Gallus Anonymus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gambaran artis potret Gallus Anonymus oleh Henryk Piątkowski, 1898

Gallus Anonymus (variasi bahasa Polandia: Gall Anonim) merupakan nama yang secara tradisional diberikan kepada seorang penulis anonim dari Gesta principum Polonorum (Akta para Pangeran Polandia), yang disusun dalam bahasa Latin pada sekitar tahun 1115. Gallus umumnya dianggap sebagai sejarahwan pertama yang menggambarkan Polandia. Tarikhnya adalah teks wajib untuk kursus universitas dalam sejarah Polandia. Sangat sedikit yang diketahui dari penulis sendiri.

Kromer[sunting | sunting sumber]

Monumen Gall Anonim, Wroclaw, Polandia

Satu-satunya sumber keberadaan Gallus adalah sebuah catatan yang dibuat oleh Pangeran-Uskup Warmia Marcin Kromer (1512-89) di sela folio 119 "manuskrip Heilsberg."[1] Bunyinya: Gallus hanc historiam scripsit, monachus, opinor, aliquis, ut ex proemiis coniicere licet qui Boleslai tertii tempore vixit (Gallus menulis sejarah ini, beberapa biarawan, menurut pendapat saya, yang hidup di zaman Bolesław III, seperti yang dapat diduga dari kata pengantar.') Tidak diketahui apakah Kromer bermaksud menyebut "Gallus" sebagai nama yang tepat atau sebagai referensi ke kewarganegaraan penulis (Gallus pada masa ini biasanya berarti, "bangsa Irlandia" daripada St. Gallen dan dalam beberapa kasus "bangsa Perancis"), atau apa yang ia maksud berdasarkan identifikasinya.

Naskah Heilsberg, satu dari tiga Gesta yang masih ada, ditulis antara tahun 1469 dan 1471. Dari abad pertengahan ke-16 dan 18, kota ini disimpan di kota Heilsberg (sekarang Lidzbark Warmiński, Polandia). Kemudian diterbitkan atas perintah Pangeran-Uskup Warmia Adam Stanisław Grabowski (1698-1766).

Asal[sunting | sunting sumber]

Penulis Gesta menulis sedikit tentang dirinya sendiri dan tidak ditulis tentang sumber-sumber kontemporer. Apa yang Gallus tulis tentang dirinya sendiri dapat disimpulkan sebagai berikut: Sebelum pergi ke Polandia, ia mungkin menghabiskan beberapa waktu di Hungaria, di mana ia bertemu adipati Polandia Bolesław III; ia adalah seorang peziarah; ia menghormati Santo Giles, dan ia tahu sedikit tentang Skandinavia.

Para sejarahwan setuju bahwa gaya penulisan Gallus menunjukkan pendidikan yang substansial, hanya tersedia untuk para bangsawan dan biarawan; dan bahwa ia adalah seorang penulis berpengalaman, dengan demikian mungkin juga telah menulis karya-karya sebelumnya. Clericus de penna vivens ("ulama yang hidup dengan penanya") dicurigai oleh Danuta Borawska[2] dan Marian Plezia untuk sebelumnya menulis Gesta Hungarorum (Akta Hongaria) dan Translatio Sancti Nicolai (Transfer Santo Nikolas); dan gaya tulisannya dianggap dipengaruhi oleh perkembangan sastra yang kemudian hanya umum di Perancis utara dan Belanda.

Patung, di Budapest Kastil Vajdahunyad, dari Anonymus, penulis Akta Hongaria dan mungkin Gesta principum Polonorum. Pematung: Miklós Ligeti

Di Budapest, Kastil Vajdahunyad memiliki patung perunggu Anonymus yang duduk dengan pakaian biarawan, kerudung yang menutupi wajahnya.

