Idol (seri televisi): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 232: Baris 232:


[[Category:Kompetisi]]
[[Category:Kompetisi]]
[[Kategori:Reality show]]


[[de:Pop Idol]]
[[de:Pop Idol]]

Revisi per 22 Februari 2008 10.34

Idol Series adalah bagian dari ajang pencarian bakat bernyanyi diseluruh dunia. Berawal dari acara Pop Idol dari Inggris yang lalu diadaptasi kenegara lain termasuk Indonesia dalam acara Indonesian Idol. Acara ini diselenggarakan oleh FremantleMedia. Setelah sebelumnya membuat acara dengan konsep yang sama, yaitu Popstars

Format

Pembawa Acara

Dalam tiap negara, pembawa acara utamanya antara 1 hingga 2 orang (namun ada pula yang 3 orang). Dan mereka dibanru oleh Co-host. Yang akan membantu jalannya acara hingga selesai

Juri

Walaupun bernamakan juri, mereka tidak menilai para kontestan. Tetapi hanya menilai aksi para peserta. Dalam idol-idol yang ada, para juri berkisar antara 3 hingga 4 orang. Namun dalam acara Idol (Poland) musim ketiga terdapat 5 orang juri yang menilai.

Babak-babak

Audisi para kontestan dilakukan di kota-kota besar negara masing-masing. Biasanya para juri mengambil 300 peserta yang akan masuk ketahap berikutnya.


Theatre round atau jika pada Indonesian Idol bernama babak Eliminasi yaitu babak dimana peserta yang lolos babak audisi akan dibagi kedalam beberapa grup dan akan dicoba untuk bernyanyi secara duet dan trio dengan peserta yang lain. Dalam babak ini, peserta yang dianggap tidak layak oleh juri untuk masuk kebabak berikutnya akan tersisih.


Semi final atau di Indonesia bernama babak Workshop yaitu dimana dalam babak ini peserta mulai tampil didepan penonton dan akan ditentukan nasibnya oleh penonton melalui sms yang akan menyaring peserta hingga mendapatkan 10 hingga 12 peserta yang akan bertanding dibabak berikutnya.


Live shows (atau dalam negara lain bernama Mottoshows, Spectacular shows atau theme shows) adalah babak penentuan peserta yang tiap minggunya akan ada peserta yang akan meninggalkan panggung. Tiap minggunya pula, lagu yang dibawakan peserta mengikuti tema yang telah ditentukan.


Grand Final adalah babak akhir yang akan menentukan sang pemenang. Dalam beberapa negara biasanya terdapat 2 orang peserta. Namun ada juga yang mengambil 3 orang finalis seperti dalam Philippine Idol. Dan peserta dengan hasil vote tertinggilah yang akan menjadi sang pemenang.

Album

Para finalis 10 hingga 12 besar berhak dibuatkan album kompilasi rekaman seluruh peserta ditiap musim.

Pemenang Idol pun juga akan membuat album solo tersendiri disamping hadiah yang lainnya.

Sony BMG Music Entertainment adalah sponsor utama dalam pembuatanalbum peserta. Namun untuk negara Islandia dan Kazakhstan tidak bernaung di Sony BMG Music Entertainment dan menggungakan perusahaan rekaman lokal.

Juara Idol diseluruh dunia

Ada 109 pemenang hingga kini diseluruh dunia bebagai musim. Juara terakhri dimenangkan oleh Glenn Lyse dari Norwegia.

Daftar Acara Idol

Idol ditiap negara

No Negara Nama Acara
1 Afrika Selatan Idols lalu dirubah menjadi Afrikaans Idols
2 Amerika Serikat American Idol
3 Armenia Hay Superstar
4 Australia Australian Idol
5 Belanda Idols
6 Belgia Idool
7 Brazil Ídolos lalu dirubah menjadi Ídolo Brasil
8 Bulgaria Music Idol
9 Ceko Česko hledá SuperStar
10 Denmark Idols
11 Estonia Eesti Otsib Superstaari
12 Filipina Philippine Idol lalu dirubah menjadi Pinoy Idol
13 Finlandia Idols
14 India Indian Idol
15 Indonesia Indonesian Idol
16 Inggris Pop Idol
17 Islandia Idol Stjörnuleit
18 Jerman Deutschland sucht den Superstar
19 Kanada Canadian Idol
20 Kazakhstan SuperStar KZ
21 Kroasia Hrvatski Idol
22 Malaysia Malaysian Idol
23 Norwegia Idol
24 Pakistan Pakistan Idol
25 Perancis Nouvelle Star
26 Polandia Idol
27 Portugal Ídolos
28 Selandia Baru NZ Idol
29 Singapura Singapore Idol
30 Slovakia Slovensko hľadá SuperStar
31 Swedia Idol
32 Turki Turkstar
33 Vietnam Vietnam Idol
34 Yunani Super Idol

Interntational Idol

World Idol

Pada tahun 2003 diadakan acara World Idol dimana pemenang-pemenang Idol diseluruh dunia berlaga diacara ini. Diikuti oleh 11 peserta dari 11 negara. Dan dimenangkan oleh Kurt Nilsen dari Norwegia.

Idols Africa

Acara ini akan diselenggarakan pada bulan April 2008 dan akan dilaksanakan di Kenya. Diikuti oleh juara idol dari negara Botswana, Kenya, Malawi, Tanzania, Uganda, Zambia, dan Zimbabwe. Sebenarnya ada beberapa negara lain yang turut bertanding seperti Burundi, Comoros, Djibouti, Ethiopia, Eritrea, Lesotho, Madagascar, Mauritius, Mozambique, Namibia, Réunion, Rwanda, Seychelles, Somalia, dan Swaziland, namun tidak mengikuti audisi untuk berlaga diacar ini. Hingga hanya 7 negara yang akan bertanding.

Superstar Arab

Adalah acara Idol dinegara Timur Tengah. Hingga sekarang telah mencapai musim keempat dengan masing-masing juara adalah Diana Karazon dari Palestina juara musim pertama, Ayman El Aatar dari Libia juara musim kedua, Ibrahim El Hakami dari Arab Saudi juara musim ketiga dan Marwan Ali dari Tunisia juara musim keempat]].

Asian Idol

Asian Idol adalah acara kontes bernyayi yang diadakan di benua Asia, tepatnya Indonesia pada bulan Desemer 2007. Pemenangnya adalah Hady Mirza dari Singapura. Negara lain yang mengikuti adalah Filipina, India, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.

Latin American Idol

Latin American Idol adalah acara Idol yang diselenggarakan di Amerika Latin. Hingga kini telah mencapai musim kedua dengan masing-masing juara adalah Mayré Martínez dari Venezuela juara dimusim pertama dan Carlos Enrique Peña Aldana dari Guatemala juara dimusim kedua.

Idol Serbia-Montenegro-Macedonia

Acara ini diselenggarakan dinegara-negara tersebut dan telah memasuki musim kedua hingga kini. Juara musim pertama adalah Cveta Majtanović dari Serbia juara dimusim pertama dan Mina Laličić dari Montenegro juara dimusim kedua.

Idols West Africa

Acara ini diselenggarakn di negara-negara Afrika bagian barat dan baru memasuki musim pertama. Pemenang acara ini adalah Timi Dakolo dari Nigeria

Tiap negara memiliki logo tersendiri dengan bentuknya yang oval dan nama acara ditengah-tengah oval tersebut.

Lain-lain

Pranala Luar