Perpustakaan Nasional Széchényi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Perpustakaan Nasional Széchényi.

Perpustakaan Nasional Széchényi (bahasa Hongaria: Országos Széchényi Könyvtár) (OSZK) adalah sebuah perpustakaan yang terletak di kota Budapest, Hongaria. Perpustakaan ini merupakan salah satu dari dua perpustakaan nasional Hongaria selain Perpustakaan Universitas Debrecen. Di perpustakaan ini terdapat berbagai macam koleksi. Selain 2,5 juta buku, terdapat pula peninggalan-peninggalan dari zaman kuno, seperti peta Tabula Hungariae, kronik Chronica Hungarorum, dan kronik bergambar Chronicon Pictum.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan ini didirikan pada tahun 1802 oleh seorang aristokrat Hongaria yang sangat patriotik, Ferenc Széchényi. Széchényi sebelumnya telah berkelana untuk membeli buku-buku Hongaria yang kemudian ia kumpulkan untuk disumbangkan kepada bangsa. Berkat contoh dari Széchényi, muncul pergerakan untuk menyumbangkan buku-buku kepada perpustakaan.[1]

Pada tahun 1808, Majelis Nasional Hongaria mendirikan Museum Nasional Hongaria untuk mengumpulkan peninggalan sejarah, arkeologis dan alami Hongaria. Perpustakaan ini digabung dengan museum tersebut.[1] Pada tahun 1846, Museum Nasional Hongaria pindah ke gedung baru, tetapi perpustakaan ini baru menjadi badan yang terpisah pada tahun 1949 dan diberi nama Széchényi. Pada tahun 1985, perpustakaan ini dipindah ke lokasi baru di Kastil Buda.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "History of the Library". National Széchényi Library. Diakses tanggal 26 January 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°29′42″LU 19°2′21″BT / 47,495°LU 19,03917°BT / 47.49500; 19.03917