Albert IV dari Tirol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Albert IV
Comte Tirol
PasanganUta dariFrontenhausen-Lechsgemünd
Keluarga bangsawanWangsa Tirol
BapakHeinrich I dari Tirol
IbuAgnes dari Wangen
Lahirskt. 1180
Meninggal22 Juli 1253
PemakamanStams

Albert IV (atau Albert III, tergantung pada skema penghitungan; skt. 1180 - 22 September 1253) merupakan seorang Comte Tirol dari tahun 1202 sampai kematiannya, ia merupakan anggota terakhir Wangsa Tirol. Ia juga menjabat sebagai Vogt di keuskupan Trent dan Brixen.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Albert adalah putra Heinrich I (meninggal 14 Juni 1190) dan Agnes dari Wangen, putri Comte Adalbero I. Ia masih kecil ketika ayahandanya meninggal pada tahun 1190, dan hanya mulai memerintah secara mandiri pada tahun 1202. Ia menjadi ahli waris jabatan Vogt di Trent dari ayahandanya; Pada tahun 1210, Uskup Konrad juga melantiknya sebagai Vogt di Brixen.

Ketika pada tahun 1209 beberapa Comte Andechs-Merania dicekal atas dugaan keterlibatan mereka di dalam pembunuhan raja Hohenstaufen, Philipp dari Swabia di dalam pernikahan Adipati Otto I dari Merania di Bamberg, Albert mengambil alih hak-hak kedaulatan mereka di lembah-lembah Inn, Wipp, Eisack, dan Gader. Membentuk Provinis Tirol yang mandiri, ia menguatkan posisinya dengan cepat dengan mengakui supremasi yang tak tertandingi, saingan Philipp, dari Wangsa Guelf, kaisar Otto II. Setelah Kaisar Otto meninggal pada tahun 1218, ia kembali beralih pihak dan menjadi pendukung setia penguasa Hohenstaufen, Frederick II. Pada tahun 1217 ia dan Uskup Bertold dari Brixen bergabung di dalam perang Salib Kelima.

Albert tidak memiliki putra, sehingga ia memastikan putri-putrinya sebagai ahli warisnya. Pada tahu 1234 ia menikahkan putrinya Elisabeth (meninggal tahun 1256) kepada adipati Otto II dari Merania dari Andechs dan putrinya yang lain, Adelaide (meninggal tahun 1279), dengan Comte Meinhard dari Gorizia-Tirol, yang menyimpulkan kontrak warisan bersama dengan kedua menantunya. Sebagai hasilnya, Albert memperoleh harta Tirol yang dipegang oleh Otto II dari Merania setelah kematiannya pada tahun 1248 dan juga dapat merebut tanah-tanah comte yang punah di Eppan pada tahun yang sama.

Di dalam sebuah kontroversi sengit setelah pemecatan Kaisar Friedrich II oleh Paus Innosensius IV pada tahun 1245, Albert tetap menjadi protagonis dari partai kerajaan dan mengambil kesempatan itu untuk menyerang wilayah gerejawi Pemilih Uskup Philipp dari Salzburg. Namun pada tahun 1252, Albert dan menantunya, Meinhard ditawan di Greifenburg oleh pasukan gabungan Philipp dan ayahandanya Adipati Bernard dari Spanheim. Ditawan di Friesach, mereka tidak dibebaskan sampai bulan Desember, setelah mereka menyerahkan harta-harta penting di Kärnten Hulu, dan membayar uang tebusan yang besar dan menyerahkan dua putra Meinhard sebagai sandera.

Albert IV meninggal pada tahun berikutnya dan dimakamkan di Stams. Warisannya pada awalnya dibagi di antara kedua menantunya, Meinhard dan Comte Gebhard IV Hischberg, suami kedua putrinya Elisabeth. Gebhard tidak memiliki keturunan, sehingga setelah kematiannya, putra Meinhard, Meinhard II menyatukan harta-harta Albert.

Selama hidupnya, Albert telah mencoba untuk menyatukan harta-hartanya di Tyrol ke dalam satu provinsi. Pada tahun 1254, entitas ini disebut dominium Tyrolis atau comecia Tyrolis.

Pernikahan dan Keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada sekitar tahun 1211 Albert menikahi Uta (meninggal tahun 1254), putri Comte Bayern Heinrich II dari Frontenhausen-Lechsgemünd (meninggal tahun 1208). Albert dan Uta memiliki dua putri:

  • Adelaide (skt. 1218 – 26 Mei 1279), menikah dengan Comte Meinhard I dari Gorizia (meninggal tahun 1258)
  • Elisabeth (skt. 1220 – 10 Oktober 1256), menikah dengan:
    1. Pada tahun 1239 dengan Adipati Otto II dari Andechs-Merania (meninggal 19 juni 1248)
    2. Pada tahun 1249, dengan Comte Gebhard IV Hirschberg (meninggal tahun 1275)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Albert IV dari Tirol
Wangsa Tirol
Lahir: skt. 1180 Wafat: 22 Juli 1253
Didahului oleh:
Heinrich I
Comte Tirol
1202-1253
Diteruskan oleh:
Meinhard I