Zingiberaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jahe-jahean)
Famili Jahe
Periode Kampanium - Sekarang[1]
Zingiberaceae
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmonocots
Kladcommelinids
OrdoZingiberales
FamiliZingiberaceae
Martinov, 1820
Tipe taksonomiZingiber
Tata nama
Status nomenklaturnomen conservandum

Zingiberaceae, Suku temu-temuan, atau Suku jahe-jahean adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Menurut sistem klasifikasi APG II suku ini termasuk ke dalam bangsa Zingiberales, klad commelinids (core Monokotil).

Zingiberaceae merupakan familia terbesar dari ordo Zingiberales, dengan perkiraan 50 genus dan lebih dari 1000 spesies. Zingiberaceae sering disebut temu-temuan di Indonesia dan tanaman jenis ini banyak ditemukan di daerah tropis, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Temu-temuan dibedakan berdasarkan adanya labellum, yang terbentuk akibat fusi 2 benang sari yang steril, dan adanya minyak esensial di dalam jaringannya. Temu-temuan biasa digunakan sebagai tanaman hias, bumbu masakan, dan obat tradisional.[2] Masyarakat Cina zaman dahulu menggunakan rimpang dari temu-temuan ini sebagai obat gangguan pencernaan, hepatitis, penyakit kuning, diabetes, arterosklerosis, dan infeksi bakteri.[3]

Marga (genus) anggota[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Zingiberales". www.mobot.org. Diakses tanggal 2023-06-18. 
  2. ^ en Montoso Gardens. 2007. Zingiberaceae (ginger family)[pranala nonaktif permanen] diakses pada 18 Jul 2010.
  3. ^ Itokawa H, Shi Q, Akiyama T, Morris-Natschke SL, Lee K. 2008. Recent advances in the investigation of curcuminoids. Chinese Med 3:11.