Fast Five

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fast Five
Fast Five poster.jpg
Poster promo
SutradaraJustin Lin
ProduserNeal H. Moritz
Vin Diesel
Michael Fottrell
PenulisChris Morgan
Didasarkan
dari
Characters
oleh Gary Scott Thompson
PemeranVin Diesel
Paul Walker
Jordana Brewster
Dwayne Johnson
Penata musikBrian Tyler
SinematograferStephen F. Windon
PenyuntingKelly Matsumoto
Fred Raskin
Christian Wagner
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
Bendera Australia 20 April 2011 (2011-4-20)


Bendera Amerika Serikat 29 April 2011 (2011-4-29)


Bendera Indonesia 12 Agustus 2011 (2011-8-12)
Durasi130 minutes[1]
Negara Amerika Serikat
 Puerto Riko
 Brasil
BahasaInggris
Anggaran$125 juta[2]
Pendapatan
kotor
$605.437.675[3]

Fast Five (juga dikenal dengan Fast & Furious 5[1] atau FF 5[4]) adalah sebuah film action buatan tahun 2011 yang ceritanya ditulis oleh Chris Morgan dan disutradarai oleh Justin Lin. Film ini merupakan edisi kelima dari seri film The Fast and the Furious. Film ini dibintangi oleh Vin Diesel, Paul Walker, Jordana Brewster dan Dwayne Johnson. Dirilis pertama kali di Australia tanggal 20 April 2011 kemudian diikuti dengan Amerika Serikat tanggal 29 April 2011. Film ini bercerita tentang Brian O'Conner (Walker), Dominic Toretto (Diesel) dan Mia Toretto (Brewster) yang berencana untuk mencuri harta senilai 100 juta dolar AS dari seorang pebisnis korup Hernan Reyes (Joaquim de Almeida). Selain itu, mereka juga dikejar oleh agen DSS AS Luke Hobbs (Johnson).

Fast Five memperoleh hasil yang sukses, berhasil memecahkan rekor box office, dan juga berhasil melewati rekor film sebelumnya, Fast & Furious (2009). Sampai tanggal 15 Agustus 2011, film ini telah meraup pendapatan kotor sebesar 605 juta dolas AS.

Film ini pernah mulai ditayangkan di bioskop Indonesia pada tanggal 12 Agustus 2011.

Alur[sunting | sunting sumber]

Saat dominic torreto sedang dipindahkan ke rumah tahanan lompoc menggunakan bus, saudarinya, mia torreto dan brian o'conner berhasil menyerang bus tersebut dan membebaskan dominic torreto, ketiganya pun menjadi buronan dan melarikan dir ke Rio de Janeiro, saat menunggu kedatangan Dom, Mia dan Brian bergabung dengan teman lama mereka Vince dan beberapa orang lain dalam rencana merampok mobil disebuah gerbong kereta api, setibanya di kereta api yang dituju, Mia dan Brian melihat bahwa beberapa agen dari US Drug Enforcement Administration(DEA)]] juga ada disana, dan mobil di gerbong sebenarnya adalah mobil yang disita, saat Dom tiba bersama dengan komplotan lainnya, diapun menyadari bahwa sebenarnya pemimpin rombongan, Zizi, hanya mengincar satu mobil yaitu mobil Ford GT40, curiga ada yang tak beres, Dom pun menyuruh Mia pergi membawa mobil tersebut ke tempat persembunyian mereka dan Dom, bersama dengan Brian melawan komplotan Zizi, dalam perkelahian mereka tidak sengaja membunuh agen DEA yang ada di kereta api, Dom dan Brian berhasil melarikan diri namun mereka tertangkap oleh Herman Reyes, pengusaha dan bos kriminal paling berkuasa di Rio de Janeiro, serta bos dari Zizi, Dom dan Brian dibawa ke tempat mereka dan diintrogasi, namun untuk kesekian kalinya, dua jagoan tersebut berhasil melawan balik dan kabur ketempat persembunyian mereka.

