Final Fantasy: Brave Exvius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Final Fantasy: Brave Exvius
Final Fantasy Brave Exvius Logo.jpg
Pengembanggumi Inc.
PenerbitSquare Enix
PengarahEiji Takahashi
ProduserHisatoshi Hayakashi
Hiroki Fujimoto
PenulisYukinori Kitajima
Nanako Saito
Komponis musikNoriyasu Agematsu
SerialFinal Fantasy
PlatformiOS, Android
Tanggal rilisJP 20151022Oktober 22, 2015
WW 20160629Juni 29, 2016
GenrePermainan peran
ModePemain tunggal

Final Fantasy: Brave Exvius (ファイナルファンタジー ブレイブエクスヴィアス, Fainaru Fantajī Bureibu Ekusuvuiasu) adalah sebuah permainan telepon pintar dengan gaya permainan peran yang dikembangkan oleh A-Lim dan diterbitkan oleh Square Enix untuk perangkat iOS dan Android.[1] Spinoff dari seri Final Fantasy ini adalah proyek kolaborasi permainan pertama yang dilakukan oleh Square Enix dan A-Lim, yaitu pengembang dari permainan Brave Frontier, dan permainan ini menggunakan unsur-unsur dari permainan tersebut.

Gaya Permainan[sunting | sunting sumber]

Brave Exvius adalah permainan peran yang menggabungkan unsur-unsur dalam permainan Final Fantasy dan Brave Frontier. Sistem pertarungannya sama seperti Brave Frontier, yaitu menggunakan antarmuka pengguna yang simpel di mana pemain dapat memerintahkan karakternya untuk menyerang dengan menekan karakter yang diinginkan, sedangkan serangan spesial atau menggunakan item dapat dilakukan dengan menggeser layar sentuh pada ikon perintah yang diinginkan. Pemain bertualang pada tiap stage sampai mengalahkan semua musuh dan bos pada stage tersebut untuk mendapatkan exp, crafting material dan gil.

Permainan ini juga menggunakan unsur dalam seri permainan Final Fantasy seperti ilmu sihir, limit break yang spesifik untuk tiap karakter, dan summon monster. Sistem gacha dalam permainan ini memperbolehkan pemain untuk mendapatkan karakter dari tiap seri Final Fantasy secara acak, dan dari karakter tersebut pemain dapat membuat party yang terdiri dari lima orang. Dalam permainan ini terdapat fitur baru yang berbeda dari permainan Brave Frontier di mana pemain dapat berpetualang mengelilingi kota atau dungeon dengan kontrol khas permainan peran, yang memungkinkan pemain untuk berbicara dan berinteraksi dengan NPC, dan terkadang NPC akan memberikan misi kepada pemain untuk diselesaikan. Saat bertualang dalam dungeon pemain juga dapat berkeliling untuk menyelesaikan misi atau mendapatkan lebih banyak item.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Di dunia yang berisikan fantasi terdapat dua kekuatan yang seimbang, yaitu Vision dan Lapis. Vision adalah perwujudan dari pemikiran dan perasaan manusia, sedangkan Lapis adalah tempat di mana penggunaan kristal sihir beriringan dengan visi dunia. Dengan kekuatan ini manusia berkembang dengan sangat pesat dan dunia menjadi sejahtera. Namun, semua itu hanyalah kedamaian yang palsu, dan kegelapan akhirnya melahap cahaya. Saat Lapis jatuh dalam kehancurannya sendiri, dua prajurit yang berani berjuang melawan kegelapan dengan kekuatan Vision demi membawa kedamaian di dunia ini.

Cerita berpusat pada Rain, ksatria muda dari Kerajaan Grandshelt. Ia menjadi ksatria atas usahanya sendiri, namun ia selalu merasa dibayangi oleh ayahnya sendiri, Sir Reagan. Dia bersama teman masa kecilnya Lasswell bertualang menggunakan balon udara dan bertemu dengan seorang wanita muda yang terperangkap dalam kristal dan meminta bantuan kepada mereka. Wanita itu membawa mereka ke Kuil Tanah di mana Kristal Tanah sedang diserang oleh Veritas, Penguasa Kegelapan, yang mengaku sebagai salah satu dari Sworn Six of Paradia. Tujuan sebenarnya dari penguasa kegelapan belum diketahui, namun sepertinya ia ingin mengakhiri dunia dengan menghancurkan semua kristal yang ada. Meskipun Rain dan Lasswell belum pernah mendengar Veritas dan organisasinya, namun ia terbukti sebagai musuh yang tangguh yang dapat menghancurkan Kristal Tanah meskipun harus melawan mereka berdua. Dengan bantuan seorang wanita muda yang terperangkap dalam kristal, Fina, mereka bertekad untuk mengejar Veritas dan menghentikan kehancuran dunia.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Final Fantasy: Brave Exvius mempunyai lima karakter utama yang berperan dalam cerita permainan ini, terdapat pula karakter-karakter dari berbagai seri Final Fantasy yang dapat diganti atau ditukar sesuai dengan keinginan pemain.[2]

