Peristawa: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Mertsrop (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Artheu (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 52: Baris 52:
| production_website_title =
| production_website_title =
}}
}}
'''''Waktu Indonesia Bercanda''''' adalah program [[komedi]] yang menjelaskan suatu topik yang berkaitan dengan kehidupan manusia, walaupun disampaikan dengan cara yang lucu dan tidak biasa. Awalnya, acara ini berisi pemberian motivasi dan sketsa, namun lambat laun menitikberatkan pada segmen permainan.<ref name=indopos/> Acara ini terbagi atas 2 segmen permainan, diawali dengan TTS (''Teka-Teki Sulit'') dan pilihan dari beberapa permainan seperti ''Kuis Sensus'', ''Berpacu dalam Emosi'', ''Kata Misteri'', dan ''Dibalik Fakta''. Setiap episode biasanya mengundang 1 atau 2 bintang tamu artis, dan terkadang tokoh politik. Pertanyaan dibacakan oleh [[Cak Lontong]] sebagai [[motivator]] dan acara ini dipandu oleh [[Nabila Putri]], [[Fitri Tropica]], atau [[Sandra Olga]] sebagai [[pembawa acara]]. Acara ini tayang perdana pada [[23 April]] [[2016]] dan disiarkan setiap [[Sabtu]] dan [[Minggu]] pukul 19.00 dan Senin dan Selasa pukul 18.00 (Untuk WIB Pilihan), juga Rabu-Jumat pukul 18.00 (Untuk WIB Terbaru)
'''''Waktu Indonesia Bercanda''''' adalah program [[komedi]] yang menjelaskan suatu topik yang berkaitan dengan kehidupan manusia, walaupun disampaikan dengan cara yang lucu dan tidak biasa. Awalnya, acara ini berisi pemberian motivasi dan sketsa, namun lambat laun menitikberatkan pada segmen permainan.<ref name=indopos/> Acara ini terbagi atas 2 segmen permainan, diawali dengan TTS (''Teka-Teki Sulit'') dan pilihan dari beberapa permainan seperti ''Kuis Sensus'', ''Berpacu dalam Emosi'', ''Kata Misteri'', dan lainnya. Setiap episode biasanya mengundang 1 atau 2 bintang tamu artis, dan terkadang tokoh politik. Pertanyaan dibacakan oleh [[Cak Lontong]] sebagai [[motivator]] dan acara ini dipandu oleh [[Nabila Putri]], [[Fitri Tropica]], atau [[Sandra Olga]] sebagai [[pembawa acara]]. Acara ini tayang perdana pada [[23 April]] [[2016]] dan disiarkan setiap [[Sabtu]] dan [[Minggu]] pukul 19.00 dan Senin dan Selasa pukul 18.00 (Untuk WIB Pilihan), juga Rabu-Jumat pukul 18.00 (Untuk WIB Terbaru)


== Kuis ==
== Kuis ==

Revisi per 2 Juli 2018 16.09

Peristawa
GenreKomedi
Kuis
PresenterNabila Putri
Fitri Tropica
Cak Lontong
Peppy
Insan Nur Akbar
Bedu
PemeranRonal Surapradja
Denny Chandra
Arie Kriting
Surya Insomnia
Agung Hercules
Denny Cagur
Derry Sudarisman
Ridwan Remin (sebagai Kang Dagang)
Negara asal Indonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Produksi
Produser eksekutifWishnutama
Lokasi produksiStudio PSI, Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan.
Durasi60 menit
Rilis asli
JaringanNET.
Format gambar16:9 HDTV
Format audioStereo

Waktu Indonesia Bercanda adalah program komedi yang menjelaskan suatu topik yang berkaitan dengan kehidupan manusia, walaupun disampaikan dengan cara yang lucu dan tidak biasa. Awalnya, acara ini berisi pemberian motivasi dan sketsa, namun lambat laun menitikberatkan pada segmen permainan.[2] Acara ini terbagi atas 2 segmen permainan, diawali dengan TTS (Teka-Teki Sulit) dan pilihan dari beberapa permainan seperti Kuis Sensus, Berpacu dalam Emosi, Kata Misteri, dan lainnya. Setiap episode biasanya mengundang 1 atau 2 bintang tamu artis, dan terkadang tokoh politik. Pertanyaan dibacakan oleh Cak Lontong sebagai motivator dan acara ini dipandu oleh Nabila Putri, Fitri Tropica, atau Sandra Olga sebagai pembawa acara. Acara ini tayang perdana pada 23 April 2016 dan disiarkan setiap Sabtu dan Minggu pukul 19.00 dan Senin dan Selasa pukul 18.00 (Untuk WIB Pilihan), juga Rabu-Jumat pukul 18.00 (Untuk WIB Terbaru)

Kuis

Segmen kuis sebagai bagian utama acara Waktu Indonesia Bercanda berisi dua jenis permainan. Permainan pertama yaitu Teka-Teki Sulit (atau sesekali Cak Cik Boom) dan permainan kedua yakni salah satu di antara pilihan permainan yang tersisa.[2]

TTS (Teka-Teki Sulit)

