Heinrich dari Kärnten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jindřich Korutanský
Lambang Jindřich Korutanský, Adipati Kärnten, 1303
Raja Bohemia dan (tituler) Polandia
Berkuasa1306
PendahuluVaclav III Přemyslid
PenerusRudolph I dari Habsburg
Raja Bohemia dan (tituler) Polandia
Berkuasa3/4 Juli 1307 – 31 Agustus 1310
PendahuluRudolf I dari Habsburg
PenerusJohann dari Bohemia
Adipati Kärnten
Berkuasa1 November 1295 – 2 April 1335
PendahuluMeinhard II
PenerusAlbrecht II
Comte Tirol
Berkuasa1 November 1295 – 2 April 1335
PendahuluMeinhard II
PenerusMargarete dan Johann Heinrich dari Luksemburg
Informasi pribadi
Kelahiransekitar tahun 1265
Kematian2 April 1335 (usia 70)
Kastil Tirol
Pemakaman
Stams Abbey
WangsaGorizia-Tirol
AyahMeinhard II dari Gorizia-Tirol
IbuElisabeth, Ratu Jerman
PasanganAnna Přemyslovna
Adelaide dari Brunswick-Lüneburg
Beatrice dari Savoia

Heinrich dari Kärnten (Jerman: Heinrich von Kärnten, Ceska: Jindřich Korutanský, skt. 1265 – 2 April 1335) berasal dari Wangsa Meinhardiner merupakan Raja Bohemia, Markgraf Moravia dan Raja Polandia pada tahun 1306 dan sekali lagi dari tahun 1307 sampai tahun 1310, juga sebagai Comte Tirol dan Adipati Kärnten dan Carniola dari tahun 1295 sampai kematiannya.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Heinrich merupakan putra Meinhard II dari Gorizia-Tirol dan Elisabeth, Ratu Jerman, putri Adipati Otto II Wittelsbach. Ayahandanya memberikannya wilayah Kärnten dan Tirol, yang semula dipimpin olehnya bersama-sama dengan saudara-saudaranya Otto III dan Louis, sampai ia hidup lebih lama dari mereka. Ia mengamankan posisinya dengan mendukung saudara iparnya, Adipati Austria Albrecht I dari Habsburg, yang mengalahkan saingannya Adolf dari Nassau pada tahun 1298 Pertempuran Göllheim dan ditunjuk sebagai Raja Romawi pada tahun yang sama.

Namun perselisihan dengan Wangsa Habsburg meningkat ketika pada tahun 1306 Heinrich menikahi Anna Přemyslovna, putri mendiang Raja Wenceslaus II dari Bohemia. Sebagai pemimpin Přemyslid yang terakhir, Vaclav III tewas terbunuh pada tahun yang sama, saudara iparnya ditunjuk sebagai Raja Bohemia dan tituler Raja Polandia (1307–1310) - menentang wasiat Raja Jerman Albrecht I dari Habsburg, yang ingin menempatkan putra sulungnya Rudolf I ke atas takhta Bohemia. Habsburg segera berkampanye di Bohemia, menduduki Praha dan menggulingkan Heinrich, yang harus menyerah pada kekuatan pasukan besar mereka.

Namun Rudolf tidak pernah diterima oleh bangsawan Bohemia, dan setelah ia meninggal pada tanggal 4 Juli 1307, Heinrich terpilih kembali sebagai Raja Bohemia pada tanggal 15 Agustus. Ancaman dari Wangsa Habsburg berantakan dengan pembunuhan Raja Albrecht I pada tahun 1308; akan tetapi, pemerintahan Heinrich tidak stabil dan raja Jerman yang baru, Heinrich VII dari Luksemburg juga memiliki rasa tamak akan Kerajaan Bohemia. Pada tahun 1310 ia mengatur pernikahan putra sulungnya Johann dari Bohemia dengan Elizabeth, adik perempuan mendiang Raja Vaclav III. Didukung oleh para bangsawan setempat dan ayahandanya, Johann berkampanye di Bohemia dan menggulingkan Heinrich untuk kedua kalinya. Johann dimahkotai sebagai raja pada tahun berikutnya, Heinrich dan Anna terpaksa mengundurkan diri ke Kärnten.

Heinrich berhasil menahan wilayah Kärnten dan Tirol oleh berekonsiliasi dengan Wangsa Habsburg. Bersikeras dengan gelar "Raja Bohemia" dan melibatkan martabat pemilih, ia ambil bagian pada tahun 1314 pemilihan rex Romanorum, memungut suara untuk Habsburg Friedrich yang Tampan. Haknya untuk memilih merupakan salah satu alasan hasil ambigu, karena saingan Heinrich memberi suara Bohemia kepada Ludwig IV dari Wittelsbach. Heinrich kemudian membantu mengatur penyelesaian damai di antara para pesaing tersebut

Pernikahan & Keturunan[sunting | sunting sumber]

Heinrich menikah sebanyak tiga kali:

Pada tahun 1306, ia menikahi Anna Přemyslovna (1290–1313). Pernikahan ini tidak menghasilkan keturunan.

Pada tahun 1313, ia menikahi Adelaide dari Brunswick (1285–1320), putri Heinrich I dari Brunswick-Lüneburg. Pernikahan ini menghasilkan dua orang putri:

  1. Adelaide (1317–25 Mei 1325).
  2. Margaret "Maultasch" (1318–3 Oktober 1369, Wina), Comtesse Tirol dari tahun 1335 sampai 1363.

Pada tahun 1327, ia menikahi Beatrice (1310–1331), putri Comte Amadeus V. Pernikahan ini tidak menghasilkan keturunan.

Heinrich juga berekonsiliasi dengan Wangsa Luksemburg dan pada tahun 1330 menikahkan putrinya Margarete dengan putra Raja Johann Johann Heinrich. Karena ia merupakan keturunan laki-laki terakhir wangsa Tirol Meinhardiner, ia berupaya untuk mempertahankan wilayah mereka, tetapi akhirnya gagal. Meskipun Kaisar Ludwig IV, sebagai balasan atas campur tangan Heinrich di dalam perselisihan dengan Friedrich yang Tampan, menjaminnya pada tahun 1330 bahwa putrinya dapat menggantikannya, Ludwig mengingkari janjinya di dalam sebuah perjanjian rahasia dengan Wangsa Habsburg pada tahun yang sama. Setelah kematian Heinrich pada tahun 1335, Adipati Austria Albrecht II dari Habsburg dan saudaranya Otto IV mengambil alih kekuasaan di Kärnten dan Carniola. Putri Heinrich hanya dapat menggantikannya di Tirol, tetapi pada tahun 1363 harus menyerahkan wilayahnya kepada putra Albrecht II Rudolf IV pula.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Meinhard II
Adipati Kärnten
Markgraf Carniola

1295–1335
Bersama dengan: Otto III dan Ludwig
Diteruskan oleh:
Albrecht II dan
Otto IV
Provinsi Tirol
1295–1335
Bersama dengan: Otto III dan Ludwig
Diteruskan oleh:
Margarete
Didahului oleh:
Vaclav III
Raja Bohemia
1306
Diteruskan oleh:
Rudolf I
Didahului oleh:
Rudolf I
Raja Bohemia
1307–1310
Diteruskan oleh:
Heinrich