Ibnu an-Nadim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ibnu an-Nadim
Kun-yah Abu al-Faraj
Nama Muhammad
Nasab bin Ishaq bin Muhammad bin Ishaq al-Warraq
Nisbah al-Baghdadi
Wafat 995/998 H
Kebangsaan Syam
Etnis Persia
Firkah Sunni, Asy'ariyah
Mazhab Fikih Syafi'i
Minat utama Sharaf, Nahwu, Bahasa Arab, Sejarah, Biografi, Geografi, Ilmu Kalam, Fikih, Hadis, Filsafat, Kimia
Karya yang terkenal Kitab Fihrist

Abu al-Faraj Muhammad bin Ishaq bin Muhammad bin Ishaq al-Warraq al-Baghdadi an-Nadim (Arab: أبو الفرج محمد بن اسحاق بن محمد بن اسحاق الوراق البغدادي‎) (wafat pada 19 Sya'ban 385 H/17 September 995) adalah seorang ilmuwan muslim dan ahli bibliografi.[1] Ia terkenal sebagai penulis Kitab al-Fihrist. Menurutnya, al-Fihrist adalah daftar pustaka buku-buku dari seluruh bangsa, baik Arab maupun non-Arab, yang masih berbentuk dalam bahasa Arab maupun yang masih berbentuk naskah, pada setiap cabang pengetahuan; yang terdiri dari informasi mengenai penyusun dan tingkatan penulis, bersama dengan silsilah setiap dari mereka, tanggal kelahiran mereka, berapa lama mereka hidup, waktu-waktu meninggal mereka, tempat-tempat yang mereka miliki, jasa-jasa dan kesalahan-kesalahan mereka, sejak awal setiap ilmu tersebut diciptakan sampai ke zaman sekarang (377 H)".[2]

Kitab Fihrist[sunting | sunting sumber]

Buku terbaiknya, Fihrist, memberikan kesaksian mengenai pengetahuan sebelum islam, Suriah, Yunani, Sanskerta, Latin dan Persia pada masa Zaman kejayaan Islam. Menurut pengantar singkat Fihrist, bukunya bertujuan menjadi indeks dari semua buku yang ditulis dalam bahasa Arab, baik oleh orang Arab atau orang lain. Sebelumnya sudah ada buku (Tabaqat) yang mengenai biografi penyair. Fihrist diterbitkan pada tahun 938; yang terbagi menjadi dua edisi, edisi lebih lengkap berisi sepuluh "diskursus" (maqalat). Enam diskursus pertama mengenai ilmu-ilmu agama Islam:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Encyclopædia Iranica. 15 Desember, 1999. Diambil pada 28 Oktober 2011.
  2. ^ Nicholson, Reynold Alleyne (1907). A literary history of the Arabs. T.F. Unwin. p. 362. Diakses tanggal 19 June 2010. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • L. H. Gray, "Iranian material in the Fihrist," Le Muséon, 3/1, 1915, pp. 24–39.
  • R. A. Nicholson, A Literary History of the Arabs, Cambridge, 1907.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]