Tempat asal Gallus tidak diketahui. Beberapa teori telah dikemukakan. Beasiswa tradisional telah menganggap bahwa ia orang Perancis (oleh karena itu Gallus), mungkin dari Perancis atau Flandria.[3] Plezia telah menyarankan bahwa ia adalah seorang biarawan dari Biara Santo Giles di Provence, Perancis.[4] Nama Gallus mungkin terkait dengan nama Santo Gall (Gall berarti "orang Irlandia") pendiri Gaelic dari biara Swiss. Mengingat banyaknya biara Eropa yang didirikan oleh pengembara sastra Irlandia, kemungkinan bahwa penulis sejarah Polandia dan Hongaria lahir di Irlandia setidaknya harus dipertimbangkan.

Beberapa ilmuwan telah menunjukkan bahwa gaya penulisan Gallus menyerupai Hildebert dari Lavardin (alias Hildebert dari Tours) dan mengira bahwa Gallus telah dididik di Le Mans atau, menurut Zathey,[5] di Chartres atau Bec di Normandia.

Sebelum Perang Dunia II, sejarahwan Perancis Pierre David mengajukan sebuah teori bahwa Gallus mungkin seorang biarawan Hongaria dari Biara Santo Gilles di Somogyvár yang mendampingi Pangeran Bolesław III saat kembali dari Hongaria ke Polandia. Teori ini hanya mendapat sedikit dukungan.[6]

Teori lain telah mulai berkembang di Polandia. Profesor Danuta Borawska dan Tomasz Jasiński dari Universitas Poznań telah mempresentasikan sebuah kasus untuk seorang Venesia.[7][8] Telah dikemukakan bahwa Gallus mungkin telah menjadi seorang biarawan dari Biara Santo Gilles di Lido, Venesia, Italia,[9] dan Profesor Plezia kemudian setuju.[10]

Teori Venesia pertama kali disinggung pada tahun 1904 oleh sejarahwan Polandia Tadeusz Wojciechowski. Pada tahun 1965 itu diusulkan lagi oleh Borawska namun tidak mendapatkan penerimaan. Dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun, telah ditinjau kembali dan kini mendapat ulasan positif dari beberapa ahli abad pertengahan Polandia. Ini telah didukung oleh Profesor Janusz Bieniak, Roman Michałowski dan Wojciech Fałkowski.[11] Fałkowski telah mencatat bahwa kedua teori tersebut—Perancis dan Italia—mungkin kurang saling eksklusif daripada yang dipkirkan, karena Gallus mungkin lahir di Italia, menjadi seorang biarawan di Lido, dan kemudian melakukan perjalanan ke Perancis dan Hongaria.

Menurut Tomasz Jasiński, yang pada tahun 2008 menerbitkan sebuah buku tentang Gallus,[12] penulis sejarah datang ke Polandia melalui Via Egnatia di negara-negara berbahasa Slavia "Epirus, Trakia, Dalmasia, Kroasia, Istria." Ketika Jasiński membandingkan Tarikh dengan Transfer Santo Nikolas, ia menemukan lebih dari 100 kesamaan. Jasiński telah menyimpulkan bahwa Gallus, seperti banyak biarawan Venesia pada masa itu, memiliki pengetahuan asli baik bahasa-bahasa italia dan Slavia.[13]

Namun, Paul W. Knoll dan Frank Schaer menganggap gagasan Venesia itu sebagai "terlalu lemah untuk dianggap serius."[14] Di Polandia, Profesor Jacek Banaszkiewicz dari abad pertengahan mendukung seorang Perancis yang berasal dari italia untuk Gallus Anonymus.

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Penulis anonim Gesta mempengaruhi sejarah Polandia berikutnya karena versinya tentang sejarah polandia awal memegang wewenang penguasa agar lebih rendah daripada Tuhan, seperti yang diungkapkan oleh suara rakyat (seperti dalam pepatah Latin, "Vox populi, vox Dei").

