TED (konferensi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Templat:Use mdy dates

TED Conferences, LLC
TED three letter logo.svg
Jenis usaha LLC
Jenis situs
Konferensi
Bahasa Inggris, subtitles multilingual, transcript
Didirikan 23 Februari 1984 (1984-2-23)
Markas
Wilayah operasi USA
Pemilik Sapling Foundation[1]
Pendiri Richard Saul Wurman dan Harry Marks
Pendapatan US$45.1 million (2012) [2]
Slogan Ideas worth spreading
Situs web ted.com
Peringkat Alexa 834 (May 2016)[3]
Daftar akun Optional
Diluncurkan
  • 23 Februari 1984; 33 tahun lalu (1984-02-23) (first conference)
  • 22 Februari 1990; 27 tahun lalu (1990-02-22) (annual event)
Status Aktif

TED (Technology, Entertainment, Design) adalah sebuah organisasi media nirlaba yang mengunggah presentasi secara gratis yang di distribusikan secara online, di bawah slogan "ideas worth spreading". TED didirikan pada Februari 1984 sebagai sebuah konferensi yang di adakan tahunan semenjak 1990. Perhatian awal TED adalah teknologi dan desain, sesuai dengan asal Silicon Valley-nya, namun belakangan ini lebih melebarkan fokus-nya dan merangkum presentasi di berbagai topik akademis, budaya, dan ilmiah.

Konferensi TED yang utama diadakan setiap tahunnya di Vancouver, British Columbia, Canada di Vancouver Convention Centre. Sebelum 2014, konferensi nya diadakan di Long Beach. Acara TED juga diadakan di seluruh Amerika Utara, Eropa dan Asia, menawarkan live streaming presentasi nya. Mereka membicarakan berbagai jenis topik dalam penelitian dan praktek sains dan budaya, sering lewat cerita. Para pembicara diberikan waktu maksimum 18 menit untuk mempresentasikan ide mereka dengan cara yang paling inovatif dan menarik yang mereka bisa. Pembicara yang pernah presentasi termasuk Bill Clinton, Jane Goodall, Al Gore, Gordon Brown, David Cameron, Billty Graham, Richard Dawkins, Bill Gates, Bono, penemu Google Larry Page dan Sergey Brin, dan berbagai pemenang Nobel Prize. Kurator TED sekarang adalah jurnalis komputer dan penerbit majalah Chris Anderson.

Semenjak Juni 2006, Presentasi TED sudah bisa dilihat gratis secara online, di bawah lisensi Attribution-NonCommercial-NoDerivatives Creative Commons license, lewat TED.com. Sejak Maret 2016, lebih dari 2,400 presentasi TED ada di website. Pada Juni 2011, semua presentasi TED digabung telah ditonton lebih dari 500 juta kali, dan pada November 2012, presentasi TED telah ditonton oleh lebih dari satu miliar kali di seluruh dunia. Tidak semua presentasi TED sama populer, sayangnya. Presentasi yang diberikan oleh profesor biasanya lebih sering ditonton online sedangkan video desain dan seni rata-rata lebih sedikit ditonton.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1984-99: Founding and early years[sunting | sunting sumber]

TED pertama di bayangkan pada tahun 1984 oleh seorang arsitek dan desainer grafis Richard Saul Wurman, yang mengobservasi penyatuan dari bidang teknologi, hiburan (entertainment), dan desain (menjadi "TED"). Konferensi pertama, di organisir oleh Harry Marks dan Wurman di tahun yang sama, menunjukan demo dari cakram padat, yang dikembangkan bersama oleh Philips dan Sony dan salah satu demonstrasi pertama dari komputer Apple Machintosh. Presentasi diberikan oleh ahli matematika terkenal Benoit Mandelbrot dan anggota ternama dari komunitas digerati, seperti Nicholas Negroponte dan Stewart Brand. Acaranya tidak sukses secara finansial; butuh waktu enam tahun sebelum konferensi kedua di adakan.

Semenjak tahun 1990, sebuah komunitas "TEDsters" yang tumbuh berkumpul tahunan pada sebuah acara di California State University Moterey Bay, hingga tahun 2009, ketika pindah ke Long Beach, California karena jumlah peserta yang meningkat. Awalnya para pembicara diambil dari bidang kemampuan dibelakang akronim TED, tapi pada tahun 90an daftar pembicara melebar untuk mencangkup ilmuwan, filsuf, musisi, tokoh agama, dan banyak lainnya.

2000-16: Recent growth[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, Wurman, mencari penerus pada umur 65, bertemu dengan pengusaha dan penggemar TED Chris Anderson untuk membicarakan masa depan. Perusahaan media UK Future milik Anderson membeli TED. Dan pada November 2001, The Sapling Foundation, yayasan nirlaba Anderson (motto: "fostering the spread of great ideas.") membeli TED dari Future untuk £6m. Pada Februari 2002, Anderson memberikan presentasi TED dimana dia menjelaskan bayangannya tentang konferensi ini dan masa depannya sebagai kurator. Wurman keluar setelah konferensi 2002.

Pada tahun 2006, biaya kedatangannya adalah $4,400 per orang dan hanya untuk undangan. Model keanggotaannya berubah pada Januari 2007 menjadi keanggotaan tahunan berharga $6,000, yang termasuk biaya ikut konferensi, surat klub, alat sosialisasi, dan DVD konferensi. Konferensi 2017 akan berharga $8,500 per orang.

Pada tahun 2014, konferensi di pindah ke Vancouver.

TED sekarang di biayai oleh kombinasi beberapa sumber pemasukan, termasuk biaya kedatangan, sponsor perusahaan, dukungan yayasan, biaya lisensi, dan penjualan buku. Perusahaan yang mensponsor jenisnya lumayan lebar, diberikan oleh perusahaan seperti Google, GE, AOL, Goldman Sachs, The Coca-Cola Company; di antara yang lain. Sponsor tidak berpartisipasi pada arah kreatif acaranya, mereka pun tidak diperbolehkan untuk berada di panggung utama, untuk kepentingan kemerdekaan jurnalistik.

Staff TED sekarang ada sekitar 140 orang yang berpusat di New York City dan Vancouve

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About TED: Who we are: Who owns TED". TED: Ideas Worth Spreading. TED Conferences, LLC. Diakses tanggal October 25, 2011. 
  2. ^ "TED 2013: A look at TED by the numbers" LA Times Retrieved 4 January 2017.
  3. ^ "TED.com site info". Alexa Internet. Retrieved 11 May 2016.