Indonesia International Motor Show

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari IIMS)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Indonesia International Motor Show
StatusAktif
JenisPameran otomotif
FrekuensiTahunan
TempatJakarta International Expo
Negara Indonesia
Tahun aktif1986–saat ini
Acara sebelumnya25 April-5 Mei 2019
Acara berikutnyaDitunda karena pandemi koronavirus di Indonesia
PenyelenggaraDyandra Promosindo
Situs webindonesianmotorshow.com

Indonesia International Motor Show (IIMS) adalah sebuah pameran otomotif tahunan yang digelar di Jakarta. Pameran ini digelar oleh Dyandra Promosindo, anak usaha Kompas Gramedia. Sejak tahun 2016, pameran ini dimulai pada bulan April di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pameran ini memulai sejarahnya pada tahun 1986 dengan nama GAIKINDO Cars Exhibition, dan awalnya digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Setelah namanya diubah menjadi Jakarta Auto Expo pada tahun 1989, pameran ini tumbuh pesat. Jumlah peserta pameran pun makin banyak, walaupun sempat ditunda dua kali, yakni pada 1992–1993 dan 1997–1999 akibat kebijakan penghematan anggaran pemerintah dan krisis finansial Asia.

Pada tahun 2000, Dyandra Promosindo mulai terlibat sebagai penyelengara, setelah nama pameran ini diubah menjadi Gaikindo Auto Expo. Pada tahun itu, pameran ini diikuti oleh 115 perusahaan otomotif.

Selain jumlah peserta, jumlah pengunjung pameran ini juga makin banyak, hingga mencapai 161.089 pengunjung pada tahun 2005.

Pada tahun 2006, Gaikindo Auto Expo menjadi pameran berskala internasional, melalui kolaborasi dengan Organisation Internationale des Constructeurs’Automobiles (OIC) yang mengkoordinasikan pameran otomotif internasional di seluruh dunia. Oleh karena itu, Gaikindo Auto Expo kemudian diubah namanya menjadi Indonesia International Motor Show (IIMS). Pada tahun itu, pameran ini berhasil menarik 165.984 pengunjung dan mencatatkan transaksi sebesar Rp1.005 trilliun.

Karena makin banyaknya pengunjung, mulai tahun 2009, pameran ini digelar di Jakarta International Expo yang lebih luas.

Pada tahun 2013, pameran ini menempati lahan seluas 75.101 meter persegi, sehingga menjadi pameran mobil terluas di Asia Pasifik.[1]

2015[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2015, untuk pertama kalinya, pameran ini dibagi menjadi dua, yakni IIMS dan GIIAS. GIIAS digelar oleh Seven Events di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai. Sejak saat itu, IIMS pun tidak lagi didukung oleh Gaikindo.

2016[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2016, pameran ini dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.[2] Setidaknya ada 18 merek mobil yang mengikuti pameran ini. Hall B3 dan C3 ditempati oleh Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Nissan, Toyota, dsb. Sementara Hall B dan C ditempati oleh Audi, BMW, Chrysler, Dodge, Jeep, Fiat, Mercedes-Benz, Mini Cooper, dan Volkswagen. Ini merupakan IIMS pertama yang digelar pada bulan April April, bukannya Juli, Agustus, atau September, untuk menghindari konflik jadwal dengan GIIAS yang biasa digelar pada bulan Juli atau Agustus.

Sementara itu, juga ada delapan merek sepeda motor yang mengikuti pameran ini. Hall B ditempati oleh Ducati, skuter Peugeot, Italjet, dan Zero Motorcycles. Sementara Hall C ditempati BMW Motorrad, Honda, Yamaha, dan Royal Enfield.

Berikut sejumlah mobil yang diluncurkan pada IIMS tahun 2016:

2017[sunting | sunting sumber]

Berikut sejumlah mobil yang diluncurkan pada IIMS tahun 2017:

2018[sunting | sunting sumber]

Pada ajang IIMS tahun 2018, Suzuki Ertiga (generasi kedua) resmi diluncurkan.

2019[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2019, Indonesia International Motor Show disponsori oleh Telkomsel.

Berikut sejumlah mobil yang diluncurkan pada IIMS tahun 2019:

2020[sunting | sunting sumber]

IIMS 2020 ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan, karena pandemi koronavirus di Indonesia.[3] Namun, karena pandemi tersebut tidak kunjung reda, IIMS 2020 akhirnya benar-benar ditiadakan.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]