Saat Brian, Dom dan Mia menggeledah mobil tersebut, mereka memergoki Vince ada disana dan mencoba mencabut Chip komputer Mobil, dia mengaku ingin menjual Chip tersebut kepada Reyes untuk keuntungannya sendiri, Dom pun marah dan menyuruh Vince pergi, namun Vince pun balik memarahi Dom karena Dom tidak mendengarkakan Dia (Vince) yang sebelumnya sudah memperingatkan kalau Brian sebenarnya adalah polisi yang menyamar dan hal itulah yang membuat hidup mereka berantakan dan berujung pada kematian Letty, Brian pun menyelidiki Chip tersebut dan mendapati bahwa chip itu berisi informasi mengenai data finansial dari bisnis kotor Reyes, termasuk lokasi uang tunai sebanyak US$100 ribu.


Agen Diplomatic Security Service(DSS Luke Hobbs dan timnya tiba di Rio de Janeiro dalam misi menangkap Dom dan Teman temannya, dibantu oleh seorang polisi lokal bernama Elena Neves, merekapun pergi menyerang tempat persembunyian Dom namun ternyata tempat tersebut sudah lebih dahulu diserang oleh Zizi dan geng nya, Dom, Mia dan Brian berhasil melarikan diri dari Pasukan Hoobs dan geng Zizi, Don menyarankan untuk berpencar namun Mia memberitahu Dom bahwa dia mengandung anak Brian, Dom pun setuju untuk tetap bersama dan mereka berencana merampok uang Reyes dan menggunakannya untuk memulai hidup baru, merekapun membentuk Tim baru dengan merekrut Han, Gisele, Roman,Tej, Leo dan Santos, dan Vince pun ikut bergabung bersama rombongan setelah menyelamatkan Mia dari orang kiriman Reyes. Karena uang tersebut tersebar di sepuluh lokasi berbeda (yang berarti, masing2 berisi US$10 juta) maka Dom dan gengnya pun merampok salah satu lokasi dan membakar uang US$10 juta (yang sebenarnya adalah palsu,dan uang aslinya sudah diambil oleh Dom dan gengnya) dihadapan orang orang Reyes yang ada disana dan mengancam akan merampok lagi,Berita mengenai perampokan itu sampai ke telinga Reyes, yang akhirnya mengumpulkan semua uang yang tersisa dan mengamankan nya di lokasi baru, Markas Kepolisian Rio de Janeiro. Dom pun menggunakan uang yang dirampok sebelumnya untuk membeli perlengkapan yang akan digunakan dalam aksi mereka selanjutnya.

Namun, Hobbs dan pasukannya berhasil menemukan tempat persembunyian Dom dan menangkap mereka (Kecuali Han, tej, Gisele, Leo dan Santos yang tidak ada disana karena mereka menjalankan tahap pertama dalam rencana perampokan). Merekapun dibawa ke bandara untuk diekstradisi ke Amerika Serikat namun dalam perjalanan mereka disergap oleh orang bayaran Reyes , seluruh anggota Hobbs gugur dalam penyergapan namun Dom, Brian dan Vince melawan orang kiriman Reyes dan menyelamatkan Hobbs. Setelah kembali ketempat persembunyian para anggota Tim Dom yang tersisa menyarankan untuk pergi dari kota Rio, tetapi Dom tetap bersikeras untuk melanjutkan rencana perampokan, Hobbs yang ingin membalas kematian rekannya setuju untuk bergabung dalam usaha perampokan.

Dom dan Tim nya menerobos markas Kepolisian dan mengaitkan brangkas uang Reyes ke mobil mereka menggunakan Tali baja dan menyeretnya disepanjang jalann Rio de Janeiro sembari dikejar oleh seluruh polisi, sesampainya dijalan bebas hambatan Dom pun melepas tali pengait mobil Brian sambil menyuruhnya pergi, Dom pun berbalik dan menggunakan bragkas yang masih terikat untuk menghancurkan mobil polisi yang mengejar, termasuk diantaranya mobil milik Reyes yang turut serta dalam pengejaran,Reyes yang keluar dalam keadaan terluka parah akhirnya ditembak oleh Hobbs yang sampai ke lokasi kejadian, Hobbs pun memberi Dom waktu 24 jam untuk pergi sebelum dia mengejar mereka kembali dengan syarat brangkas harus tetap tinggal, Dom pun meninggalkan brangkas tersebut dan pergi, disaat Hobbs membukanya ternyata isinya kosong, karena Dom dan Brian sebenarnya sudah menukar brangkas asli yang berisi uang dengan brangkas palsu yang kosong saat mereka dikejar polisi ada pengejaran sebelumnya, sekembalinya ketempat persembunyian Dom dan Timnya oun membagi hasil rampokan dan merekapun berpisah, dimana Dom dan Brian pergi ke sebuah pulau tropis dimana mereka memutuskan balapan bersama untuk terakhir kalinya.

