Sephiroth (Final Fantasy VII)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sephiroth
Informasi
AliasS
Cosplay Sephiroth

Sephiroth (セフィロス, Sefirosu) adalah tokoh antagonis utama di dalam game RPG buatan Squaresoft Final Fantasy VII. Dia adalah tokoh jahat yang paling terkenal dalam seri Final Fantasy, dan pernah muncul di game lain, Ehrgeiz, Kingdom Hearts, Kingdom Hearts II dan Itadaki Street Special. Dalam kompilasi dari Final Fantasy VII, Sephiroth juga muncul di game ponsel Before Crisis: Final Fantasy VII, flm animasi Final Fantasy VII: Advent Children dan midkuel OVA Last Order: Final Fantasy VII. Penampilannya didesain oleh Tetsuya Nomura, dan namanya berasal dari Kabbalah, yang dimana sepuluh sephiroth di Pohon Kehidupan menunjukkan aspek-aspek Dewa yang berbeda.

Di Jepang, pengisi suara Sephiroth adalah Shinichiro Miki di Ehrgeiz dan Toshiyuki Morikawa di Advent Children. Di Kingdom Hearts versi Inggris, pengisi suaranya adalah Lance Bass dari 'N Sync, sebuah keputusan yang mengundang respon negatif dari beberapa fans. Di versi Inggris Advent Children dan Kingdom Hearts II, pengisi suaranya adalah George Newbern.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Sephiroth merupakan anak kandung dari Professor Hojo dan Lucretia. Pada saat lahir, dia sudah memiliki kekuatan supranatural yang membuatnya berbeda dengan anak-anak lain. Hal ini disebabkan karena sel Jenova yang diinjeksikan ke dalam tubuh Lucretia saat dia mengandung Sephiroth oleh Professor Hojo. Namun setelah Sephiroth lahir, Hojo membawa kabur anaknya itu dan meninggalkan Lucretia begitu saja. Sephiroth hanya mengetahui bahwa nama ibunya adalah Jenova

Beberapa tahun kemudian Sephiroth masuk SOLDIER dan menjadi prajurit disana. Dalam waktu yang singkat Sephiroth menjadi prajurit SOLDIER terkuat di sejarah Shinra dengan kekuatan dan keterampilannya yang luar biasa. Kemampuan bertarung Sephiroth paling popular saat perang antara Shinra dan Wutai, dimana dia berperan sangat penting dalam memastikan kemenangan Shinra dan menjadi pahlawan popular di dunia dan idol bagi banyak sekali laki-laki di dunia, yang ingin menjadi SOLDIER untuk dapat menjadi pahlawan seperti Sephiroth.

Walaupun begitu, Sephiroth hanya dekat pada dua anggota SOLDIER Class First lainnya: Genesis Rhapsodos dan Angeal Hewley. Mereka berdua sering berlatih untuk mengasah kemampuan tapi walaupun Sephiroth menganggap itu hanya sebagai latihan normal, Genesis menganggap latihan sebagai kesempatan untuk mengalahkan Sephiroth. Akhirnya, kedua bertarung dahsyat dan duel di dominasi oleh Sephiroth sampai Angeal datang. Akan tetapi, Genesis menderita luka karena dia mencoba bertarung lagi dan lukanya tidak sembuh dan Sephiroth menawarkan darah untuk temannya tapi tidak kompatibel. Akhirnya, Genesis dan Angeal dua-duanya mengkhianati Shinra dan Sephiroth menyadari hal ini setelah perang dengan Wutai berakhir, dimana dia menyelamatkan Zack, murid Angeal, dari Ifrit, dan menyadari Genesis sedang mengunakan copy teknologi untuk berperang dengan Shinra.

