Nostradamus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Michel de Nostredame
Nostradamus by Cesar.jpg
Lukisan asli Nostradamus karya putranya, Cesar
Lahir14 Desember atau 21 Desember 1503 (kalender Julian)
Saint-Rémy-de-Provence, Provence, Prancis
Meninggal2 Juli 1566(1566-07-02) (umur 62)
Salon-de-Provence, Provence, Prancis
PekerjaanDokter, pengarang, penerjemah, konsultan astrologi
Dikenal atasRamalan, pengobatan penyakit Pes
Tanda tangan
Signature of Nostradamus.jpg

Nostradamus (14 atau 21 Desember 1503[1] – 2 Juli 1566) adalah nama Latin dari Michel de Nostredame, merupakan pengarang ramalan ternama dari Prancis. Nostradamus terkenal dengan hasil karyanya berjudul Les Propheties yang terbit untuk pertama kalinya pada tahun 1555, tetapi buku tersebut menjadi langka sejak kematiannya. Ia juga dikenal karena dapat meramalkan suatu kejadian besar yang terjadi di dunia.[2][3]

Michel Nostradamus merasakan semua peristiwa ini terjadi di Italia dan mengkhawatirkan nasib yang sama untuk dirinya sendiri. Dia sudah memiliki pengalaman dipanggil untuk diinterogasi oleh Inkuisisi di Agen karena dugaan penghinaannya sehubungan dengan patung Perawan Maria. Oleh karena itu, dia memutuskan untuk menjadi lebih pandai dan lebih berhati-hati daripada Luca yang malang. Hingga tahun 1555, dia menjaga pemahamannya tentang nasib dunia dengan kerahasiaan yang paling ketat. Dia sebenarnya bersifat tertutup sejak masa kecilnya, sejak dia mempelajari sejarah keluarganya. Nenek moyangnya, Yahudi Sephardic, melarikan diri dari penganiayaan agama dan menetap di Prancis, dengan tergesa-gesa berpindah ke Katolik. Michel lahir pada 14 Desember 1503 di kota Saint-Remy-de-Provence, di wilayah Maritime Alps. Pada tahun 1519, setelah upaya yang gagal untuk menemukan obat untuk wabah yang meletus di Avignon, Nostradamus muda melakukan kampanye perjalanan selama 8 tahun untuk «mempelajari sifat rahasia tumbuhan». Mengikuti jejak kakeknya (keduanya penyembuh), Michel mendaftar di fakultas kedokteran Universitas Montpellier. Pada tahun 1534 ia berhasil lulus, dan nama belakangnya Nostredame diubah menjadi «Nostradamus» Latin, praktik umum untuk dokter pada masa itu.

Nostradamus undertook his first attempts to predict fortune back when he was a young man. Once on a visit to a wealthy merchant, he said that a white pig from the owner’s estate would be eaten by a wolf, and a black one would be served for lunch. The host, wishing to put the young oracle to shame, ordered for the white pig to be cooked. An hour later, to everyone’s surprise, a black pig was served. Just that morning the wolf had taken the white one away. Forty years passed between that first prophecy and Nostradamus being appointed a royal physician and astrologer. Michel spent the last twenty years of his life in the small town of Salon-de-Provence (about 170 km away from Monaco). He moved there straight after having fought the plague in the southeast of France in 1546 and being awarded a lifelong pension from the Aix-de-Provence parliament. In November 1547, Nostradamus got married to Anne Posard Gemelier and had six children with her. He dedicated his immortal «Centuries», secret prophecies for future generations, to his elder son César.

Nubuatan Nostradamus berkutat pada peristiwa yang akan terjadi di Prancis, Italia, dan negara-negara tetangga. Jangka waktu mereka mencapai 3797. Namun, beberapa peneliti percaya bahwa semua nubuatannya telah digenapi. Bagaimanapun, sosok ini harus ditafsirkan dengan nada yang sama seperti syair misteriusnya. Waktu dan periode astrologi juga memiliki struktur fraktal. Oleh karena itu, peristiwa masa lalu mungkin saja terjadi lagi pada masa depan mengikuti skenario yang sama, dengan jumlah peserta yang sama dan dalam keadaan yang serupa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Naissance de Michel de Nostredame : le 21 décembre 1503" (dalam bahasa bahasa Prancis). Diakses tanggal 16 Juli 2016. 
  2. ^ Lemesurier 2010.
  3. ^ Benazra 1990.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]