Angiotensin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sistem RAA

Angiotensin (Inggris: angiotensin, hypertensin, angiotonin) adalah sebuah dipsogen dan hormon oligopeptida di dalam serum darah yang menyebabkan pembuluh darah mengkerut hingga menyebabkan kenaikan tekanan darah.[1]

Angiotensin merupakan stimulan bagi sekresi aldosteron dari adrenal korteks, dan merupakan bagian dari sistem RAA (renin-angiotensin-aldosteron).

Prekursor angiotensin adalah angiotensinogen yang disekresi oleh hati, yang akan berubah menjadi angiotensin I dan oleh enzim "Angiotensin Convertizing Enzim" akan diubah menjadi Angiotensi II.

Angiotensin I[sunting | sunting sumber]

Asp-Arg-Val-Tyr-Ile-His-Pro-Phe-His-Leu | Val-Ile-...

Angiotensin I (CAS # 11128-99-7) atau proangiotensin dibentuk oleh aksi renin terhadap angiotensinogen. Renin membelah ikatan peptida antara residu leusina (Leu) dan valina (Val) dalam angiotensinogen, dan membentuk dekapeptida (peptida sepanjang sepuluh asam amino) (desp-Asp) angiotensin 1. Renin diproduksi oleh ginjal sebagai respons terhadap aktivitas saraf simpatetik, penurunan tekanan darah intrarenal (<90mmHg sistolik) di sel-sel juxtaglomerular, atau penurunan pengantaran Na⁺ (ion natrium) dan Cl⁻ (ion klorida) ke makula densa. Kalau penurunan konsentrasi NaCl dideteksi oleh makula densa, sekresi renin oleh sel-sel juxtaglomerular ditingkatkan. Mekanisme deteksi oleh macula densa sekresi renin tampaknya tergantung spesifik terhadap ion klorida dan bukan ion natrium. Studi yang mengunakan preparat isolasi dari saluran asenden tebal lengkung Henle dengan glomerulus dalam perfusi NaCl rendah tidak mampu menghambat sekresi renin ketika banyak jenis garam natrium ditambahkan, tapi bisa menghampat sekresi renin ketika garam klorida ditambahkan. Studi ini dan studi serupa lain dalam in vivo telah membuat beberapa orang percaya bahwa mungkin "signal pertama untuk kontrol MD sekresi renin adalah perubahan tingkat serapan NaCl yang terutama melalui Na,K,2Cl ko-transporter di dalam lumen, yang aktivitas fisiologisnya ditetapkan oleh perubahan konsentrasi klorida di dalam lumen".

Angiotensin I tampaknya tidak mempunyai aktivitas biologikal langsung terhadap sel badan dan organ, dan hanya digunakan sebagai prekursor untuk angiotensin II.

Angiotensin II[sunting | sunting sumber]

Asp-Arg-Val-Tyr-Ile-His-Pro-Phe

Angiotensin I dikonversi menjadi angiotensin II (AII) melalui penghilangan dua residu ujung C (C-terminal) oleh enzim angiotensin-converting (ACE). ACE adalah sejenis enzim yang banyak ditemukan pada pembuluh kapiler paru[2] (tapi juga bisa ditemukan di sel endotel, sel epitelial ginjal dan otak). ACE membelah angiotensin I pada rantai His-Leu menjadi angiotensin II.

Angiotensin II mempengaruhi sistem saraf pusat (CNS) untuk meningkatkan produksi vasopressin, dan juga mepengaruhi otot polos vena dan arteriol untuk mengakibatkan vasokontriksi. Angiontensin II juga meningkatkan sekresi aldosterone, karena itu angiotensin II berfungsi sebagai hormon endokrin, autokrin, parakrin dan intrakrin.

ACE adalah target obat penghambat enzim ACE, yang mennurunkan kadar produksi angiotensin II. Angiontensin II meningkatkan tekanan darah dengan merangsang protein Gq di dalam sel otot polos vaskular, yang selanjutnya mengaktivasi mekanisme yang tergantung IP3 dan meningkatkan kadar intraselular kalsium dan menyebabkan kontraksi.

Ketika sel kardiak terstimulasi, sebuah sistem RA teraktivasi di dalam miosit kardiak dan menstimulasi perkembangan sel kardiak tersebut dengan protein kinase C. Sistem yang sama juga teraktivasi pada sel otot halus, saat terjadi hipertensi, ateroskerosis dan kerusakan lapisan endotelial.

