Geostorm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Geostorm
SutradaraDean Devlin
Produser
Ditulis oleh
  • Dean Devlin
  • Paul Guyot
Pemeran
Penata musikLorne Balfe
SinematograferRoberto Schaefer
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures[1]
Tanggal rilis
  • 13 Oktober 2017 (2017-10-13) (Indonesia)
  • 20 Oktober 2017 (2017-10-20) (Amerika Serikat)
Durasi109 menit[3]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$120 juta[4]
Pendapatan
kotor
$221.6 juta[4]

Geostorm adalah film bencana fiksi ilmiah Amerika tahun 2017 yang disutradarai, ditulis bersama, dan diproduksi bersama oleh Dean Devlin ( dalam debut penyutradaraannya ). Film ini dibintangi oleh Gerard Butler, Jim Sturgess, Abbie Cornish, Ed Harris, dan Andy García. Ini mengikuti seorang perancang satelit yang mencoba menyelamatkan dunia dari badai dahsyat yang disebabkan oleh tidak berfungsinya satelit pengontrol iklim.

Pengambilan gambar utama dimulai di tanggal 20 Oktober 2014, di New Orleans, Louisiana. Setelah pemutaran tes yang mengerikan, syuting ulang dilakukan di bulan Desember 2016 dibawah produser eksekutif Jerry Bruckheimer, penulis Laeta Kalogridis, dan sutradara baru Danny Cannon. Hingga saat ini, film tersebut merupakan satu-satunya produksi bersama antara Skydance Media dan Warner Bros. Pictures.

Geostorm dirilis di Amerika Serikat di tanggal 20 Oktober 2017, dalam semua format, dan berkinerja sangat buruk di box office, hanya meraup $221,6 juta di seluruh dunia dibandingkan anggaran $120‒130 juta dan membuat Warner Bros kehilangan $71,6 juta. Film ini juga dikritik oleh para kritikus, yang mengkritik alur cerita dan efek visualnya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di tahun 2019, setelah banyaknya bencana alam dahsyat, koalisi internasional menugaskan "Dutch Boy", sebuah sistem satelit pengontrol iklim. Setelah berjaya menetralisir topan di Shanghai, subkomite Senat AS menegur kepala arsitek Jake Lawson, yang membuat Dutch Boy online tanpa izin. Ia digantikan oleh saudaranya Max, yang bekerja dibawah Menteri Luar Negeri AS Leonard Dekkom.

3 tahun kemudian, tim PBB yang ditempatkan di Gurun Registan menemukan sebuah desa beku. Makmoud Habib, seorang insinyur India yang bekerja di Stasiun Luar Angkasa Iklim Internasional ( ICSS), menyalin data dari satelit yang bertanggung jawab atas Afghanistan ke dalam hard drive sebelum terbunuh dalam suatu kecelakaan. Setelah meyakinkan Presiden AS Andrew Palma untuk melakukan penyelidikan, Max membujuk Jake pergi ke ICSS untuk menyelidiki. Di Hong Kong, satelit meningkatkan suhu secara drastis, menyebabkan pusaran api dan meruntuhkan banyak bangunan.

Jake tiba di ICSS untuk memeriksa satelit yang tidak berfungsi, rusak dan datanya terhapus. Dia bekerja dengan komandan stasiun Ute Fassbinder dan krunya, yang terdiri dari insinyur Eni Adisa, spesialis sistem Duncan Taylor, teknisi Al Hernandez, dan petugas keamanan Ray Dussette. Mereka memulihkan hard drive tetapi menyembunyikannya dari kru, mencurigai adanya pengkhianat. Saat memeriksa data, mereka menemukan bahwa virus telah masuk, menyebabkan kegagalan fungsi dan menghapus akses login orang-orang senior yang penting ke satelit.

