Wikipedia:Halaman Utama/Usulan 27 Oktober 2009

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Selamat datang di Wikipedia bahasa Indonesia
ensiklopedia bebas yang dibangun oleh komunitas.
Saat ini terdapat 374.581 artikel dalam bahasa Indonesia

Memulai · Menjelajahi · Menyunting · Mendaftar · Komunitas · Warung kopi · Bantuan

You don't speak Indonesian?
Pah Wongso pada 1938

Pah Wongso adalah seorang pekerja sosial terkenal pada masyarakat etnis Tionghoa di Hindia Belanda dan kemudian Indonesia. Menempuh pendidikan di Semarang dan Surabaya, Wongso memulai pekerjaan sosialnya pada awal 1930-an, menggunakan seni tradisional seperti wayang golek untuk mempromosikan monogami dan abstinensi. Pada 1938, ia mendirikan sebuah sekolah untuk orang miskin, dan mengumpulkan uang untuk Palang Merah untuk dikirimkan ke China. Pada akhir 1938, Wongso menggunakan sebuah yayasan pertahanan hukum, yang mengumpulkan uang untuk dirinya ketika ia dituduh dengan tuduhan pemerasan, dalam rangka untuk mendirikan sekolah lainnya; pendirian sekolah tersebut disusul dengan pendirian sebuah pusat pelatihan pekerja pada 1939. Pada 1941, Star Film merilis dua film yang dibintangi olehnya dan menampilkan namanya pada judul kedua film tersebut. Pada masa pendudukan Jepang di Hindia Belanda, Wongso dibawa ke serangkaian kamp konsentrasi di Asia Tenggara. Ia kembali ke Nusantara yang telah merdeka pada 1948, dan mengumpulkan sumbangan untuk Palang Merah dan menjalankan sebuah tempat pelatihan pekerja sampai kematiannya, pada 1974. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Harun YahyaBoenga Roos dari TjikembangSi Ronda

Von Miller pada 2011
Von Miller

Sedang berlangsung: Krisis pengungsi di Eropa Wabah virus Zika
Kematian terkini: Sushil Koirala Margaret Forster Amelia Bence


suntingNuvola apps kpdf.png Tahukah Anda
  • "... bahwa pada Abad Pertengahan orang-orang muda mengambil sebuah nama dari sebuah bejana untuk melihat siapakah Valentine mereka? Nama ini lalu disimpan di lengan baju mereka selama seminggu."
  • "... bahwa ada kepercayaan di masa lampau bahwa pada hari Valentine, seorang gadis kelak akan menikahi lelaki lajang pertama yang ia jumpai pada hari itu."
  • "... bahwa seorang gadis dapat mencari tahu siapa calon suaminya dengan pergi ke makam St. Valentinus pada tengah malam menjelang perayaan tersebut. Ia kemudian harus menyanyikan suatu lagu yang telah ditentukan dan lari mengelilingi gereja sebanyak 12 kali!"
  • "... bahwa kota Verona di Italia, tempat tinggal Romeo dan Juliet, sepasang kekasih dalam cerita Shakespeare, tiap tahun menerima sekitar 1.000 pucuk surat yang ditujukan kepada Juliet pada setiap hari Valentine."
suntingNuvola apps date.png 14 Februari dalam sejarah

14 Februari: Hari Valentine; Perayaan St. Brigit dari Kildare (Kristen Timur)

Tanggal lain: 13 Februari 14 Februari 15 Februari

Hari ini tanggal 14 Februari 2016 (UTC) – Muat ulang
suntingNuvola apps kcoloredit.png Gambar pilihan
Perpustakaan Sélestat, dengan patung Jean Mental, seorang pencetak dan penerbit (1410-1478), ditandatangani oleh Sichler SC, tahun 1842.
Perpustakaan Sélestat, dengan patung Jean Mental, seorang pencetak dan penerbit (1410-1478), ditandatangani oleh Sichler SC, tahun 1842.
(ukuran asli 5.760 × 3.840 piksel, 13,52 MB)

Arsip Gambar Pilihan
« Letusan Gunung Sarychev pada 12 Juni 2009, di Pulau Matua.

Oleh: Ctruongngoc
Lisensi: CC-Atribusi-BerbagiSerupa 3.0 Tanpa Adaptasi

Wikimedia-logo.png Proyek Wikimedia lain

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba, yang juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lainnya:

Wikipedia-logo.png Wikipedia dalam bahasa lain

Wikipedia bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003 dan saat ini telah memiliki 374.581 artikel. Wikipedia juga tersedia dalam berbagai bahasa di dunia, beberapa yang terbesar adalah sebagai berikut:

  • Lebih dari 3.000.000 artikel:

English ·

  • Lebih dari 200.000 artikel:

Deutsch · français · polski · 日本語 · italiano · Nederlands · español · português · русский · svenska · 中文 · norsk bokmål · suomi ·

  • Lebih dari 100.000 artikel:

català · українська · Türkçe · čeština · magyar · română · Volapük · Esperanto · dansk · slovenčina · 한국어 · العربية ·

  • Lebih dari 50.000 artikel:

עברית · Tiếng Việt · lietuvių · slovenščina · српски / srpski · български · eesti · فارسی · hrvatski · नेपाल भाषा · Simple English · Kreyòl ayisyen · norsk nynorsk · galego ·

  • Lebih dari 25.000 artikel:

ไทย · తెలుగు · Ελληνικά · Bahasa Melayu · euskara · Cebuano · हिन्दी · македонски · ქართული · Latina · Lëtzebuergesch · bosanski · brezhoneg · íslenska ·