Encyclopaedia Judaica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Encyclopedia Judaica)

Encyclopaedia Judaica adalah suatu ensiklopedia dalam bahasa Inggris berjumlah 26 volume mengenai orang Yahudi dan Yudaisme. Mencakup berbagai area dunia dan kebudayaan Yahudi, termasuk sejarah Yahudi dalam sepanjang masa, budaya, hari-hari raya Yahudi, bahasa Ibrani, kitab suci, dan ajaran agama. Sejak tahun 2010 telah diterbitkan dalam dua edisi ditambah dengan sejumlah revisi.

Edisi bahasa Inggris Judaica juga diterbitkan dalam bentuk CD-ROM. Versi CD-ROM telah dikembangkan dengan paling sedikit 100.000 pranala dan beberapa feature lain, seperti video, slide show, peta, musik dan pelafalan bahasa Ibrani. Versi CD-ROM masih tersedia, meskipun penerbitnya tidak lagi memproduksi.[1]

Ensiklopedia ini ditulis oleh kalangan spesialis profesional Israel, Amerika dan Eropa.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Encyclopaedia Judaica edisi bahasa Inggris pertama kalinya diterbitkan pada tahun 1971–1972 dalam 16 volume, di Yerusalem oleh Keter Publishing House, dan di New York oleh Macmillan Company.

Edisi kedua[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 2003, Thomson Gale mengumumkan perolehan hak penerbitan untuk edisi kedua Encyclopaedia Judaica, mengharapkan penerbitan pada bulan Desember 2006 di bawah salah satu imprint-nya, Macmillan Reference USA. Karya dengan jumlah 22 volume diterbitkan pada tanggal 30 Desember 2006 dan dirilis pada bulan Januari 2007.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brill Academic Publishers Note: There may be issues of compatibility with hardware and software. See user reviews [1]
  2. ^ "Encyclopaedia Judaica eBook version". Gale. Macmillan Reference USA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-19. Diakses tanggal 25 September 2013. 

Pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]