terinspirasi dari singkong goreng yang merupakan makanan favorit Jebung.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Kompilasi[sunting | sunting sumber]

  • 19 Nonstop Rohani Anak-Anak CMP Records (2011)

Album Mini[sunting | sunting sumber]

  • Memilih Dirinya (2017)

Single[sunting | sunting sumber]

  • Kopi Dangdut - Fahmi Shahab, Jessica Bunga, Asyraf Jamal (2020)
  • Cassava (2021)

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran
2020 Rumpi (No Secret) Bintang Tamu Trans TV
Okay Bos Trans7
Dahsyatnya 2020 RCTI
2021 Dahsyatnya 2021
TikTok Awards Indonesia 2020 Pengisi Acara
Super Youth Bintang Tamu GTV
Tonight Show Premiere NET.
NET. On Top

Penghargaan & Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil
2020 TikTok Awards Indonesia 2020 Viral Song of the Year Kopi Dangdut - Fahmi Shahab, dinyanyikan ulang Jessica Bunga & Asyraf Jamal Menang
Creator of the Year Jessica Bunga (@jebunggg) Nominasi
Rising Star of the Year
Best of Performers

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kenalan sama Jebung, Content Creator TikTok yang Jago Nyanyi". kumparan. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  2. ^ "Viral Lewat Tiktok, 10 Potret Jebung yang Kini Jadi Penyanyi Idola". suara.com. 2021-02-04. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  3. ^ Times, I. D. N.; Amalia, Malmal. "9 Fakta Jebung, TikTok Creator yang Viral Karena Suara Merdunya". IDN Times. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  4. ^ "Punya 6 Juta Pengikut di TikTok, Apa Rahasia Jebung?". Republika Online. 2021-01-20. Diakses tanggal 2021-05-04. 
  5. ^ VIVA, PT VIVA MEDIA BARU- (2021-04-25). "Sempat Viral Cover Lagu Katy Perry, Jebung Kini Rilis Single Cassava". www.viva.co.id. Diakses tanggal 2021-05-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]