Final Fantasy Tactics Advance

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Final Fantasy Tactics Advance
Desain muka versi Amerika Utara
Pengembang Square Co., Ltd./Square Enix
Penerbit
Square Co., Ltd. (Jepang)
Nintendo (Amerika Utara)
Square Enix (Eropa)
Platform Game Boy Advance
Tanggal rilis
14 Februari 2003 (Jepang)
8 September 2003 (Amerika Utara)
24 Oktober 2003 (Eropa)
Genre Tactical role-playing game
Mode Single player, multiplayer
Rating ESRB: Everyone
PEGI: 3+
USK: 6+
OFLC: G8+
Media digital/distribusi 128 megabit cartridge

Final Fantasy Tactics Advance adalah sebuah permainan video strategi yang diproduksi oleh Square Enix untuk Nintendo Game Boy Advance. Permainan ini adalah sebuah spinoff dari seri permainan populer Final Fantasy, namun bukan sequel dari permainan 1997 Final Fantasy Tactics (walau memiliki beberapa kemiripan).

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Final Fantasy Tactics Advance bercerita tentang Marche (walau nama ini dapat diubah oleh pemain), Mewt, Ritz, dan Doned; empat anak yang hidup di sebuah kota kecil bernama St. Ivalice (nama yang sama dengan permainan pendahulunya Final Fantasy Tactics di PlayStation). Anak-anak ini menemukan diri mereka dipindahkan ke sebuah alam dengan nama yang sama dengan kota mereka ("Ivalice") setelah menemukan sebuah buku ajaib kuno. Alam Ivalice yang magis ini tampaknya merupakan manifestasi Mewt terhadap permainan "Final Fantasy", yang sering dimainkan keempat anak ini..

Permainan ini adalah sebuah RPG strategi di mana pemain membentuk sebuah klan dari karakter-karakter individual, dan mengendalikan aksi mereka dalam pertarungan dan aksinya di dalam permainan. Fokus yang kuat terdapat pada kebebasan pemain, dengan keleluasaan penuh untuk menentukan kelas, kemampuan dan statistik para karakter (namun tentu tetap dalam peraturan permainan).

Bagi banyak orang, jalan cerita dan tampilan permainan terkesan ceria, walau popularitas permainan ini merentang dari anak-anak sampai pemain dewasa. Walau banyak elemen dalam Final Fantasy Tactics Advance memiliki kesamaan dengan "saudaranya" di versi PlayStation, judul ini memperkenalkan sistem peraturan yang baru.

Final Fantasy Tactics Advance kadang disebut Tactics Advance atau hanya Tactics, meskipun yang terakhir bisa menyebabkan kebingungan dengan permainan Final Fantasy Tactics yang memilki nama sama. Permainan ini juga umum disingkat menjadi FFTA.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]