Mencurigai Palma menggunakan Dutch Boy sebagai senjata, Jake memberitahu Max bahwa dia perlu me-reboot sistem untuk menghilangkan virus, yang memerlukan kode pembunuhan yang dipegang oleh Palma. Staf ICSS menetralisir satelit yang tidak berfungsi dengan sengaja mematikannya melalui tabrakan dengan satelit pengganti. Kembali ke Bumi, Cheng Long menemukan bahwa dia dan Max telah kehilangan akses login dan memperingatkan Max tentang bencana alam global yang dikenal sebagai "Geostorm" jika kerusakan terus berlanjut. Cheng mengejar ke Washington, D.C. oleh tim agen pemerintah nakal yang dipimpin oleh Rico, yang membunuhnya dalam insiden lalu lintas, tapi sebelumnya dia mengatakan "Zeus."

Menemukan Proyek Zeus yang mensimulasikan pola cuaca ekstrem untuk menciptakan Geostorm, Max meminta pacarnya, agen Dinas Rahasia Sarah Wilson, untuk mendapatkan kode tersebut. Selama waktu ini, tim ICSS kehilangan kendali atas semua operasi saat virus memulai program penghancuran diri.

Selama DNC di Orlando, Florida, Max menemukan Orlando berikutnya menjadi sasaran setelah bencana dahsyat melanda Tokyo dan cuaca dingin di lepas pantai menghancurkan sebagian Rio de Janeiro. Max meminta bantuan Dekkom, yang malah mencoba membunuhnya, mengungkapkan dirinya sebagai penyabot.

Max memberi tahu Sarah, jadi mereka menculik Palma untuk melindunginya dari agen Dekkom dan mengamankan kode pembunuhan. Saat mereka melarikan diri dari arena sebelum badai petir menghancurkannya, Max mengungkapkan aktivitas mereka dan pengkhianatan Dekkom kepada Palma. Setelah mengakali tentara bayaran Dekkom, ketiganya menangkap Dekkom dan menanyakan rencananya untuk menyingkirkan pejabat terpilih lainnya dalam garis suksesi Amerika, sehingga dia bisa mendominasi dunia sekaligus melenyapkan musuh-musuh Amerika. Max dan Sarah mengantar Palma ke Kennedy Space Center dan mengirimkan kodenya tetapi mengetahui bahwa rangkaian penghancuran diri tidak bisa dihentikan. Lebih banyak bencana cuaca terjadi secara global. Duncan sebenarnya adalah pengkhianat yang mendalangi kematian Habib dan menciptakan badai atas perintah Dekkom, dan Jake menghadapinya. Duncan terbunuh dalam pertarungan berikutnya sementara Jake kabur. Saat kru mengevakuasi stasiun, Jake dan Ute tetap tinggal untuk memastikan sistem melakukan boot ulang, menghilangkan virus dan mentransfer kendali satelit ke NASA, sehingga mencegah Geostorm di detik terakhir.

Mereka kemudian melarikan diri dengan satelit pengganti saat rangkaian penghancuran diri selesai. Setelah mereka menggunakan pendorong satelit pengganti sebagai suar, pesawat ulang-alik terdekat yang dikemudikan oleh Hernandez menjemput mereka. 6 bulan kemudian, Jake sekali lagi bekerja sebagai kepala insinyur di Dutch Boy, yang sekarang dikelola oleh komite internasional yang membangun kembali stasiun luar angkasa.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Saat Dean Devlin menjelaskan perubahan iklim kepada putrinya, Hannah, dia bertanya mengapa mesin tidak bisa dibuat untuk memperbaikinya. Devlin kemudian membayangkan hal seperti itu, dan bagaimana hal itu bisa digunakan untuk tujuan jahat. Saat ia berjuang mengembangkan naskahnya, ia meminta bantuan Paul Guyot, khususnya untuk menulis dinamika saudara. Di tahun 2013, Skydance Productions membeli hak pembuatan film. Setelah mitra distribusi Skydance, Paramount Pictures, menyelesaikan proyek tersebut, Geostorm diajukan dan diterima oleh Warner Bros. Pra produksi dimulai di tanggal 7 Juli 2014. Dengan anggaran awal sebesar $82 juta, fotografi utama dimulai di tanggal 20 Oktober 2014, di New Orleans, Louisiana, dan berlangsung hingga 10 Februari 2015. Syuting dimulai di Loyola Avenue di hari pertama. Beberapa adegan NASA difilmkan di Pabrik Roket NASA di New Orleans di bulan November 2014 dan Januari 2015.