Konsep ini memperkuat tradisi pemilihan Polandia dan kecenderungan untuk tidak mematuhi dan mempertanyakan wewenang. Melalui Kronik Wincenty Kadłubek dan khotbah Stanisław dari Skarbimierz ini berkontribusi pada pengembangan unik "Kebebasan emas" yang akan menjadi ciri Persemakmuran Polandia-Lithuania, yang raja-rajanya dipilih dan diwajibkan untuk mematuhi Sejm (parlemen).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Paul W. Knoll and Frank Schaer, eds., Gesta Principum Polonorum: The Deeds of the Princes of the Poles, Budapest, 2003, pp. xxiv—v.
  2. ^ Danuta Borawska, "Gallus Anonim czy Italus Anonim?" ("Gallus Anonimus or Italus Anonimus?"), Przegląd Historyczny (Historical Review), 1965.
  3. ^ Paul W. Knoll and Frank Schaer, eds., Gesta Principum Polonorum..., pp. xxvii—ix.
  4. ^ Marian Plezia, ed., Anonim tzw. Gall, translated [from the Latin into Polish] by Roman Grodecki, Ossolineum, 2003, ISBN 83-7316-258-5.
  5. ^ J. Zathey, "W jakich szkołach uczył się Gall Anonim?" ("What Schools Did Gallus Anonimus Attend?"), Sprawozdania Polskiej Akademii Umiejętności (Proceedings of the Polish Academy of Learning), 1952, z. 7-10, p. 555.
  6. ^ Pierre David, "La Pologne dans l’obituaire de Saint-Gilles en Languedoc au XII e sičcle," Revue des Études Slaves, 19 (1939).
  7. ^ Danuta Borawska, Mała Historia Literatury Polskiej (A Brief History of Polish Literature), Warsaw, PWN, 2005, pp. 52-53.
  8. ^ (Polandia) Roman Sidorski, Interview with Professor Tadeusz Jasiński: Kierunek - Wenecja!, Histmag, 2006-04-10.
  9. ^ Historians Know Who Gallus Anonymus Was
  10. ^ "Nowe studia nad Gallem-Anonimem" ("New Studies about Gallus Anonymus"), in Mente et litteris. O kulturze i społeczeństwie wieków średnich (Mente et litteris: On Culture and Society in the Middle Ages), Poznań, 1984, pp. 111-20; Anonim tzw. Gall, Kronika polska (The Anonymous "Gaul," The Polish Chronicle), edited by Marian Plezia, translated [from the Latin into Polish] by Roman Grodecki, Wrocław, 1996.
  11. ^ Na tropie tajemnicy Galla Anonima, Polish Press Agency, 2006-02-15.
  12. ^ Tomasz Jasiński, O pochodzeniu Galla Anonima (On the Origins of Gallus Anonymus), Avalon, 2008, ISBN 978-83-60448-37-3.
  13. ^ Gallus Anonymus' cursus velox is also in accord with a Venetian origin. Feliks Pohorecki in 1930 formulated a hypothesis that if one found an author using cursus spondiacus (spondee?) simultaneously with cursus velox, that fact might identify Anonymus. The Swedish Latinist Tore Janson found cursus spondiacus in the school of Hildebert of Tours, and the anonymous author wrote in the Transfer of St. Nicholas about a stay at Tours and the celebration of a mass at the Lido. Jasiński concludes, "There is no reason, therefore, to doubt that Gallus Anonymous [the Anonymous Gaul] was Monachus Littorensis [the Littoral Monk]." See Tomasz Jasiński, "Was Gallus Anonymus, Monachus Littorensis?" Summaries, Kwartalnik Historyczny (Historical Quarterly), CXII, 2005, 3. (abstract 1 Archived 2007-09-26 at the Wayback Machine., abstract 2 Archived 2007-04-27 at the Wayback Machine.)
  14. ^ Paul W. Knoll and Frank Schaer, eds., Gesta Principum Polonorum..., p. xxix.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]