Grim Dawn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Grim Dawn
Informasi produksi
PengembangCrate Entertainment
PenerbitCrate Entertainment
Komponis
  • Steve Pardo
  • Chris Wilson
Data permainan
Platform
GenreAction role-playing, hack and slash
Mode
Portal permainan video
L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Grim Dawn adalah permainan bermain peran aksi (ARPG), dikembangkan dan diterbitkan oleh Crate Entertainment untuk Microsoft Windows pada Februari 2016 dan dirilis untuk Xbox One pada Desember 2021. Dikembangkan menggunakan engine Titan Quest, permainan ini berlatar di dunia fiksi bertema gelap yang berdasar pada era Victoria, dan secara umum menerima ulasan yang baik dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Permainan ini bertempat di Cairn, dunia yang gelap dan dilanda perang dimana kerajaan yang dulu dibanggakan telah dihancurkan dan umat manusia didorong ke tepi kepunahan. Cairn telah menjadi titik awal perang abadi antara dua kekuatan dunia lain, Aetherials, yang memandang tubuh manusia sebagai sumber daya untuk digunakan, dan Chthonian, yang berniat menghancurkan umat manusia sebelum itu bisa terjadi.

Manusia pada titik tertentu telah berkomunikasi dengan makhluk ekstra-dimensi. Mereka belajar banyak hal dari bisikan entitas dunia lain dan akhirnya berusaha untuk membuka sebuah portal untuk membawa seseorang menyebrang. Secara alami, menjadi paranoid terhadap hal yang tidak diketahui seperti yang sering terjadi pada manusia, mereka juga menemukan cara untuk memenjarakannya begitu hal itu terjadi. Melalui eksperimen, mereka belajar bahwa makhluk-makhluk ini, yang terbuat dari eter, semacam energi spiritual, dapat menggabungkan diri dengan pikiran manusia, merasuki dan mengendalikan inangnya jika mereka mampu menumbangkan kehendak manusia tersebut. Para peneliti menemukan bahwa manusia, sekali kerasukan, mempertahankan kemampuan tinggi setelah makhluk halus dibersihkan dari mereka. Secara alami, penelitian ini lepas kendali seperti yang selalu terjadi. Para peneliti membawa lebih banyak aetherial, mereka lepas, aetherial kemudian dapat membuka lebih banyak portal ke dunia mereka sendiri, membawa lebih banyak saudara mereka.

Sementara Aetherial berusaha menggunakan tubuh manusia sebagai sumber daya, Chthonian tampaknya menghancurkan ras manusia sebelum itu bisa terjadi. Perang dahsyat ini tidak hanya menghancurkan peradaban manusia, tetapi juga membengkokkan struktur realitas dan, setelahnya, menghidupkan ketakutan baru.

Dunia Cairn tidak akan pernah bisa sepenuhnya dikembalikan seperti dulu. Grim Dawn adalah tentang bertahan hidup dan adaptasi dengan kenyataan baru yang suram. Manusia penyintas berjumlah kecil dari daerah kantong tersebar di seluruh dunia, bersembunyi di tempat perlindungan tersembunyi. Manusia-manusia ini diam-diam menyaksikan penjajah yang berperang menghancurkan satu sama lain dan telah menjadi pintar dengan kekuatan dan kerentanan musuh dunia lain mereka. Beberapa yang selamat mulai menunjukkan kemampuan baru yang aneh setelah selamat dari kerasukan atau paparan terhadap warp. Kekuatan yang tidak wajar ini ditakuti oleh beberapa orang tetapi memberi banyak harapan baru untuk melancarkan perlawanan untuk melawan "orang luar" dan merebut kembali apa yang tersisa dari dunia mereka.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Seperti permainan role-playing aksi terkenal lainnya, sebagian besar gameplay di Grim Dawn berpusat pada pertarungan cepat dan koleksi jarahan—baju besi, ramuan, senjata, dan uang. Menurut Crate Entertainment, sistem kerajinan permainan ini mirip dengan yang digunakan dalam mod populer Defense of the Ancients dari Warcraft III: Reign of Chaos. Grim Dawn juga dibangun di atas sistem yang ada di Titan Quest, menampilkan fisik yang ditingkatkan, efek kerusakan spesifik lokasi, pemotongan, penambahan faksi ke dalam permainan, dan sistem pencarian yang sepenuhnya didesain ulang.[1]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Crate Entertainment mengumumkan pada 27 Juli 2009 bahwa mereka telah melisensikan engine Titan Quest dari Iron Lore [2][1] dan mengumumkan pengembangan Grim Dawn pada 21 Januari 2010.[2] Awalnya, beberapa detail terungkap, dengan Crate Entertainment hanya menyatakan bahwa Grim Dawn berlatar di dunia fiksi bertema gelap yang berdasar pada era Victoria.[3]

