Chronicon Pictum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman pertama Chronicon Pictum

Chronicon Pictum (dalam bahasa Latin berarti kronik bergambar, bahasa Inggris: Illuminated Chronicle atau Kronik Beriluminasi Wina, bahasa Hongaria: Képes Krónika juga disebut Chronica Hungarorum, Chronicon (Hungariae) Pictum, Chronica Picta atau Chronica de Gestis Hungarorum) adalah sebuah kronik bergambar dari Kerajaan Hongaria pada pertengahan kedua abad ke-14. Kronik ini memiliki gaya artistik internasional yang telah dikembangkan di istana Lajos I dari Hongaria.

Nama lengkapnya adalah Chronicon pictum, Marci de Kalt, Chronica de gestis Hungarorum, atau secara harfiah berarti "Kronik Bergambar, Kronik Marci de Kalt mengenai Tindakan-Tindakan Orang Hongaria".

Sejarah kronik[sunting | sunting sumber]

Kronik ini ditulis oleh Márk Kálti (Latin: Marci de Kalt) sebelum tahun 1358, dan iluminasi terakhir diselesaikan antara tahun 1370 hingga 1373. Kronik ini kemudian diberikan oleh Raja Lajos I dari Hongaria kepada Raja Prancis Charles V, saat anak perempuan Lajos yang bernama Katalin bertunangan dengan anak laki-laki Charles, Louis I, Adipati Orléans .[1] Kronik ini kemudian dihadiahkan kepada Đorđe Branković pada tahun 1456 dan lalu disalin, tetapi kemudian kronik ini hilang dan kemungkinan sempat dimiliki oleh Turki.[1]

Kronik ini kembali muncul pada pertengahan awal abad ke-17 di arsip kerajaan Wina, walaupun masih belum diketahui bagaimana kronik ini tiba-tiba muncul. Maka dari itu, kronik ini kadang-kadang disebut "Kronik Beriluminasi Wina". Naskah ini kini disimpan di Perpustakaan Nasional Széchényi di Budapest.[1]

Sejarah yang digambarkan[sunting | sunting sumber]

147 gambar di kronik ini merupakan sumber sejarah Hongaria yang penting. Gambar-gambar ini menunjukkan sejarah budaya, kostum, dan kehidupan istana pada abad ke-14. Banyak miniatur di dalam kronik ini yang dibuat dari emas. Nilai artistik miniatur ini sangat tinggi. Karakter-karakternya digambarkan dengan rinci dan bahkan bola matanya dilukis.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Pražák, Nechutová, Bartoňková (1988). Legendy a kroniky koruny Uherské (Legends and chronicles of Hungarian crown). Prague: Nakladatelství Vyšehrad. hlm. 340–346. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]