Setelah pemutaran tes yang buruk di bulan Desember 2015, syuting ulang senilai $15 juta dilakukan di Louisiana di awal Desember 2016, dibawah produser baru Jerry Bruckheimer, penulis Laeta Kalogridis dan sutradara Danny Cannon. Peran Winnick disusun ulang dengan Julia Denton selama syuting ulang, sementara karakter baru ditambahkan ke dalam naskah.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Di tanggal 16 Oktober 2017, Warner Bros. merilis video promosi di saluran YouTube-nya. Dalam video tersebut, sebuah taksi di New York yang dilengkapi dengan kamera tersembunyi melaju ke jalan yang tampaknya terkena dampak badai es, yang tanpa disadari membuat penumpangnya sangat terkejut.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film ini awalnya ditetapkan untuk rilis di tanggal 25 Maret 2016, namun di bulan Agustus 2014, Warner menetapkan tanggal ini untuk rilis Batman v Superman: Dawn of Justice sebagai gantinya. Di tanggal 11 Desember 2014, WB menggeser film animasi live-action Mowgli ke tahun 2017 dan memberikan tanggal sebelumnya dari 25 Maret 2016, kemudian 21 Oktober 2016, ke Geostorm. Di bulan September 2015, studio kembali memundurkan film tersebut dari 21 Oktober 2016 ke 13 Januari 2017. Di bulan Juni 2016, studio mengumumkan bahwa perilisannya telah dipindahkan dari 13 Januari 2017 ke 20 Oktober 2017. Film ini memiliki rilis IMAX 3D.

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Geostorm dirilis dalam bentuk DVD, Blu-ray dan Blu-ray 3D di tanggal 16 Januari 2018.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

Geostorm meraup $33,7 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $187,7 juta di wilayah lain, dengan total $221,4 juta di seluruh dunia, dibandingkan anggaran produksi sebesar $120 juta. Analis box office memperkirakan bahwa film tersebut perlu menghasilkan pendapatan kotor $300–350 juta di seluruh dunia untuk mencapai titik impas.

Di Amerika Utara, film ini dirilis bersamaan dengan Boo 2! A Madea Halloween, The Snowman dan Only the Brave, dan diperkirakan menghasilkan pendapatan kotor $10–12 juta dari 3.246 bioskop di akhir pekan pembukaannya. Setelah tidak mengadakan pemutaran pratinjau Kamis malam, film tersebut menghasilkan $4,2 juta di hari Jumat. Film ini debut dengan pendapatan $13,3 juta, menempati posisi kedua di box office. Seminggu setelah dirilis, dilaporkan film tersebut kemungkinan akan kehilangan studio sekitar $100 juta. Di bulan Maret 2018, Deadline Hollywood menghitung bahwa film tersebut dirugikan oleh Warner Bros. sebesar $71,6 juta, ketika memperhitungkan semua pengeluaran dan pendapatan.

Tanggapan Kritis[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, film ini mendapat rating persetujuan 17% berdasarkan 98 ulasan dan rating rata-rata 3,60/10. Para kritikus situs tersebut membaca konsensus, "Kurangnya visual yang mengesankan, karakter yang ditulis dengan baik, atau melibatkan drama, Geostorm bertujuan untuk tontonan film bencana yang epic namun akhirnya hanya menjadi sebuah bencana dalam sebuah film." skor rata-rata tertimbang 21 dari 100, berdasarkan ulasan dari 22 kritikus, menunjukkan "ulasan yang umumnya tidak menyenangkan". Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film tersebut nilai rata-rata B− pada skala A+ hingga F, sementara PostTrak melaporkan bahwa penonton film memberikannya skor positif keseluruhan sebesar 67% dan "rekomendasi pasti" sebesar 49%.