Perkembangan Grim Dawn terkenal karena seruan terbuka Crate Entertainment kepada penggemar mereka untuk dukungan finansial. Dalam sebuah posting di situs resmi game, pengembang mengumumkan bahwa setelah periode peningkatan aktivitas email dari penggemar yang ingin berdonasi ke Crate untuk mendukung proyek, mereka telah menambahkan halaman pre-order ke situs resmi game untuk memungkinkan penggemar untuk berkontribusi ke proyek secara resmi.[4] Lima belas hari kemudian dalam posting lain di situs resmi game, Crate menyatakan bahwa mereka telah menerima dukungan finansial dari situs game Gamebanshee dan salah satu penulis webcomic terkait game Penny Arcade. [4] Terlepas dari dukungan dari penggemar mereka dan berbagai situs web, manajer Crate Arthur Bruno menyatakan dalam sebuah wawancara dengan The Escapist bahwa pre-order hanya dilakukan untuk persentase yang sangat kecil dari total anggaran Grim Dawn. [5] Dalam wawancara selanjutnya dengan situs web game Big Download, Bruno kembali mengonfirmasi bahwa donasi dan pre-order saja tidak cukup untuk mendanai proyek sepenuhnya. Selain itu, Bruno mengungkapkan bahwa Crate bermaksud untuk menyediakan konten gameplay baru untuk Grim Dawn dalam bentuk ekspansi setiap enam hingga sepuluh bulan.[1]

Pada 17 April 2012, Crate Entertainment membuka halaman proyek di Kickstarter, menetapkan target pendanaan sebesar $280.000, dengan titik tengah dari target ini tercapai dalam empat hari.[6] Target pendanaan selesai dengan $ 537.515, jauh melebihi target pendanaan awalnya.[7] Crate merilis versi alpha dari game (Build 8) melalui program Steam Early Access pada 15 Mei 2013.[8]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Pada 25 Februari 2016, game ini memasuki rilis penuh dengan v1.0.0.0 (build 31 hotfix 1). Versi untuk Xbox One, yang menampilkan semua DLC dan ekspansi sebelumnya, dirilis pada 3 Desember 2021.[9]

Konten dan ekspansi yang dapat diunduh[sunting | sunting sumber]

The Crucible

Pada 3 Agustus 2016, mode permainan baru bernama The Crucible dirilis sebagai konten yang dapat diunduh.[10]

Ashes of Malmouth

Pada 11 Oktober 2017, ekspansi pertama Grim Dawn, Ashes of Malmouth, dirilis.[11]

The Forgotten Gods

Pada 5 Maret 2018, ekspansi kedua diumumkan, yang disebut Forgotten Gods, dan dirilis pada 27 Maret 2019. [12]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penerimaan kritikus[sunting | sunting sumber]

Grim Dawn menerima ulasan yang umumnya baik dari 29 kritikus, menurut agregator ulasan Metacritic.

