Elisabeth dari Bayern (1227-1273)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Elisabeth dari Bayern
Elisabeth von Bayern (1227–1273).jpg
Segel Elisabeth dari Bayern
Permaisuri Jerman
Permaisuri Yerusalem
Periode1 September 1246 – 21 Mei 1254
Permaisuri Sisilia
Periode13 Desember 1250 – 21 Mei 1254
Lahirskt. 1227
Puri Trausnitz, Landshut, Bayern
Wafat9 Oktober 1273 (usia 45–46)
Puri Goyen, Scena, Tirol
Pemakaman
Biara Stams
WangsaWangsa Wittelsbach
AyahOtto II, Adipati Bayern
IbuPutri Agnes
PasanganKonrad IV dari Jerman
Meinhard II dari Kärnten
AnakKonradin
Elisabeth dari Gorizia-Tirol
Otto III dari Kärnten
Heinrich dari Kärnten
AgamaKatolik Roma

Elisabeth dari Bayern (skt. 1227 1227 – 9 Oktober 1273), berasal dari Wangsa Wittelsbach, merupakan seorang permaisuri Jerman dari tahun 1246 hingga 1254 oleh pernikahannya dengan Raja Konrad III dari Jerman.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Dia dilahirkan di Kastil trausnitz di Landshut, putri sulung Otto II, Adipati Bayern dan istrinya Putri Agnes, dirinya sendiri adalah putri comte pfalz Welf, Heinrich V dan Agnes dari Hohenstaufen.

Otto II menggantikan ayahandanya Ludwig I sebagai adipati Bayern dan sebagai Comte palatinus pada tahun 1231. Dalam konflik antara kaisar Hohenstaufen, Friedrich II dan Kuria Roma, ia awalnya memihak paus, tetapi menjadi pendukung Friedrich pada tahun 1241. Otto II awalnya menjodohkan Elisabeth dengan Adipati Friedrich II dari Austria, tetapi, aliansi politik baru akan mengarah pada pernikahan putri sulung Wittelsbach dan putra sulung Hohenstaufen, Konrad IV. Upacara pernikahan berlangsung pada tanggal 1 September 1246, mungkin di Vohburg, Bayern, melawan protes sengit utusan paus, Albert von Behaim.

Konrad IV mewarisi gelar Raja Yerusalem dari ibundanya Yolande de Brienne. Ditunjuk sebagai Adipati Schwaben pada tahun 1235, ia terpilih sebagai Raja Romawi pada tahun 1237 untuk mewakili ayahandanya di negara-negara Jermannya. Setelah kematian Friedrich pada tanggal 13 Desember 1250, masih terlibat dalam perang melawan Paus Innosensius IV dan sekutu-sekutunya, dia juga menggantikannya sebagai Raja Sisilia. Dia akan melanjutkan perang dan berangkat ke Sisilia pada tahun 1251, meninggalkan istrinya di belakang, yang melahirkan anak tunggal mereka Konradin pada bulan Maret tahun depan. Pada tanggal 21 Mei 1254 Konrad IV meninggal karena malaria di kamp tentaranya di Lavello, Basilicata, tanpa pernah melihat putranya.

Selama interregnum setelah kematian Kaisar Friedrich II, Elisabeth mencoba untuk mendapatkan hak-hak putra kecilnya Konradin, yang didukung oleh saudara-saudaranya, adipati Bayern, Heinrich XIII dan Ludwig II. Pada tahun 1256 Elisabeth harus menyaksikan eksekusi istri Ludwig, Maria dari Brabant, dimana dia memberi Konradin kepada Keuskupan Konstanz untuk perawatan dan pendidikan. Ditawan oleh Paus Aleksander VI, ia setuju untuk menunjuk pamanda Konradin, Manfred, putra haram Friedrich, wali penguasa di Kerajaan Sisilia atas nama putranya. Namun, dia tidak bisa mencegah pemilihan Richard dari Cornwall sebagai Raja Romawi pada tahun 1256/57.

Elisabeth tetap menjadi janda selama lima tahun. Pada tanggal 6 Oktober 1259 di München, ia menikah dengan suami keduanya Comte Meinhard II dari Görz–Tirol, yang berasal dari Meinhardiner, yang menjadi Adipati Kärnten pada tahun 1286. Suami keduanya, yang baru saja dibebaskan dari tahanan oleh Uskup agung Philipp dari Spanheim, memiliki status inferior dan sekitar sepuluh tahun lebih muda darinya, tetapi domain Tirolnya terdiri dari gunung penting yang strategis melintasi Alpen ke Italia. Pasangan itu dikaruniai enam orang anak yang masih hidup.

Patung Meinhard dan Elisabeth, Biara Stams

Hubungan Elisabeth dengan putra sulungnya Konradin tetap dipertahankan. Ketika Carlo dari Anjou mengalahkan Manfredi dari Sisilia di Pertempuran Benevento pada tahun 1266, saudaranya Ludwig dan suaminya Meinhard mendorong keputusan Konradin untuk pergi kampanye. Pada bulan Agustus 1267, ibu dan putra bertemu untuk terakhir kalinya di Puri Hohenschwangau sebelum Konradin berangkat ke Italia, bersama dengan pamanda dan ayah tirinya, yang betapapun meninggalkannya di Verona. Setelah Elisabeth mendengar kekalahan dan eksekusinya pada tahun 1268, ia memiliki Gereja Santa Maria del Carmine didirikan di Napoli untuk mengenangnya. Pada tahun 1272 ia mendirikan biara Sistersien Stams di Tirol, bersama dengan suaminya Meinhard, di mana ia juga dimakamkan.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Elisabeth dan Konrad hanya memiliki seorang putra:

  • Konradin (25 Maret 1252 – 29 Oktober 1268).

Elisabet dan suami keduanya Meinhard memiliki enam orang anak:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Elisabeth dari Bayern
Lahir: skt. 1227 Wafat: 9 Oktober 1273
Gelar penyandang kekuasaan
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Maria Komneni
Permaisuri Yerusalem
1 September 1246 – 21 Mei 1254
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Isabella dari Ibelin
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Isabella dari Inggris
Permaisuri Jerman
(resminya Ratu Romawi)

1 September 1246 – 21 Mei 1254
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Gertrud dari Hohenberg
Permaisuri Sisilia
13 Desember 1250 – 21 Mei 1254
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Eleni Angelina Doukaina