Domenico Bartolucci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
His Eminence Domenico Bartolucci
Cardinal-Deacon of Santissimi Nome di Gesù e Maria in Via Lata
Bartolucci11.jpg
Jabatan lain Director emeritus of the Sistine Chapel Choir
Tahbisan
Ditahbiskan 23 December 1939
oleh Elia Dalla Costa
Menjadi Kardinal 20 November 2010
oleh Pope Benedict XVI
Peringkat Cardinal-Deacon
Data Diri
Lahir (1917-05-07)7 Mei 1917
Borgo San Lorenzo, Italy[1]
Wafat 11 November 2013(2013-11-11) (umur 96)
Rome[2]
Kewarganegaraan Italian
Denominasi Roman Catholic
Moto Psallam Deo Meo
(I will sing to my God)
Lambang {{{coat_of_arms_alt}}}

Domenico Bartolucci (7 Mei 1917 – 11 November 2013) adalah seorang italia Kardinal dari Gereja Katolik. Dia adalah Direktur Emeritus of the Sistine Chapel Choir dan Accademia Nazionale di Santa Cecilia, dan diakui di bidang musik baik sebagai seorang direktur dan seorang komposer yang produktif. Dianggap salah satu yang paling otoritatif penafsir Giovanni Pierluigi da Palestrina, Bartolucci led Sistine Chapel Choir dalam pertunjukan di seluruh dunia, dan juga diarahkan banyak konser dengan Paduan suara dari Akademi Santa Cecilia, termasuk tur dari bekas Uni Soviet.

Bartolucci dan Sistine Chapel Choir[sunting | sunting sumber]

Ketika Perosi meninggal pada tahun 1956, Paus Pius XII memberikan Bartolucci posisi permanen direktur Kepausan Sistine Chapel Choir. Pada tahun 1997 Bartolucci digantikan di helm dari Kapel Sistina oleh Mgr. Giuseppe Liberto, peristiwa yang menimbulkan beberapa kontroversi dalam konteks musik liturgi. di Antara orang-orang yang paling menentang keputusan tersebut, termotivasi oleh Paus pemimpin Upacara Uskup agung Piero Marini, adalah Kardinal Joseph Ratzinger, yang, setelah ia menjadi Paus Benediktus XVI, ingat Bartolucci untuk langsung konser di Kapel Sistina pada tanggal 24 juni 2006, di mana ia menawarkan musik dari repertoar polifoni suci dari Giovanni Pierluigi da Palestrina bersama komposisi sendiri termasuk motet Oremus pro Pontifice Nostro Benedicto ("Mari kita berdoa untuk Paus Benediktus"), yang didedikasikan untuk Paus.

Penciptaan sebagai kardinal[sunting | sunting sumber]

Gelaran hormat kepada
Domenico Bartolucci
Coat of arms of Domenico Bartolucci.svg
Gaya referensi His Eminence
Gaya penyebutan Your Eminence
Informal style Kardinal
Lihat none

Pada 20 oktober 2010, Paus Benediktus XVI mengumumkan Monsignor Bartolucci janji ke College of Cardinals di konsistori yang dijadwalkan 20 oktober, mengakui-nya selama pelayanan-nya kepada Gereja di daerah suci gerejawi Gereja Katolik musik (musik yang digunakan dalam Gereja Katolik pokok perayaan liturgi, terutama Ekaristi – Massa, liturgi prosesi, ritual seperti pernikahan dan pemakaman, dan Adorasi Ekaristi dan Doa penutup. Ia diciptakan Kardinal-Diakon dari Santissimi Nomi di Gesù e Maria in Via Lata, biasanya disebut sebagai Gesù e Maria. Di ketinggian-nya, Bartolucci menjadi keempat anggota tertua dari Perguruan tinggi. Karena ia sudah berusia di atas 80, di bawah persyaratan dari Paus Paulus VI's 1970 motu proprio Ingravescentem aetatem, dia tidak pernah memenuhi syarat untuk memilih di masa depan konklaf Kepausan. Bartolucci itu dibebaskan dari persyaratan bahwa seorang kardinal menjadi atau menjadi seorang uskup.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Bartolucci meninggal pada 11 November 2013, pada usia 96. Misa pemakamannya berlangsung di Basilika Santo Petrus pada 13 November yang dipimpin oleh Angelo Sodano, Kepala Dewan Kardinal, dengan Paus Francis memimpin upacara penutup. Paus menyatakan Bartolucci sebagai "imam yang terhormat, komposer dan musisi terkenal, yang menjalankan pelayanannya yang panjang terutama melalui musik sakral, yang lahir dari iman dan mengungkapkan iman."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Catholic-Hierarchy.com, Domenico Cardinal Bartolucci". Diakses tanggal 21 November 2010. 
  2. ^ "Cardinals of the Holy Roman Church, Domenico Bartolucci". Diakses tanggal 11 November 2013.