Tifa Lockhart

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tifa Lockhart
Informasi
Alias tifa

Tifa Lockhart (ティファ・ロックハート Tifa Rokkuhāto?), atau Tifa Lockheart, adalah seorang tokoh video game dari game PlayStation Final Fantasy VII. Dia adalah seorang ahli beladiri dan mengandalkan pukulannya sebagai senjata. Dalam buku petunjuk Final Fantasy VII menyatakan bahwa dia berumur 20 tahun dan tinggi 5' 5" (sekitar 160 cm). Di versi Bahasa Inggris dari Kingdom Hearts II dan Final Fantasy VII: Advent Children, pengisi suaranya adalah Rachael Leigh Cook. Di ketiga versi Jepangnya (termasuk Dirge of Cerberus), pengisi suaranya adalah Ayumi Ito. Bersama Cloud, dia membangun sebuah bar yang diberi nama 7th Heaven.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tifa adalah seorang wanita yang cantik, dengan rambut hitam-panjang dan matanya yang berwarna cokelat. Dia juga selalu ceria dan bersemangat. Tapi ia sedikit pemalu; walaupun ia mencintai Cloud, ia enggan mengakuinya. Sifatnya yang lemah lembut dan rela berkorban untuk orang lain membuatnya memiliki banyak teman. Dia juga memiliki kekuatan dan tehnik beladiri yang mengagumkan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Tifa anak pertama dari 3 bersaudara Aulia Dan Angel Semasa kecilnya, ia tinggal bersebelahan dengan Cloud di kota Nibelheim. Tetapi hubungan mereka kurang begitu dekat walaupun mereka saling mengenal.

Ketika dia berumur 8 tahun, ibunya meninggal. Karena ia meyakini bahwa roh ibunya pergi melalui gunung Nibel, ia pun berusaha mendaki gunung tersebut bersama ketiga teman dekatnya, dan tanpa disadari Tifa, Cloud mengikuti mereka di belakang.

Namun, ketiga teman Tifa merasa takut dan pulang, meninggalkan Tifa sendirian. Tifa tak peduli dan tetap melanjutkan perjalannannya, begitu juga dengan Cloud, dengan hati-hati dia membuntuti Tifa. Malang, perjalanan mereka harus terhenti ketika Tifa terpeleset dijembatan gantung. Cloud berusaha menolongnya, namun gagal, malahan ia pun terpeleset dari jembatan.

Mereka selamat dari kecelakaan tersebut. Cloud hanya mengalami luka ringan, tetapi tidak dengan Tifa, ia mengalami koma selama semingggu. Ayah Tifa yang marah malah menyalahkan Cloud atas kejadian ini. Karenanya, hubungan Tifa dan Cloud pun semakin menjauh. Cloud marah kepada dirinya sendiri, ia merasa terlalu lemah dan malu karena tidak bisa menyelamatkan Tifa.

Pada umur 14 tahun, Cloud pamit kepada Tifa karena dia akan meninggalkan Nibelheim dan pergi ke Midgar untuk bergabung dengan SOLDIER. Ia bergabung agar menjadi lebih kuat (belakangan diketahui bahwa alasan utama dia bergabung dengan SOLDIER karena ia ingin membuat Tifa terkesan). Berita ini membuat Tifa terkejut sekaligus membuatnya kecewa; Tifa pun segera memaksa Cloud untuk berjanji, jika dia dalam bahaya, Cloud harus datang menolongnya.

Ketika musim semi tiba, Cloud berangkat meninggalkan Midgar. Walaupun Tifa tidak terlalu dekat dengan Cloud, Tifa merasakan kerinduan yang mendalam terhadap Cloud; dia selalu memikirkan Cloud, berharap Cloud sudah mendapatkan mimpinya, dan terus mencari berita tentang keberadaan Cloud.

Setahun kemudian, Tifa ditugaskan sebagai penunjuk jalan bagi grup inspeksi SOLDIER yang akan menginspeksi reaktor mako di gunung Nibel. Grup ini terdiri dari 'SOLDIER kelas 1' Sephiroth dan Zack, serta 2 orang Polisi Militer yang salah satunya, yang awalnya tidak diketahui Tifa, adalah Cloud. Setelah inspeksi, grup tersebut kembali ke kota, dan Sephiroth pergi ke gedung bawah tanah Shinra dan membaca hasil penelitian yang ditulis oleh Professor Gast dan Hojo. Apa yang dia temukan membuatnya berubah (lebih lengkapnya lihat Sephiroth. Ia marah dan secara tiba-tiba menyerang Nibelheim dan membunuh penduduknya.

Ketika mengetahui bahwa kotanya dihancurkan Sephiroth, Tifa mengejarnya sampai ke reaktor Mako. Namun ia malah menemukan ayahnya tewas ditangan Sephiroth. Tifa marah dan menyerang Sephiroth, tetapi ia gagal membunuhnya, bahkan ia terluka terkena sabetan pedang dalam usahanya membunuh Sephiroth.

Beberapa saat kemudian, Cloud masuk kedalam reaktor untuk mencari Sephiroth, Zack dan Tifa. Di dalam, ia menemukan Zack sudah terluka parah dan Tifa tak sadarkan diri. Karena marah, Cloud berusaha menikam Sephiroth dari belakang, kemudian membawa Tifa keluar. Zangan kemudian muncul dan memberikan pertolongan pertama untuk Tifa.

Dari Nibelheim, Zangan membawa Tifa ke Midgar untuk mendapatkan perawatan yang lebih serius. Setelah Tifa sembuh, ia mendirikan sebuah bar yang ia beri nama Seventh Heaven (Surga ke-7) di sektor 7 kota midgar. Di bar inilah dia bertemu dengan Barret Wallace, pemimpin grup pemberontak AVALANCHE. Ia bergabung dengan grup ini dengan tujuan membalas dendam kepada Shinra dengan apa yang mereka perbuat di Nibelheim.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]