Seimas Keharyapatihan Lituania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Seimas (Sejm, Sojm, bahasa Belarus: Сойм) adalah parlemen Keharyapatihan Lituania yang aktif dari tahun 1445 hingga 1569. Parlemen ini secara resmi dibubarkan oleh kesepakatan Uni Lublin.[1] Seimas adalah pertemuan bangsawan-bangsawan Lituania yang diadakan secara tidak berkala. Pertemuan hanya dihimpunkan apabila dibutuhkan oleh Haryapatih atau pada periode antar raja. Pertemuan biasanya berlangsung selama satu atau dua minggu. Seimas secara perlahan berubah dari pertemuan bangsawan-bangsawan yang paling kuat menjadi institusi legislatif yang mewakili semua bangsawan.[2] Seimas bukan badan politik utama di Keharyapatihan Lituania. Parlemen ini dibubarkan setelah Uni Lublin mendirikan negara baru, Persemakmuran Polandia-Lituania, dan menggabungkan Seimas Lituania dengan Sejm Kerajaan Polandia menjadi Sejm Persemakmuran Polandia-Lituania. Namun, pertemuan Seimas masih diadakan dengan nama Penghimpunan Lituania. Secara keseluruhan telah diadakan 40 pertemuan Seimas dan 37 Penghimpunan.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Lietuvos Didžiosios Kunigaikštystės parlamentas (XV-XVIIIa.)" (dalam bahasa Lituavi). Seimas. Diakses tanggal 2008-09-02. 
  2. ^ Andriulis, Vytautas; Maksimaitis, Mindaugas; Pakalniškis, Vytautas; Pečkaitis, Justinas Sigitas; Šenavičius, Antanas (2002). Lietuvos teisės istorija (dalam bahasa Lituavi). Vilnius: Justitia. hlm. 128–129. ISBN 9986-567-81-5.