Yuffie Kisaragi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yuffie Kisaragi
Yuffie Kisaragi karya Tetsuya Nomura
Peran Pemburu Materia
Ninja
Senjata Shuriken, Pisau, Bumerang, Origami
Tanggal Lahir 20 November
Tempat Lahir Wutai
Umur 16 (di Final Fantasy VII)
18 (di Advent Children)
Tinggi 160 cm
Golongan Darah A

Yuffie Kisaragi (ユフィ・キサラギ Yufi Kisaragi?) adalah seorang tokoh video game dari game PlayStation Final Fantasy VII. Dia adalah seorang ninja dan juga seorang pencuri, yang menggunakan sebuah shuriken besar sebagai senjatanya. Dalam buku petunjuk Final Fantasy VII menyatakan bahwa dia berumur 16 tahun dan tinggi 5' 3" (160 cm). Yuffie muncul di film animasi grafis komputer Final Fantasy VII: Advent Children, game ponsel Before Crisis: Final Fantasy VII, game PlayStation 2 Dirge of Cerberus: Final Fantasy VII dan seri Kingdom Hearts. Dia juga muncul sebagai tokoh rahasia di game PlayStation Ehrgeiz. Di versi Inggris dari Kingdom Hearts dan Final Fantasy VII: Advent Children, pengisi suaranya adalah Christy Carlson Romano, sedangkan di versi Amerika dari Kingdom Hearts II dan juga versi Amerika dari Dirge Of Cerberus, pengisi suaranya adalah Mae Whitman. Di ketiga versi Jepangnya (termasuk Dirge of Cerberus), pengisi suaranya adalah Yumi Kakazu.

Aspek Umum[sunting | sunting sumber]

Yuffie mengenakan perlengkapan yang tampak seperti baju tradisional Wutai, sebuah kampung halaman berkultur Asia, khususnya Jepang. Yuffie adalah seorang kunoichi yang pilihan senjatanya berupa sebuah shuriken besar. Dia juga penderita mabuk kendaraan, yang mengundang kesan humor di sepanjang game serta di Advent Children.

Limit Break[sunting | sunting sumber]

  1. Greased Lightning - Yuffie mengayunkan senjatanya, kemudian melompat kebelakang dan melemparkannya secara normal.
  2. Clear Tranquil - Yuffie memanggil bola cahaya yang berwarna biru yang mengelilingi anggota, menyembuhkan cukup banyak HP.
  3. Landscaper - Yuffie memukul permukaan tanah, menyebabkan gempa yang melukai semua musuh.
  4. Bloodfest - Seri beruntun dari blade-wings yang mengenai musuh secara acak yang diakhiri dengan sebuah tebasan. Menyebabkan kerusakan beruntun bagi lawan.
  5. Gauntlet - Cahaya biru yang dipanggil dari tanah, menyerang semua lawan.
  6. Doom of the Living - Versi lebih lama dan lebih intensif dari Bloodfest. Menyebabkan kerusakan beruntun bagi lawan.
  7. All Creation - Yuffie mengumpulkan energi disekilingnya menjadi sebuah bola cahaya yang berputar didepannya, yang ditembakkan kearah musuh. Kerusakan maksimal yang bisa dicapai adalah 9999 dan hanya menyerang sekali.

Kompilasi Final Fantasy VII[sunting | sunting sumber]

Yuffie muncul di hampir semua seri kompilasi Final Fantasy VII, termasuk kemunculan perdananya di Final Fantasy VII.

Before Crisis: Final Fantasy VII[sunting | sunting sumber]

Yuffie bertemu dengan Turks ketika mereka berada di Wutai. Setelah berpisah dengan Midgar, figur pemimpin Wutai, Godo Kisaragi, ayah Yuffie, mulai mengubah kampung halaman mereka menjadi sebuah tempat wisata bagi orang luar. Kondisi semacam ini tidaklah cocok bagi Yuffie yang kadang-kadang mencuri Materia para petualang dan wisatawan yang tidak waspada.

Final Fantasy VII[sunting | sunting sumber]

Salah satu dari tokoh rahasia di Final Fantasy VII, Yuffie bertemu dengan Cloud di hutan mana saja, setelah keluar dari gua dekat Fort Condor. Jika pemain mengalahkannya dalam pertarungan dan memilih pilihan dialog yang benar selama percakapan dengannya, dia akan ikut dalam anggota. Satu jawaban salah saja akan membuatnya mencuri beberapa gil milik anggota dan melarikan diri. Yuffie sangat bersemangat dan bandel, dan bisa menjadi pintar dalam waktu bersamaan. Walaupun dia memanggil dirinya sebagai pemburu Materia, kenyatannya, dia adalah seorang pencuri Materia.

