Academy Awards ke-48

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Academy Awards ke-48
TanggalSenin, 29 Maret 1976
TempatDorothy Chandler Pavilion, Los Angeles
Pembawa acaraWalter Matthau, Robert Shaw, George Segal, Goldie Hawn, Gene Kelly
ProduserHoward W. Koch
Pengarah acaraMarty Pasetta
Sorotan
Film TerbaikOne Flew Over the Cuckoo's Nest
Penghargaan terbanyakOne Flew Over the Cuckoo's Nest (5)
Nominasi terbanyakOne Flew Over the Cuckoo's Nest (9)
Liputan televisi
JaringanABC
Durasi3 jam, 12 menit

Academy Awards ke-48 diadakan pada 29 Maret 1976 di Dorothy Chandler Pavilion, Los Angeles. Acara tersebut dipimpin oleh Walter Matthau, Robert Shaw, George Segal, Goldie Hawn, dan Gene Kelly. Pada tahun ini, ABC mengambil alih hak penyiaran dari NBC, dan melanjutkan penyiaran acara tersebut sampai sekarang.

One Flew Over the Cuckoo's Nest karya Miloš Forman menyapu bersih kategori-kategori utama: Best Picture, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Sutradara Terbaik dan Permainan Latar Terbaik (Diadaptasi). Film tersebut merupakan film kedua dari tiga film yang melakukan penyapuan bersih tersebut, setelah It Happened One Night pada 1934 dan The Silence of the Lambs pada 1991.

Aktris Prancis Isabelle Adjani meraih nominasi pertamanya untuk Aktris Terbaik pada tahun tersebut, membuat Adjani, yang berusia 20 tahun pada waktu itu, menjadi aktris termuda yang dinominasikan dalam kategori aktris utama, mengalahkan rekor yang dicetak oleh Elizabeth Hartman pada saat berusia 22 tahun pada 1967. Rekor tersebut kemudian dipatahkan oleh Keisha Castle-Hughes pada saat berusia 13 tahun pada 2004, dan kembali pada 2013 oleh Quvenzhane Wallis yang berusia 9 tahun. Adjani juga mempersembahkan penghargaan Penyuntingan Film Terbaik pada malam tersebut bersama dengan Gould yang memberikan lelucon Indiana pada saat presentasi tersebut.

Pada usia 80 tahun, George Burns menjadi peraih penghargaan Aktor Pendukung Terbaik dan akting tertua, sebuah rekor yang bertahan sampai Jessica Tandy memenangkan kategori Aktris Terbaik pada 1989. Untuk laki-laki, Burns digantikan oleh Christopher Plummer, yang memenangkan kategori Aktor Pendukung Terbaik pada 2012 untuk Beginners pada usia 82 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]