Saat terjadi hipertrofi, angiotensin II juga merupakan stimulator Gq yang terpenting, dibandingkan dengan endotelin-1 dan pencerap adreno A1.

Angiotensin II juga merupakan stimulan protrombin melalui adhesi dan aggregasi keping darah dan produksi PAI-1 dan PAI-2.[3][4]

Pada kelenjar adrenal, hormon ini menyebabkan sekresi hormon aldosteron. Angiotensin II mempengaruhi penukar Na⁺ /H⁺ yang berada di tubulus proksimal dalam ginjal dan merangsang reabsorpsi ion natrium dan ekskesi ion hidrogen yang digabungkan dengan reabsorpsi bikarbonat. Proses ini menghasilkan peningkatan volume darah, tekanan dan pH. Sebab itu, obat penghambat ACE adalah obat anti-hipertensi utama.

Hasil pembelahan ACE yang lain, sepanjang tujuh atau sembilan asam amino, juga diketahui sebagal mempunyai afinitas berbeda kepada reseptor-reseptor angiotensin, walaupun peran mereka masih tidak terlalu jelas. Tindakan AII sendiri itu ditargetkan oleh antagonis reseptor angiotensin II, yang memblokir reseptor angiotensin II AT1 secara langsung.

Angiotensin II didegradasi menjadi angiotensin III oleh enzim angiotensinases di dalam sel darah merah dan pembuluh darah di jaringan tubuh.

Angiotensin II bisa menghasilkan peningkatan inotropi, kronotropi, sekresi katekolamin (norepinefrin), sensitivitas terhadap katekolamin, kadar aldosteron, kadar vasopressin dan perombakan bentuk jantung dan vasokonstriksi melalui reseptor AT1 di pembuluh darah perifer (sebaliknya, reseptor AT2 menghambat perombakan bentuk jantung). inilah sebabnya obat penghambat ACE dan ARBs membantu mencegah perombakan bentuk jantung yang terjadi karena angiotensin II dan bermanfaat dalam CHF.

Angiotensin III[sunting | sunting sumber]

Asp | Arg-Val-Tyr-Ile-His-Pro-Phe

Angiotensinase mengiris Asp pada angiotensin II dan mengubahnya menjadi angiotensin III. Dibandingkan dengan angiotensin II, angiotensin III memiliki 40% sifat vasokonstriktor, namun merupakan 100% stimulan bagi produksi hormon aldosteron.

Waktu paruh angiotensin III sekitar 30 detik di dalam darah dan 15-30 menit di dalam jaringan.

Angiotensin III meningkatkan sensasi rasa haus dengan stimulasi pada organ subfornikal yang terletak pada otak dan meningkatkan keinginan mengonsumsi garam.

Hormon ini meningkatkan sekresi hormon VP, hormon ACTH dan hormon noradrenalin.

Angiotensin IV[sunting | sunting sumber]

Val-Tyr-Ile-His-Pro-Phe

Angiotensin IV merupakan heksapeptida (sepanjang enam asam amino) dengan fungsi yang lebih sedikit dari angiotensin macam lain. Angiotensin IV mempunyai aktivitas beragam dalam sistem saraf pusat. Identitas reseptor AT4 masih belum dipastikan. Ada bukti bahwa reseptor AT4 adalah aminopeptidase yang diatur oleh insulin (IRAP). Ada bukti lain bahwa angiotensin IV mempengaruhi sistem HGF melalui reseptor c-Met.

Sintesis analog molekul kecil dari angiotensin IV dengan kemampuan menembus sawar darah otak telah dihasilkan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parker, Sybil, P (1984). McGraw-Hill Dictionary of Biology. McGraw-Hill Company. 
  2. ^ Physiology at MCG 7/7ch09/7ch09p16
  3. ^ Skurk T, Lee YM, Hauner H (2001). "Angiotensin II and its metabolites stimulate PAI-1 protein release from human adipocytes in primary culture". Hypertension. 37 (5): 1336–40. PMID 11358950. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-12. Diakses tanggal 2010-04-03. 
  4. ^ Gesualdo L, Ranieri E, Monno R; et al. (1999). "Angiotensin IV stimulates plasminogen activator inhibitor-1 expression in proximal tubular epithelial cells". Kidney Int. 56 (2): 461–70. doi:10.1046/j.1523-1755.1999.00578.x. PMID 10432384.