Jane Goodall

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jane Goodall adalah seorang perempuan kelahiran Inggris pada 3 April 1934 yang merupakan seorang peneliti primata, aktivis juga memiliki kepedulian pada upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan serta sumber daya alam.[1]

Perjalanan Goodall ke Kenya pada tahun 1957 membawanya menjadi seorang peneliti simpanse yang terkenal di dunia hingga saat ini. Penelitiannya yang mendalam pada kehidupan kelompok simpanse di hutan Gombe membuatnya menemukan beberapa fakta baru dari simpanse yang memiliki kekerabatan genetik unik dengan manusia. Pada Oktober 1960 Goodall menemukan bahwa simpanse yang sebelumnya dikenal adalah pemakan tumbuhan ternyata juga pemakan daging. Pada November 1960 ia juga meneliti tentang simpanse yang membuat dan menggunakan peralatan dalam kehidupan mereka. Penemuan ini dinilai sebagai salah satu penemuan terbesar dalam bidang pendidikan di abad kedua puluh.[2]

Perempuan yang memiliki nama asli Valerie Jane Morris-Goodall ini kemudian mendirikan Jane Goodall Institute pada tahun 1977. Organisasi ini didirikan untuk mendukung kecintaan Goodall pada primata dengan melakukan penelitian di Gombe untuk meningkatkan perlindungan terhadap simpanse. Saat ini Dr. Jane Goodall berkeliling dunia, menulis, berbicara dan menyebarkan visi misinya ke seluruh dunia. Menebarkan semangatnya bagi setiap orang untuk “use the gift of our life to make the world a better place." Sebagai seorang pecinta alam, peduli kemanusiaan, dan pejuang hewan ia juga adalah utusan PBB untuk perdamaian.

Republik umum memperkenalkan kepada kehidupan bekerja Jane Goodall via Miss Goodall dan Simpanse liar, siaran pertama di televisi Ameka pada 22 Desember, 1965. Difilmkan oleh suami pertamanya, dan narator oleh Orson Welles, film dokumeter menunjukkan pemalu tapi ditentukan Gadis Inggris dengan sabar hewan-hewan di habibat aslinya, dan simpanse segera menjadi sebuah pokok publik televisi di Amerika dan Inggris. Melalui program ini, Goodall menantang ilmuwan untuk mendefinisikan kembali "perbedaan" antara manusia dan primata lain.


Di 2017, rekaman tambahan dari penembakan Nona Goodall disatukan bersama untuk Jane sebuah dokumentari yang termasuk wawancara baru dengan aktivis terkenal untuk membuat liputan lebih


Banyak usaha keras Goodall yang dilakukan dibawah naungan dari Institut Jane Goodall untuk penelitian alam bebas, edukasi dan konservasi, organisasi nirlaba yang mempromosikan perlindungan Simpanse dan praktik lingkungan yang kuat. Dibangun di tahun 1977, organisasi didirikan di Virginia.

Pada July 1960, disertai oleh ibunya dan koki Afrika, Jane Goodall tiba di pantai danau Tanganyika di Gombe Stream Reserve of Tanzania, Afrika dengan lulus studi simpanse. Upaya pertama Goodall untuk observasi hewan gagal.



Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Library, CNN. "Jane Goodall Fast Facts". CNN. Diakses tanggal 2018-03-10. 
  2. ^ "About Jane - The Jane Goodall Institute". The Jane Goodall Institute (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-10.