Gesta Hungarorum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gesta Hungarorum juga dapat mengacu kepada Gesta Hunnorum et Hungarorum yang ditulis oleh Simon dari Kéza.
Halaman pertama manuskrip dalam bahasa Latin.

Gesta Hungarorum atau Tindakan-Tindakan Orang-Orang Hongaria adalah kronik pertama mengenai orang-orang Hongaria. Karya ini ditulis oleh seseorang tak bernama yang dijuluki "Anonymus" oleh para sejarawan. Karya ini kemungkinan besar ditulis pada abad ke-13. Gesta disimpan di Wina selama berabad-abad dan kini merupakan bagian dari koleksi Perpustakaan Nasional Széchényi di Budapest.

Subjek utama Gesta adalah penaklukan Cekungan Carpathia oleh Hongaria pada abad ke-9 dan ke-10. Kronik ini juga berisi tentang asal usul orang Hongaria yang menyatakan bahwa nenek moyang orang Hongaria adalah orang-orang Skithia kuno. Para ahli merasa bahwa sumber-sumber utama Gesta adalah Alkitab, Etymologiae karya Isidorus dari Sevilla, Exordia Scythica dari abad ke-7, Chronicon karya Regino dari Prüm dari akhir abad ke-9, dan roman-roman abad pertengahan mengenai Alexander yang Agung. Anonymus mungkin telah menggunakan lagu-lagu rakyat sebagai sumber. Ia juga mungkin telah mengetahui isi salah satu versi "Kronik Hongaria" yang berasal dari akhir abad ke-11, sehingga sebagian dari teks tersebut mungkin telah terkandung di dalam karyanya. Namun, narasi penaklukan Hongaria yang ia ceritakan berbeda dengan kronik-kronik lainnya. Anonymus tidak menyebutkan lawan-lawan orang Hongaria yang diketahui dari sumber-sumber yang ditulis pada sekitar tahun 900, tetapi ia menuliskan pertemuran orang Hongaria melawan penguasa-penguasa yang tidak diketahui dari sumber lain. Menurut dugaan para ahli, ia menggunakan nama tempat saat menamai musuh-musuh orang-orang Hongaria.

Sumber primer[sunting | sunting sumber]

  • Anonymus, Notary of King Béla: The Deeds of the Hungarians (Edited, Translated and Annotated by Martyn Rady and László Veszprémy) (2010). In: Rady, Martyn; Veszprémy, László; Bak, János M. (2010); Anonymus and Master Roger; CEU Press; ISBN 978-963-9776-95-1.
  • The Chronicle of Regino of Prüm (2009). In: History and Politics in Late Carolingian and Ottonian Europe: The Chronicle of Regino of Prüm and Adalbert of Magdeburg (Translated and annotated by Simon MacLean); Manchester University Press; ISBN 978-0-7190-7135-5.
  • The Hungarian Illuminated Chronicle: Chronica de Gestis Hungarorum (Edited by Dezső Dercsényi) (1970). Corvina, Taplinger Publishing. ISBN 0-8008-4015-1.