  • Rain, seorang ksatria dari Kerajaan Grandshelt. Walaupun masih muda ia memiliki pemikiran yang dewasa, ia dipercayakan untuk menjadi pilot balon udara pada umur delapan belas tahun. Ia memiliki kepercayaan yang teguh kepada raja dan bangsanya, sebagian besar karena reputasi ayahnya sebagai seorang ksatria pendukung kerajaan.
  • Lasswell, seorang ksatria dari Kerajaan Grandshelt, ia membagi kepemimpinan atas balon udara bersama teman masa kecilnya Rain. Kemampuannya seimbang dengan Rain, dari kesungguhannya ia mendapatkan kepercayaan dari semua orang. Namun, ia memiliki kecenderungan untuk terseret dalam masalah Rain dibandingkan mengikuti penilaiannya sendiri.
  • Fina, seorang wanita muda yang tidak mengingat apapun kecuali namanya sendiri. Karena tidak memiliki pengetahuan yang luas ia cenderung untuk bertindak polos dan penasaran seperti anak kecil. Dia sangat mahir dengan sihir putih dan memanah, namun ia tidak dapat memberitahu di mana ia mendapatkan kemampuan tersebut.
  • Lid, seorang insinyur balon udara dari Dirnado. Sejak kecil Lid selalu menghabiskan waktu bersama orang tuanya bermain dengan mesin di bengkel, itulah yang membuatnya ahli dalam menangani mesin. Dia juga sangat percaya bahwa ia akan menjadi orang yang mewarisi nama Cid, sebuah kehormatan yang diberikan kepada insinyur yang paling hebat. Kelemahan terbesar dari Lid adalah uang, ia sangat menyukai uang.
  • Nichol, seorang ahli strategi militer untuk Federasi Olderion, dan salah satu dari Wardens of the Waters, yang bertugas untuk melindungi Kuil Air untuk beberapa generasi. Dedikasi yang dimilikinya membuat ia harus mengabaikan perasaannya sendiri. Ia tidak pernah berbasa-basi dan dianggap sebagai orang yang sinis.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini pertama kali diumumkan di Final Fantasy Live Event di Tokyo bersamaan dengan Final Fantasy Legends: Toki no Suishō dan Final Fantasy Portal App. Eiji Takahashi dan Hisatoshi Hayakashi dari Brave Frontier yang akan menjadi pengarah dan produser untuk permainan ini,[3] sementara Noriyasu Agematsu yang akan menjadi komposer musik. Ilustrasi karakter akan dikerjakan oleh Yoshitaka Amano, dahulu ia adalah orang yang mengerjakan ilustrasi dari Final Fantasy.[4] Pada 26 Agustus 2015 beta test dilakukan untuk versi Android oleh beberapa pemain yang telah mendaftarkan akunnya di website Square Enix Jepang.[5] Versi global dengan bahasa inggris dirilis pada Mei 2016, dan info lainnya akan diungkapkan saat E3 expo 2016.[6]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini mendapatkan skor 73 di Metacritic.[7] Permainan telepon pintar seperti Final Fantasy: Brave Exvius telah membantu Square Enix mendapatkan keuntungan di tahun 2015 dalam genre permainan telepon pintar.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Toshi Nakamura (2014-11-20). "Here Come New Final Fantasys for Your Smartphones". Kotaku. Diakses tanggal 2016-11-27. 
  2. ^ "Final Fantasy: Brave Exvius Official Site". Square Enix. Diakses tanggal 2016-11-27. 
  3. ^ Sato (2014-11-19). "Final Fantasy: Brave Exvius Looks Like Brave Frontier, With More Focus On Story". Siliconera. Diakses tanggal 2016-11-27. 
  4. ^ Joseph Luster (2014-11-19). "Free-to-Play "Final Fantasy: Brave Exvius" Coming to Smartphones". Crunchyroll. Diakses tanggal 2016-11-27. 
  5. ^ Sato (2015-08-26). "Final Fantasy: Brave Exvius' Beta Test For Android Starts Today". Siliconera. Diakses tanggal 2016-11-27. 
  6. ^ "Final Fantasy: Brave Exvius Smartphone Game Heads West This Summer". Anime News Network. 2016-05-17. Diakses tanggal 2016-11-28. 
  7. ^ "Final Fantasy: Brave Exvius iOS". Metacritic. Diakses tanggal 2016-11-28. 
  8. ^ Mike Williams (2016-05-02). "Square Enix Wins on Mobile and PC, As Consoles See a "Solid Start"". US Gamer. Diakses tanggal 2016-11-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]