Daftar pemusik Katolik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Daftar pemusik Katolik adalah daftar orang-orang yang menampilkan atau menggubah musik Katolik, salah satu cabang dari musik gereja. Nama-namanya harus dibatasi hanya pada musisi-musisi yang aliran Katoliknya mempengaruhi musik mereka dan sebaiknya hanya mencantumkan musisi-musisi yang karya-karyanya pernah dibawakan secara liturgi dalam ibadah Katolik, atau yang tampil secara khusus dalam konteks keagamaan Katolik.

Tradisional dan himne[sunting | sunting sumber]

Komposer yang menulis musik sakral Katolik[sunting | sunting sumber]

Catatan: Istilah musik klasik telah digunakan secara luas untuk menggambarkan banyak era yang tidak sesuai dengan labelnya. Awalnya istilah ini secara spesifik berarti tahun 1730–1820 (Periode Klasik), namun untuk daftar ini periode dari Periode Barok hingga era modern akan dimasukkan dalam istilah ini. bagian. Hal ini karena musik Renaisans dan khususnya musik Abad Pertengahan di Barat cenderung didominasi oleh musik religi Katolik.

Sekolah Romawi[sunting | sunting sumber]

Sekolah Romawi adalah sekelompok komposer yang memiliki hubungan erat dengan Vatikan dan Konsili Trente. Banyak di antara mereka yang pernah atau menjadi imam. Meskipun sebagian besar karya mereka masih terlalu dini untuk disebutkan di sini, karya mereka bertahan hingga awal Barok. Giovanni Pierluigi da Palestrina umumnya dipandang sebagai anggota paling terkenal. Karena daftar anggota ada dalam artikel mengenai subjek tersebut, pengulangan nama di dalamnya biasanya harus dihindari, meskipun Palestrina cukup terkenal karena termasuk dalam keduanya.

Sekolah Klasik Abad 21[sunting | sunting sumber]

Ada sekolah komposer gereja yang kecil namun berkembang, yang mendukung kembalinya musik Katolik yang dapat disebut "klasik", menulis musik organ, paduan suara, dan vokal asli yang sering kali didasarkan pada Nyanyian Gregorian.

Abad kedua puluh dan musik kontemporer[sunting | sunting sumber]

Komposer dan artis populer[sunting | sunting sumber]

Musik Katolik kontemporer memiliki banyak bentuk, mulai dari himne modern hingga karya sakral yang diinkulturasi. Genre musik Katolik modern terus berkembang.

Musisi Katolik modern cenderung pada dua bentuk ekspresi utama: liturgi dan non-liturgi. Dalam konteks liturgi, musik dipertunjukkan dengan cara yang dimaksudkan untuk meningkatkan suasana spiritual dalam Misa liturgi, seperti pada hari Minggu Misa, Adorasi Ekaristi, atau Jalan Salib, dan diamanatkan untuk mengikutinya. tradisi musik dan ketetapan Gereja, seperti yang terdapat dalam Musicae Sacrae dan Tra le Sollecitudini untuk ritus Latin. Konteks non-liturgi, meskipun sangat bersifat peribadatan, biasanya berbentuk konser atau pertemuan tanpa kehadiran misa liturgi dan di luar Misa. Pengaturan non-liturgi terutama difokuskan pada pembangunan persekutuan Kristen dalam komunitas Katolik. Seniman non-liturgi mendapatkan kesempatan untuk membagikan iman mereka secara unik melalui lirik pribadi mereka, dan langsung kepada penonton di sela-sela lagu, dan pertemuan-pertemuan ini, karena ini bukan merupakan ritus Gereja, namun suatu bentuk devosi pribadi dan populer, bebas dari syarat-syarat liturgi yang menyertai tindakan ibadah yang khusyuk dalam suatu liturgi. Meskipun musisi Katolik cenderung menggunakan satu ekspresi dibandingkan ekspresi lainnya, banyak yang akan melayani kedua ekspresi tersebut dengan gaya musik yang sesuai untuk masing-masing ekspresi.

Komposer dan pemain populer berikut ini patut diperhatikan:

Seniman liturgi[sunting | sunting sumber]

Katolik kulit hitam[sunting | sunting sumber]
  • Pastor Clarence Rivers - perintis artis Gospel Katolik, dan salah satu orang pertama yang mengatur Misa dengan musik gospel.
  • Hamba Tuhan Thea Bowman - pembicara, penulis, dan artis rekaman yang mempelopori inkulturasi Katolik Kulit Hitam di Ujung Selatan dan di tempat lain. Membantu mengembangkan himne Katolik Hitam pertama dan satu-satunya, "Pimpin Aku, Bimbing Aku".
  • Uskup Agung James P. Lyke - ahli liturgi yang juga bekerja di himne LMGM.
  • Uskup Fernand J. Cheri III, OFM - uskup auksilier New Orleans dan direktur paduan suara dan ahli liturgi terkenal.

Seniman non-liturgi[sunting | sunting sumber]

Catatan: Unity Awards dimulai pada tahun 2001 dengan tujuan untuk menjadi setara dengan GMA Dove Awards bagi umat Katolik).[18] Dalam kasus tertentu, berikut ini yang menyebutkan pemenang penghargaan ini .