TheWrap memberikan ulasan negatif pada film tersebut dan menyatakan, "Film bencana mungkin akan menjadi datar karena tawaran bodoh sutradara dan rekan penulis Dean Devlin untuk meniru mitra lamanya, penjual bencana Roland Emmerich." Matt Singer dari ScreenCrush memberikan film tersebut 2 dari 10, menyebut film tersebut sebagai "kerja keras, namun babak terakhir mencapai semacam kebodohan yang transenden." Peter Debruge dari Variety memberikan ulasan negatif pada film tersebut dan menyatakan, "Satu-satunya hal yang lebih bisa diandalkan daripada cuaca buruk adalah film buruk, dan dalam hal ini, Geostorm tepat sesuai perkiraan." A. O. Scott dari The New York Times memberikan ulasan negatif pada film tersebut dan menyatakan, "Geostorm menggunakan teknologi digital untuk menghancurkan banyak kota dan penulisan skenario yang tidak benar untuk menyerang martabat beberapa aktor bagus." Peter Sobczynski dari RogerEbert.com memberikan film tersebut 1,5 dari 4 dan menyatakan bahwa Geostorm "benar-benar bisa menggunakan 1 atau 2 Sharknado untuk menghidupkan suasana.

Arizona Republic memberi film tersebut 2 dari 5 dan mengkritik kurangnya "aksi menarik", "visual yang jelek", dan "tanpa cukup banyak Gerard untuk diputar". Entertainment Weekly memberikan skor 'D' pada film tersebut dan dengan sinis merangkum film tersebut sebagai "sekumpulan adegan yang dianggap saling terhubung yang tampaknya bahkan tidak saling mengenal dan mungkin diambil gambarnya dalam jarak beberapa tahun." Mike D'Angelo dari The A.V. Club memberi film tersebut skor 'D+' dan memuji "penghancuran mengesankan selama 15 menit", namun mengkritik "kemonotonan dramatis". Anna Smith dari Time Out memberi film tersebut nilai 2 dari 5 dan menganggapnya "menarik bagi para ilmuwan yang ingin tertawa."

Los Angeles Times memuji "premisnya yang cerdas", namun menyebut hasilnya "kebanyakan membosankan- cerdas". The Guardian memberi film tersebut 2 dari 5 dan berkomentar bahwa penonton "telah menjual barang palsu." Donald Clarke dari The Irish Times memberi film tersebut 2 dari 5 dan menyatakan, "Geostorm terasa seperti sekuel dari sebuah film Tom Cruisey yang sedikit lebih baik, sedikit lebih mahal, dan jauh lebih banyak yang menghasilkan banyak uang di wilayah berbahasa asing."

The Hollywood Reporter memberikan ulasan negatif pada film tersebut dan menyatakan, "Besar, bodoh, dan membosankan, [ Geostorm ] menemukan rekan penulis Independence Day berharap untuk memulai karir penyutradaraan dengan pedoman yang sama – tetapi melupakan beberapa aturan mainnya." Robbie Collin dari The Daily Telegraph memberi film tersebut 1 dari 5 dan menyatakan, "Menonton Gerard Butler memecahkan sebuah cerita detektif seperti menonton...simpanse menggerakkan piano ke bawah: semacam olok-olok yang memamerkan gigi dan memetik kutu dari perilaku manusia yang bisa dikenali dan lucu untuk beberapa saat sampai Anda mulai mengkhawatirkan etika didalamnya." Alissa Wilkinson dari Vox memberi film tersebut 0,5 dari 5 dan menyatakan, "Tingkat kebosanan yang saya alami selama Geostorm seharusnya memenuhi syarat sebagai setidaknya merupakan kejahatan tingkat dua di negara bagian New York."

Mark Kermode dari Kermode & Mayo's Film Review memberikan ulasan negatif pada film tersebut dan menyatakan, "Ini adalah jenis film yang memiliki aksen Inggris akan mendapat hukuman Anda meninju wajahnya, tapi fakta bahwa Gerard Butler berbicara seperti Sean Connery dalam adegan aneh dari The Untouchables? Tidak ada yang peduli." , namun prospeknya jauh dari menguntungkan."

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Film Releases". Variety Insight. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 28, 2017. Diakses tanggal June 9, 2018. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-21. Diakses tanggal 2020-07-27. 
  3. ^ "Geostorm". British Board of Film Classification. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-26. Diakses tanggal 2020-07-27.  Retrieved August 21, 2017
  4. ^ a b "Geostorm (2017)". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-12. Diakses tanggal March 4, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]