Leif Johnson dari PC Gamer menulis: "Jika ada, Grim Dawn diberdayakan dan dibatasi oleh gaya retronya, mencegah, katakanlah, level acak Diablo III dan dengan demikian potensinya yang tak terbatas untuk diputar ulang. Namun di sisi positifnya, tidak ada pesaing terbarunya yang memberikan pengalaman hack-and-slash gaya lama dengan begitu murni dan memuaskan, dan sistem kelas hibridanya membuat setiap perjalanan baru sedikit berbeda. Lebih dari sekali itu mendapati saya bermain sampai fajar, dan apresiasi saya untuk permainan apa pun yang berhasil melakukan itu sama sekali tidak suram." [13]

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2017, Grim Dawn telah terjual lebih dari 1 juta unit di seluruh dunia dan DLC-nya, Crucible, lebih dari 200.000.[14]

Dalam siaran langsung pada 19 April 2019, Crate mengumumkan bahwa ekspansi the Forgotten Gods telah terjual lebih dari 100.000 kopi, sehingga jumlah total kopi yang terjual antara game dasar dan DLC-nya menjadi lebih dari 3 juta.[15]

Pada tanggal 31 Mei 2020, salah satu desainer game menyatakan dalam sebuah posting forum bahwa permainan dan DLC-nya mendekati total penjualan 5 juta kopi.[16]

Pada 25 Februari 2022 Crate mengumumkan bahwa permainan tersebut dan DLC telah terjual 7 juta kopi.[17]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Arthur Bruno Interview - Big Download". Diarsipkan dari versi asli tanggal July 22, 2010. Diakses tanggal July 22, 2010. 
  2. ^ a b "Crate Entertainment Website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-01. Diakses tanggal April 21, 2010. 
  3. ^ "Crate Entertainment Website - Games Section". Diarsipkan dari versi asli tanggal April 29, 2010. Diakses tanggal April 21, 2010. 
  4. ^ a b "Grim Dawn Website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-06-24. Diakses tanggal April 21, 2010. 
  5. ^ "The Escapist, Crowd Contributed Game Development Article". Diarsipkan dari versi asli tanggal October 3, 2012. Diakses tanggal April 21, 2010. 
  6. ^ Bruno, Arthur (April 21, 2012). "Kickstarter - Update #2: Grim Dawn is backed 50% in 4 days! New goals on the horizon!". Kickstarter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-23. Diakses tanggal April 26, 2012. 
  7. ^ "Grim Dawn". Kickstarter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-03-02. Diakses tanggal April 18, 2012. 
  8. ^ "Grim Dawn Alpha Release!". Crate Entertainment Forum. May 14, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-21. Diakses tanggal 2022-09-19. 
  9. ^ "Grim Dawn Definitive Edition coming to Xbox One on December 3". Gematsu. November 16, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-21. Diakses tanggal November 16, 2021. 
  10. ^ "Grim Dawn - Crucible Mode DLC on Steam". store.steampowered.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-18. Diakses tanggal 2022-09-19. 
  11. ^ Brown, Fraser (October 12, 2017). "Grim Dawn: Ashes of Malmouth is out now". PC Gamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-21. Diakses tanggal March 5, 2018. 
  12. ^ "Forgotten Gods is coming March 27th!". Crate Entertainment Forum. March 8, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-21. Diakses tanggal 2022-09-19. 
  13. ^ Johnson, Leif (March 12, 2016). "Grim Dawn Review". PCGamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-13. Diakses tanggal May 29, 2017. 
  14. ^ "Grim Dawn Passes 1 Million Copies Sold, Crucible DLC Hits 200,000". Kotaku. May 27, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-22. Diakses tanggal May 29, 2017. 
  15. ^ "Forthcoming Forgotten Gods expac - what we know so far Part II". Crate Entertainment Forum. July 28, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-22. Diakses tanggal 2022-09-19. 
  16. ^ "Interview with Arthur Bruno on working remotely". Crate Entertainment Forum. May 31, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal February 17, 2021. 
  17. ^ "Happy 6th Birthday Grim Dawn!". 25 February 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-05. Diakses tanggal 2022-09-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]