Hormon TGF

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hormon TGF (bahasa Inggris: transforming growth factor, tumor growth factor, TGF) adalah senyawa hormon yang diturunkan dari keping darah selain EGF dan PDGF,[1] dan memiliki dua jenis subtipe.

TGF-α merupakan hormon mitogenik yang disekresi oleh sel kanker dan fibroblas yang termodifikasi oleh infeksi retroviral dan memiliki panjang 50 AA dengan gugus disulfida yang menghubungkan deret 8-Cys-Cys-21, 16-Cys-Cys-32, 34-Cys-Cys-43; dan memiliki gugus fungsional lain yaitu Phe-15, Arg-42, dan Leu-48.[2] Hormon ini bersinergis dengan faktor pertumbuhan yang lain seperti TGF-β dan mengaktivasi perubahan fenotipe pada sel, seperti transisi epitelial-mesenkimal,[3] sehingga berperan dalam onkogenesis selain dalam penyembuhan. Peningkatan rasio kompleks pencerap TGF-α dan EGF terjadi pada kasus kanker.

TGF-β menstimulasi pertumbuhan pembuluh darah walaupun menghambat proliferasi sel endotelial dan merupakan senyawa kemotaktis yang kuat bagi makrofaga, sehingga pada sel tumor sering dijumpai rasio makrofaga yang sangat tinggi. Walaupun bersifat imunosupresif, TGF-β menghambat pertumbuhan kanker ovarium; dan bersama faktor osteoinduksi menstimulasi pembentukan tulang.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)"Hepatic Stellate Cell in Fibrosis: Stellate Cell Activation". Division of Liver Diseases, Mount Sinai School of Medicine; Scott L. Friedman. Diakses 2010-10-17. 
  2. ^ (Inggris)"Transforming Growth Factor Alpha". CABM Structural Bioinformatics Laboratory; Gaetano T. Montelione. Diakses 2010-10-18. 
  3. ^ (Inggris)"Transforming Growth Factor-Beta (TGF-beta)". American Soybean Association; Kimball Nill. Diakses 2010-10-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]