Cara bermainnya sama dengan TTS pada umumnya, yakni mengisi kotak dengan huruf jawaban yang tepat dengan bantuan minimal satu huruf. Namun, jawaban yang benar sering kali salah, dan jawaban yang dinyatakan benar oleh Cak Lontong justru yang tidak masuk di akal sehingga memunculkan protes dan membuat marah para peserta. Jawaban TTS yang benar akan bernilai 100, namun soal terakhir biasanya bernilai sangat tinggi untuk mengubah hasil kuis secara tiba-tiba. Tim yang "mengganggu ketertiban kuis" akan dikurangi nilai 50, tidak menjawab berarti tidak tahu. Dan, kata Cak Lontong, kuis ini dipantau langsung oleh instruktur yang berada di Bulan (kadang di planet-planet, kutub utara/selatan, bahkan kadang di tempat parkir). Segmen ini terinspirasi dari kuis Teka-Teki Silang.

Berpacu dalam Emosi

Cak Lontong akan mempertanyakan hal yang berkaitan dengan lagu yang dimainkan, tentu dengan jawaban yang tidak masuk akal. Nilai 100 akan diberikan bagi tim yang menjawab dengan tepat. Segmen ini terinspirasi dari kuis Berpacu Dalam Melodi.

Kuis Sensus

Cak Lontong dan tim kreatif seolah sudah melakukan survei atau melakukan sensus terhadap 10 orang di 10 kota besar. Nilai dapat diraih tim jika minimal dapat merebut nilai yang dikumpulkan saat menebak empat jawaban hasil survei. Segmen ini terinspirasi dari kuis Famili 100.

Kata Misteri

Sembilan kotak berisi huruf-huruf menjadi petunjuk untuk menjawab soal yang diberikan oleh Cak Lontong. Nilai 100 diberikan untuk tim yang berhasil menjawab dengan tepat.

Di Balik Fakta (sebelumnya bernama Waktu Indonesia Berdebat)

Merupakan segmen permainan baru dari WIB. Setiap tim memutuskan untuk menentukan jawaban dengan alasan yang tepat dari pernyataan yang dibawakan oleh Cak Lontong. Jawaban tepat dengan argumen tepat akan diganjar nilai 100. Jawaban tepat namun alasan tidak tepat diganjar nilai -200. Jawaban tidak tepat namun argumentasi tepat akan diganjar nilai 500. Sementara, jawaban tidak tepat dan alasan tidak tepat bernilai 0. Saat diubah menjadi Dibalik Fakta, nilai 500 tidak diberikan lagi dan pengurangan diubah dari -200 menjadi -100.[3]

Cak Cik Boom

Terinsiprasi dari kuis Tak-Tik Boom, tim X dan tim O harus berlomba menyelesaikan tiga garis berurutan. Soal yang coba direbut hampir sama seperti TTS, bedanya tidak ada jawaban yang dilempar saat jawaban salah. Jawaban yang benar menambah kesempatan tim untuk mengusahakan terwujudnya tiga garis, begitu sebaliknya. Judul kuis ini merupakan pelesetan dari Tak Tik Boom yang pernah dipandu oleh Dede Yusuf. Sekarang konsepnya berubah menjadi setiap peserta memilih 9 kotak yang ada dilayar. kotak tersebut berisi poin yang tidak diketahui oleh Cak lontong maupun peserta. Setelah mengetahui poin tersebut peserta harus menjawab di setiap permainan baik TTS, kata misteri, berpacu dalam emosi, kuis psikologi, dll

Kuis Psikologi

Para peserta harus menebak jawaban dari pertanyaan bercerita yang ditanyakan Cak Lontong.

Kata Berantai

Mirip soal TTS, peserta harus menjawab beberapa kata yang hilang dengan beberapa bantuan huruf yang ada. Yang membedakannya adalah setiap jawaban mewakili setiap kata yang membentuk sebuah kalimat tertentu. Segmen ini terinspirasi dari kuis Kata Berkait

Cari Muka

Mirip dengan kuis Tebak Wajah, peserta menebak wajah dilayar dengan 3 Clue yang diberikan oleh Cak Lontong

Edisi

WIB Tournament

WIB Tournament adalah edisi khusus dari acara Waktu Indonesia Bercanda, dimana peserta bertanding untuk memperebutkan hadiah Rp 30.000.000,-.

WIB (Waktu Indonesia Berbuka)

Waktu Indonesia Berbuka adalah acara sampingan dari Waktu Indonesia Bercanda yang hadir selama bulan suci Ramadhan, dimulai sejak 2017 hingga sekarang.

WIB (Waktu Indonesia Bertakbir)

Waktu Indonesia Bertakbir adalah lanjutan dari Waktu Indonesia Berbuka, yang merupakan episode khusus dari Waktu Indonesia Bercanda yang hadir spesial di malam takbiran atau sehari sebelum hari raya Idul Fitri, dimulai sejak 2017 hingga sekarang.

WIB (Waktu Indonesia Berlebaran)

Waktu Indonesia Berlebaran adalah acara sampingan dari Waktu Indonesia Bercanda, setelah Waktu Indonesia Bertakbir, yang hadir selama hari raya Idul Fitri (maksimal selama 2 minggu Lebaran), dimulai sejak 2017 hingga sekarang.

Referensi

Pranala luar