Pada adegan mid credit scene, Hobbs yang sedang duduk dikantornya diberikan berkas berisi informasi mengenai sebuah pembajakan terhadap konvoi militer di Berlin, didalam berkas tersebut terlihat bahwa salah satu pelaku adalah Letty, kekasih Dom yang diperkirakan sudah tewas

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Seorang kriminal yang profesional dan seorang pembalap jalanan. Diesel dilaporkan dibayar 15 juta dolar untuk berperan dan memproduksi film ini.
Seorang mantan FBI yang berubah menjadi kriminal. Ia menjalin hubungan dengan Mia Toretto. Walker banyak melakukan adegan stuntnya sendiri di film ini.[5]
Seorang agen diplomatik khusus yang ditugaskan untuk menangkap Toretto dan kawan-kawannya.
Saudara perempuan Dom sekaligus pacar dari Brian O'Conner.
teman kecil Brian. Gibson mengatakan kalau ia bergabung di film ini tanggal 30 Juni 2010, kembali memerankan perannya dari film sebelumnya 2 Fast 2 Furious.
teman Brian dan Roman dari Miami. Ludacris mengumumkan kalau ia bergabung di film ini tanggal 12 Juli 2010 ketika ia sampai di Puerto Riko untuk memulai pengambilan gambar.[6]
teman masa kecil Dom. Sebelumnya sudah pernah tampil di film pertama, Schulze dikonfirmasikan bergabung di film ini tanggal 16 Juli 2010.
Pembalap jalanan dan partner bisnis Dom di Republik Dominika.
Mantan agen Mossad dan kekasih Han. Gadot harus bisa mengendarai motor Ducati di film ini.
Seorang gembong narkoba yang menjadi penguasa kota Rio de Janiero. Almeida dinyatakan bergabung di film ini berperan sebagai Hernan Reyes tanggal 16 Juli 2010.
Seorang polisi wanita yang bekerja dengan tim Hobbs. Pataky dinyatakan bergabung di film ini tanggal 16 Juli 2010.

Tokoh lainnya yang ada di film ini adalah penyanyi Puerto Riko Tego Calderon dan Don Omar yang berperan sebagai Tego Leo and Rico Santos, juga anggota tim Toretto. Michael Irby memerankan tangan kanan Reyes Zizi.[5] Alimi Ballard, Fernando Chien, Yorgo Constantine, dan Geoff Meedy memerankan anggota dari tim Hobbs: Fusco, Wilkes, Chato, dan Macroy. Michelle Rodriguez muncul di foto sebagai Leticia Ortiz, pacar Dom yang sebelumnya diberitahukan meninggal di Fast & Furious. Eva Mendes muncul di akhir sebagai cameo memerankan agen FBI Monica Fuentes, kembali memerankan perannya dari 2 Fast 2 Furious.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Fast Five". bbfc.co.uk. British Board of Film Classification. April 13, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-04. Diakses tanggal August 1, 2011. 
  2. ^ "Fast Five". The-Numbers. Nash Information Services, LLC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-05. Diakses tanggal 2012-06-16. 
  3. ^ "Fast Five". Box Office Mojo. Amazon.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-12-14. Diakses tanggal October 5, 2011. 
  4. ^ "Fast Five Becomes Fast & Furious 5: Rio Heist and Picks Up New Poster". Scannain. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-04. Diakses tanggal 2011-08-15. 
  5. ^ a b "Fast Five" (PDF). Official Fast Five website. Universal Pictures. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2011-08-08. Diakses tanggal March 5, 2012. 
  6. ^ "This Fast Five Movie Is Getting Ludacris". Latino Review. July 12, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 5, 2011. Diakses tanggal March 9, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]