Lompat ke isi

Wikipedia:Halaman Utama/Usulan 27 Oktober 2009

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Selamat datang di Wikipedia bahasa Indonesia
ensiklopedia bebas yang dibangun oleh komunitas.
Saat ini terdapat 698.538 artikel dalam bahasa Indonesia
Relief Sanherib di kaki Gunung Judi, dekat kota Cizre, Turki

Sanherib adalah Maharaja Asyur Baru yang memerintah sejak kemangkatan ayahnya, Sargon II, pada tahun 705 SM sampai dengan akhir hayatnya pada tahun 681 SM. Raja kedua dari Wangsa Sargon ini terbilang salah seorang Raja Asyur yang paling ternama karena sepak terjangnya tercatat di dalam Alkitab Perjanjian Lama, yakni kampanye militer yang dilancarkannya di Syam. Peristiwa-peristiwa lain yang berlangsung pada masa pemerintahannya adalah penghancuran kota Babel pada tahun 689 SM, dan pemugaran sekaligus pemekaran kota besar Niniwe, ibu kota terakhir bangsa Asyur. Selepas kemangkatan putra sulungnya, Asyur-nadin-syumi, Sanherib mengangkat putra keduanya, Arda-Mulisyi, menjadi putra mahkota. Pada tahun 684 SM, ia mengangkat putra ketiganya, Esarhadon, menjadi putra mahkota menggantikan Arda-Mulisyi, meskipun alasan penggantian tidak diketahui. Sanherib tidak menggubris permohonan berulang Arda-Mulisyi untuk diangkat kembali menjadi putra mahkota. Kemudian, pada tahun 681 SM, Arda-Mulisyi bersama adiknya, Nabu-syar-usur, membunuh Sanherib dengan harapan akan menguasai takhta. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Vladimir LeninJulius Robert OppenheimerPemberontakan Morotai

Donald Trump pada 2017
Donald Trump
sunting Tahukah Anda

  • "... bahwa Nostradamus tidak hanya menulis ramalan, tetapi juga buku resep masakan yang berjudul Excellent er Moult Utile Opuscule à tous nécessaire qui désirent avoir connaissance de plusieurs exquises recettes (Sebuah buku kecil yang sempurna dan sangat bermanfaat bagi semua yang ingin berkenalan dengan beberapa resep makanan yang lezat)? Buku ini diterbitkan pada 1555, tahun yang sama dengan buku yang memuat ramalannya."
  • "... bahwa kepiting kelapa atau ketam kenari banyak ditemukan di daerah Samudra Hindia dan Samudra Pasifik? Mereka hidup dengan memakan buah kelapa yang dipecahkan dengan capitnya. Kepiting ini sangat besar – hingga lebih dari 1 m dari ujung kepala hingga ekor, dan dapat memanjat pohon kelapa, tapi mereka hanya memakan buah kelapa yang telah jatuh ke tanah."
  • "... bahwa 25 tahun lalu, seekor tuna bersirip biru Atlantik yang besar (113,4 kg hingga lebih dari 453,6 kg), harganya sekitar satu sen per 453,6 g sebagai makanan kucing? Itupun belum tentu laku! Kini ikan yang sama harganya $50 per 453,6 g (artinya, $50.000 untuk seekor ikan yang besar!), terutama karena popularitas sushi dan sashimi di seluruh dunia."
sunting 16 Juli dalam sejarah

16 Juli: Hari perayaan Bunda Maria dari Gunung Karmel (Katolik Roma); Hari Laut di Jepang (2018)

Tanggal lain: 15 Juli 16 Juli 17 Juli

Hari ini tanggal 16 Juli 2024 (UTC) – Muat ulang
Pemandangan Pegunungan Alpen dilihat dari Perternakan Jucker
Pemandangan Pegunungan Alpen dilihat dari Perternakan Jucker
(ukuran asli: 6.000 × 4.000 piksel, 5,94 MB)

Oleh: Roland zh
Lisensi: CC BY-SA 4.0

Proyek Wikimedia lain

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba, yang juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lainnya:

Wikipedia dalam bahasa lain

Wikipedia bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003 dan saat ini telah memiliki 698.538 artikel. Wikipedia juga tersedia dalam berbagai bahasa di dunia, beberapa yang terbesar adalah sebagai berikut:

  • Lebih dari 3.000.000 artikel:

English ·

  • Lebih dari 200.000 artikel:
  • Lebih dari 100.000 artikel: