Cheng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cheng (Hanzi: ; Pinyin: Chéng, dan yang lebih jarang:成) adalah sebuah nama marga Tionghoa yang umum. Marga Zheng (鄭/郑) kadang-kadang juga ditransliterasikan secara salah menjadi 'Cheng'. Pada ejaan Wade-Giles, Cheng = Zhèng (pinyin), sedangkan Ch'eng = Chéng (pinyin).


Tokoh bermarga Zheng (鄭/郑)[sunting | sunting sumber]

Zheng He (鄭和), hidup pada tahun 1371-1433, memiliki marga asli Ma, bernama He, nama masa kecil Sanbao, juga disebut Sanbao, berasal dari Kunyang, Yunnan. Ia adalah seorang pelaut, diplomat dan kasim Dinasti Ming. Masa hidup kasim Muslim Zheng He adalah masa kebijaksanaan ekspansi maritim (Kaisar) Chengzhu dari Dinasti Ming.

Kebangsaan: Ming Kaisar: Chengzhu Keturunan: Semu ren (色目人), Hui Kepercayaan: Islam, Buddha, Tao Nama Asli: Ma He (disebut juga Ma Sanbao) Nama Lain: Hajji Mahmud Shamsuddin (Bahasa Persia), Sonam Tashi (Bahasa Tibet) Nama Yang Dikenal Umum: Kasim Sanbao Nama Agama Buddha: Fu Jixiang Lahir: 1371 Meninggal: 1433 Makam: Nanjing

1. Riwayat Hidup Zheng He (di Indonesia lebih dikenal dengan nama Cheng Ho) adalah orang Suku Hui. Nama Persianya adalah Haji Mahmud Shamsuddin, leluhurnya enam generasi yang lalu adalah Sayyid Ajjal Shams al-Din Omar al-Bukhari, seorang aristokrat dari Asia Tengah yang datang pada awal Dinasti Yuan.

Ia adalah keturunan raja Bukhara, dan pernah menjabat sebagai xingfu pingzhang (pejabat setingkat gubernur) Propinsi Yunnan, setelah meninggal ia kemudian diberi gelar Raja Xianyang oleh Khubilai Khan. Saat Genghis Khan menyerbu ke barat, ia menyambut nya dengan memimpin seribu pasukan berkuda.

Leluhur ketiga puluh enam Sayyid Ajjal adalah nabi pendiri Islam, Muhammad. Kakek dari pihak ayah Zheng He, Bayan, pada tahun ke 11 Dade Dinasti Yuan (1307 M) menjabat sebagai zhongshu pingzhang, nenek buyutnya aslinya bermarga Ma.

Kakek dari pihak ayah Zheng He adalah seorang haji, sedangkan nenek dari pihak ayah berasal dari Keluarga Wen. Nama asli ayah Zheng He adalah Milijin, nama Hannya adalah Haji Ma (Marga Ma adalah transliterasi nama Arab Muhammad dalam Bahasa China), ia mewarisi gelar Dianyang Hou, ibunya aslinya bermarga Wen.

Tokoh bermarga Cheng (程)[sunting | sunting sumber]