Penyiaran langsung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penjaliran langsung staf Biro Kereta Api Tiongkok pada hari pertama pengoperasian Stasius Kereta Api Fengtai Beijing pada 20 Juni 2022

Pengaliran langsung, pengarusan langsung, atau penjaliran langsung (bahasa Inggris: livestreaming) adalah media penjaliran yang direkam dan disiarkan secara serentak dalam waktu nyata melalui internet.[1] Ini sering disebut sebagai streaming, tetapi istilah yang disingkat ini tidak jelas karena streaming mungkin mengacu pada media yang dikirim dan diputar ulang secara serentak tanpa memerlukan berkas yang diunduh sepenuhnya. Media yang bukan langsung seperti video sesuai permintaan, vlog, dan video YouTube dijalirkan secara teknis, tetapi tidak dijalirkan secara langsung.

Ini merupakan pengiriman konten secara waktu nyata selama produksi, seperti halnya siaran langsung televisi yang menyiarkan konten melalui saluran televisi. Penjaliran langsung memerlukan suatu bentuk media sumber (misalnya, kamera video, antarmuka audio, perangkat lunak tangkap layar), pengode untuk mendigitalkan konten, penerbit media, dan jaringan pengiriman konten untuk mengedarkan dan mengirimkan konten.

Layanan penjaliran langsung mencakup beragam topik, mulai media sosial, permainan video, hingga olahraga profesional. Pelantar seperti Facebook Live, Periscope, Kuaishou, Douyu, bilibili, dan 17 termasuk penjaliran promosi terjadwal dan acara pesohor serta penjaliran antarpengguna, seperti dalam videotelefoni.[2] Situs seperti Twitch telah menjadi saluran populer untuk menonton orang bermain permainan video, seperti olahraga-el, permainan bergaya Let's Play, atau speedrunning. Liputan langsung acara olahraga adalah penerapan umum.

Penjaliran langsung sudah semakin populer. Berbagai pelantar media sosial juga mengakui hal itu serta mulai terdapat fitur live streaming atau penjaliran langsung. Twitter mempunyai aplikasi penjaliran sendiri yang terkenal, yaitu Periscope. Facebook dan Instagram memperkenalkan fitur ini pada akhir tahun 2015 dan 2016.[3]

Interaksi pengguna melalui ruang obrolan biasanya merupakan komponen utama penjaliran langsung. Pelantar sering menyertakan kemampuan untuk berbicara dengan penyiar atau ikut serta dalam percakapan dalam obrolan. Banyak ruang obrolan yang berisi emotikon atau emoji merupakan cara lain untuk berkomunikasi dengan penjalir langsung.

Media sosial[sunting | sunting sumber]

Dalam bidang media sosial, istilah "media langsung" mengacu pada media baru yang menggunakan teknologi media penjaliran untuk membuat jejaring multimedia langsung yang dibagikan di antara orang, perusahaan, dan organisasi. Pemasar media sosial Bryan Kramer menjelaskan penjaliran langsung sebagai "alat pemasaran dan komunikasi utama yang murah yang membantu merek menjangkau khalayak daring mereka." Pengguna dapat mengikuti "berbagi" video langsung teman mereka serta "berbagi" yang berkaitan dengan konten dan item tertentu. Media langsung dapat dibagikan melalui situs web atau aplikasi internet apa pun. Dengan demikian, mereka mungkin menemukan jaliran media langsung yang bersangkut paut dengan konten yang dicari.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Apa itu Streaming Langsung". Cloudflare (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 6-10-2020. 
  2. ^ "Pengertian Streaming serta Jenis dan Penerapannya". 
  3. ^ "Pengertian Live Streaming". 
  4. ^ Kramer, Bryan. "How Live-Streaming is Going to Crush it in 2016". SocialMediaToday. Diakses tanggal 30 September 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Layanan pengaliran internet