Karena masih menganggap mereka dua sahabat, Sephiroth tidak tega untuk memburu dan membunuh mereka dengan tangannya sendiri dan dia pun menjadi dekat dengan Zack karena hanya mereka yang tidak mau menuruti perintah Shinra untuk membunuh Angeal dan Genesis dan mereka berdua pun berusaha menyelamatkan kedua mantan SOLDIER itu. Sephiroth, yang telah mengetahui tentang Project G, mencoba menyelidiki cara untuk menyembuhkan kondisi mereka berdua. Sayangnya. Sephiroth tidak berhasil sebelum Zack akhirnya dipaksa untuk menghabisi Genesis dan Angeal.

Kemudian dia diberi misi untuk memeriksa Mako Reactor yang ada di Nibelheim bersama dengan Zack dan Cloud yang pada waktu itu Cloud hanya seorang prajurit Shinra. Setibanya di Nibelheim, Sephiroth memulai pemeriksaan dipandu oleh teman masa kecil Cloud, Tifa. Di dalam Mako Reactor, Sephiroth sangan terkejut ketika mengetahui bahwa di dalam ada suatu ruangan bertuliskan Jenova dan tabung-tabung berisikan monster percobaan Shinra. Dari situlah Sephiroth mulai menganggap bahwa dirinya juga bukanlah manusia, melainkan hanya hasil percobaan Shinra. Setelah kejadian itu Sephiroth mengurung dirinya di dalam sebuah mansion tua Shinra yang ada di kota Nibelheim. Sephiroth membaca semua buku yang ada di perpustakaan mansion itu selama berhari-hari.

Setelah dia membaca semua buku itu, akhirnya dia menjadi "gila" karena pengaruh sel Jenova dan menganggap bahwa dirinya adalah salah satu dari kaum Cetra. Dia juga menganggap bahwa umat manusialah yang menyebabkan punahnya kaum Cetra dan hanya sang "ibu" Jenova yang berhak untuk menguasai planet. Dengan keyakinannya itu dia akhirnya membakar kota Nibelheim dan pergi menuju Reactor untuk bertemu sang "ibu".

Beberapa penduduk yang selamat memburu Sephiroth, termasuk Tifa dan ayahnya. Saat tiba di Reactor, Tifa menemukan ayahnya yang tewas dan pedang Sephiroth, Masamune, di sisi tubuhnya. Tifa langsung mencabut pedang itu dan berusaha menyerang Sephiroth dari belakang. Sayangnya usaha itu sia-sia dan Tifa tergeletak tak berdaya. Dan akhirnya Sephiroth bertemu dengan sang "ibu" Jenova. Saat itu Zack yang menyusul Sephiroth melihat Tifa tergeletak. Zack yang marah besar pun menantang Sephiroth tapi sayangnya, Sephiroth terlalu kuat dan berhasil menghajar Zack sampai tidak bisa bertarung. Untungnya Cloud yang juga menyusul menusuk Sephiroth dari belakang. Walaupun Zack sudah tidak bisa bertarung, Sephiroth mengalami luka parah dan Cloud mencoba mengalahkan Sephiroth lagi tapi Sephiroth tetap jauh lebih kuat dari Cloud dan berhasil menusuk Cloud dengan Masamune. Tiba-tiba Cloud yang marah dan benci besar pada Sephiroth karena telah membunuh ibunya berhasil mengerahkan kekuatan yang cukup untuk mengalahkan Sephiroth.

Pemunculan Lain[sunting | sunting sumber]

Sephiroth juga hadir di dalam game Kingdom Hearts dan Kingdom Hearts II sebagai Boss pilihan. Dalam pemunculannya di serial Kingdom Hearts, Sephiroth mengalami beberapa perubahan pada model bajunya, ditambah pula dengan satu sayap di sebelah kanan punggungnya, tetapi tetap dengan pedangnya Masamune. Dalam Kingdom Hearts pemain bisa melawan Sephiroth di Platinum Cup di Olympus Coliseum. Sedangkan dalam Kingdom Hearts II pemain bisa melawannya setelah Hollow Bastion berganti nama menjadi Radiant Garden di area "Dark Dephts".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]