Artis hip-hop Katolik[sunting | sunting sumber]
  • Manchild - Rapper Katolik dari Georgia
  • Tau - Rapper Katolik dari Polandia
  • John Levi - Rapper Katolik dari Florida
Artis rock Katolik[sunting | sunting sumber]

Musik liturgi[sunting | sunting sumber]

Banyak komposer telah berkontribusi pada musik liturgi Katolik kontemporer yang terinspirasi dari musik pop, termasuk Marty Haugen, (seorang non-Katolik,) Dan Schutte, David Haas, Fr. Michael Joncas, dan St. Louis Jesuit. Untuk lebih jelasnya, lihat Musik liturgi Katolik kontemporer. Mayoritas Paroki Katolik Amerika sekarang menggunakan setidaknya sebagian dari gaya musik ini dalam liturgi mereka.[31] Tren terkini telah kembali ke musik resmi Gereja Katolik Roma, nyanyian Gregorian, dan musik yang baru dibuat berdasarkan atau terinspirasi olehnya, dan ke proyek liturgi seperti Chabanel Psalms atau Simple English Propers karya Adam bartlett.[32]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Iman Bapa Kami - Hanya Teks". Diakses tanggal 11 September 2017. 
  2. ^ -archive.org/ByComposer/Victoria.html "Kategori:Victoria, Tomás Luis de - IMSLP/Petrucci Perpustakaan Musik: Lembaran Musik Domain Publik Gratis" Periksa nilai |url= (bantuan). icking-music-archive.org. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  3. ^ Carter, Tim; Butt, John (22 Desember 2005). Sejarah Cambridge Musik Abad Ketujuh Belas. Cambridge University Press. ISBN 9780521792738 – via Google Buku. 
  4. ^ bibers-mystery-sonatas "Misteri Kegembiraan Kelima: 'Mystery Sonatas' Biber" Periksa nilai |url= (bantuan). www.news.va. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  5. ^ "Catholic Encyclopedia: Mario Luigi Carlo Zenobio Salvatore Cherubini". www.newadvent.org. 
  6. ^ org/cathen/06683b.htm "Ensiklopedia Katolik: Charles-Francois Gounod" Periksa nilai |url= (bantuan). www.newadvent.org. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  7. ^ "Laporan Kamis Concordia____________19 November 1998". ctr.concordia. ca. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  8. ^ "Category:Liszt, Franz - IMSLP/Petrucci Perpustakaan Musik: Gratis Lembaran Musik Domain Publik". imslp.org. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  9. ^ org/cathen/10538a.htm "Ensiklopedia Katolik: Claudio Monteverde" Periksa nilai |url= (bantuan). www.newadvent.org. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  10. ^ "Musician to Five Paus: Don Lorenzo Perosi (Katolik Seattle)". www.seattlecatholic.com. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  11. ^ "Catholic Encyclopedia: Joseph Gabriel Rheinberger". Diakses tanggal 11 September 2017. 
  12. ^ "Naxos". Diakses tanggal 11 September 2017. 
  13. ^ Pendamping Cambridge untuk Musik Paduan Suara. ISBN 9780521111737 – via Google Books. 
  14. ^ "Musik Suci dalam Krisis – wawancara Kardinal Bartolucci". Diakses tanggal 11 September 2017. 
  15. ^ "jesuits.ph". www.jesuits.ph. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  16. ^ -sj OCP
  17. ^ Pusat musik Australia
  18. ^ "Pemberian Unity Awards untuk menghormati musisi Katolik.(Culture, Et Cetera)". 17 November 2000. Diarsipkan dari 1G1-67048105.html versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). Diakses tanggal 11 September 2017. 
  19. ^ -preciso-52238 ovacao.pt "Após 10 anos de uma carreira recheada de grandes sucessos, com 6 CD's editados tendo dois deles atingido Platina, um Dupla Platina and outro Ouro, a Ovação tem o prazer de lançar um novo CD do Padre José Luis Borga, untuk Assinalar data penting ini."
  20. ^ "Ensino Magazine". historico .ensino.eu. Diakses tanggal 5 Maret 2019. 
  21. ^ "Spirit and Lagu". Diakses tanggal 11 September 2017. 
  22. ^ "Situs web Ceili Rain". Diakses tanggal 11 September 2017. 
  23. ^ .com/ucmva2/webpages/2004/awards/recipients/recipients2004listing_print.htm "Penghargaan Unity untuk tahun 2004" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Diarsipkan dari /webpages/2004/awards/recipients/recipients2004listing_print.htm versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 5 Februari 2013. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  24. ^ com/ Dana Diarsipkan 2011-09-26 di Wayback Machine.
  25. ^ Karl Rahner: Ein kleines Lied: Dalam Templat:Interbahasa link multi, Jg. 23 (1959), (hal.93-94); Cetak ulang sebagai kata penutup untuk Aimé Duval SJ: Chansons. Otto Müller Verlag, Salzburg 1959, (hlm.45-46).
  26. ^ "Heart Beat Records". www.ucmva.com. Diakses tanggal 11 September 2017. 
  27. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Unity Awards untuk 2004
  28. ^ Carlos & Minh Solorzano - anggota band Kristen interdenominasi Come Thirsty dari Tucson, AZ yang menandatangani kontrak dengan Tate Music Group. Keduanya juga bekerja sebagai guru Sekolah Katolik di Keuskupan Tucson. Saat tidak bekerja dengan Come Thirsty, Anda dapat terdengar menyanyikan Lagu Kebangsaan di berbagai acara olahraga sementara Carlos bekerja lepas sebagai drummer sesi dan sebagai komposer drum suku yang musiknya telah ditampilkan di VH1, MTV & E! Televisi Hiburan. Unity Awards 2006 //www.ucmva.com/ucmva2/webpages/2006/awards/recipients/recipients2006listing_print.htm Diarsipkan 2011-07-21 di Wayback Machine.
  29. ^ p/HV00SBFD Katalog Keagamaan EWTN
  30. ^ "Critical Mass - band rock Katolik Roma". www.criticalmassmusic .org. Diakses tanggal 16 Februari 2018. 
  31. ^ Pusat Liturgi, [1]
  32. ^ "Simple English Propers - Asosiasi Musik Gereja Amerika". musicasacra.com. Diakses tanggal 11 September 2017.