Saat Cloud dan teman-teman yang lainnya berusaha menghentikan Meteor dengan cara mengalahkan Sephiroth di Kawah Utara, Yuffie membantu Vincent mengevakuasi penduduk Midgar.

Yuffie di FF7AC

Final Fantasy VII: Advent Children[sunting | sunting sumber]

Yuffie menitipkan semua Materia miliknya pada Cloud. Walaupun begitu, saat mengetahui bahwa ada penjahat yang mencuri semua Materia tersebut, Yuffie datang ke Edge dengan kapal terbang Sierra untuk ikut membantu melawan Bahamut Sin. Dia terpaksa melihat pertarungan Cloud melawan Kadaj(dan juga Sephiroth) dari dalam Sierra.

Ninja Misterius alias Yuffie

Dirge of Cerberus: Final Fantasy VII[sunting | sunting sumber]

Setelah kejadian di Advent Children, Yuffie bergabung dengan World Restoration Organization (WRO) yang didirikan oleh Reeve Tuesti sebagai anggota divisi intelegen. Awal kemunculannya dimulai dari menolong nyawa Vincent dari tangan Rosso. Dalam game ini Yuffie juga memberi nuansa humor untuk mengimbangi karakter Vincent yang berwatak serius dan tidak memiliki selera humor.

Penampilan lain[sunting | sunting sumber]

Seri Kingdom Hearts[sunting | sunting sumber]

Di Kingdom Hearts, Yuffie pertama kali terlihat berada di Traverse Town setelah pertarungan antara Sora melawan Leon. Bersama dengannya, Cid dan Aerith Gainsborough, dia bertarung untuk mengalahkan Heartless yang menghancurkan dunia mereka ketika dia masih kecil. Dia menyebut dirinya sebagai "Great Ninja Yuffie". Yuffie juga muncul di Olympus Coliseum dengan pertarungan pilihan dengan Leon atau sendirian.

Di Kingdom Hearts: Chain of Memories, Sora bertemu Yuffie, yang sebenarnya merupakan proyeksi dari ingatannya. Seperti yang lainnya di Traverse Town, dia kebingungan saat dia berhasil mengenali Sora, walaupun kenyataannya dia tidak pernah bertemu. Saat "Yuffie" sedang dipusingkan oleh dilemma ini, tapi dia tidak terlalu memikirkannya, dia tetap banyak membantu Sora seperti halnya dirinya di waktu yang sebenarnya.

Di Kingdom Hearts II, Yuffie membantu Leon dan yang lainnya sebagai bagian dari Hollow Bastion Restoration Committee, yang berkonsentrasi dalam pemulihan dunia mereka. Pakaiannya dalam game lebih mencerminkan baju "Advent Children"-nya. Dia kembali membantu Sora untuk melawan Heartless. Dia menolong Sora di Ravine Trail, dan muncul di Olympus Coliseum dengan tokoh-tokoh Final Fantasy lainnya, terutama Leon. Dalam pertempuran dia menggunakan Shuriken-nya beserta kemampuan bela diri secara eksklusif daripada tehnik Ninja yang dia gunakan di FFVII.

Ehrgeiz[sunting | sunting sumber]

Yuffie tokoh yang dapat dimainkan di versi PlayStation dari Ehrgeiz bersama dengan Tifa, Cloud, Sephiroth, Vincent dan Zack, walaupun — seperti tokoh Final Fantasy VII yang muncul dalam game ini — dia tidak mempunyai jalan cerita di game ini.

Itadaki Street Portable[sunting | sunting sumber]

Yuffie membuat kemunculan pertamanya di seri Itadaki Street di Itadaki Street Portable yang akan datang untuk PSP bersama dengan Cloud, Aerith, Tifa dan Sephiroth sebagai tokoh Final Fantasy VII yang dapat dimainkan.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Yuffie adalah salah satu dari sedikit karakter Asia utama dari Final Fantasy VII.
  • Yuffie muncul di Kingdom Hearts dalam sebuah pakaian yang sebetulnya didesain untuk Rikku. Di Kingdom Hearts II, dia muncul dengan pakaian Advent Children, bersama dengan pita pink di shuriken-nya, sebagaimana ditampilkan di Dirge of Cerberus dan Advent Children.
  • Yuffie adalah satu-satunya karakter yang diperlihatkan pernah mencium Cloud selama date minigame di Final Fantasy VII.
  • Pengisi suara Yuffie (Yumi Kakazu) sudah diterapkan sejak Ehrgeiz.
  • Yuffie memiliki dua lagu tema karakter di Dirge of Cerberus: "Mysterious Ninja" dan "Ninja Girl from Wutai".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]