Sejm Persemakmuran Polandia-Lituania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sejm pada masa kekuasaan Sigismund III Vasa (1587–1632).

Sejm Umum (bahasa Polandia: sejm walny) adalah parlemen bikameral Persemakmuran Polandia-Lituania yang didirikan berdasarkan kesepakatan Uni Lublin pada tahun 1569 dengan menggabungkan Sejm Kerajaan Polandia dengan Seimas Keharyapatihan Lituania, Rutenia dan Samogitia. Badan ini merupakan salah satu unsur pemerintahan demokratik utama di Persemakmuran (lihat Kebebasan Emas). Sejm merupakan institusi yang kuat dan raja tidak dapat menetapkan undang-undang tanpa persetujuan dari Sejm.

Waktu pertemuan sejm seringkali berubah-ubah, tetapi biasanya pertemuan sejm berlangsung selama enam minggu dan dihimpunkan setiap dua tahun. Lokasinya juga sering berubah-ubah, tetapi pada akhirnya ibu kota Persemakmuran di Warsawa menjadi lokasi utama. Sementara itu, jumlah senator dan anggota perwakilan di Sejm terus bertambah dari 70 senator dan 50 anggota perwakilan pada abad ke-15 menjadi 150 senator dan 200 anggota perwakilan pada abad ke-18. Pada awalnya pemungutan suara dilakukan dengan mengikuti sistem suara mayoritas, tetapi semenjak abad ke-17 sistem yang digunakan mengharuskan pengambilan keputusan secara bulat. Akibatnya, 32 sejm diveto oleh wewenang liberum veto, terutama pada pertengahan pertama abad ke-18. Sistem veto ini dianggap telah melumpuhkan pemerintahan Persemakmuran.

Selain sejm umum yang diadakan secara berkala, terdapat pula tiga jenis sejm khusus pada masa ketika raja masih dipilih semenjak tahun 1573, yaitu sejm penghimpunan, pemilihan dan pemahkotaan. Sejm ini bertanggung jawab atas proses pemilihan raja selama periode interregnum (antar raja). Secara keseluruhan, terdapat 173 pertemuan sejm dari tahun 1569 hingga 1793.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Seimas Abiejų Tautų Respublikoje (XVI–XVIII a.)" (dalam bahasa Lituavi). Seimas. Diakses tanggal 2015-12-30.