Daftar karakter Cars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut ini adalah daftar karakter dari serial animasi Disney dan Pixar, Cars.

Peserta Piston Cup[sunting | sunting sumber]

Tim Rust-eze[sunting | sunting sumber]

Lightning McQueen[sunting | sunting sumber]

Lightning McQueen, adalah tokoh utama dalam film Cars. Pengisi suara tokoh ini diperankan oleh Owen Wilson. Desain mobilnya pun didasarkan pada desain mobil NASCAR asli.

Mack[sunting | sunting sumber]

Mack (disuarakan oleh John Ratzenberger) adalah sebuah truk Mack Super-Liner tahun 1985 yang memakai plat nomor "RUSTEZ3". Adalah anggota dari tim Rust-eze, yang bertugas untuk mengangkut McQueen dengan menggunakan trailer di setiap balapannya. Merupakan rekan tim McQueen yang paling loyal, karena tetap memilih bekerja walaupun seluruh anggota tim yang lain mengundurkan diri sebagai bentuk protes terhadap McQueen. Ia secara tidak sengaja menciptakan banyak kesulitan yang dialami oleh McQueen di sepanjang film.

McQueen memaksa Mack untuk mengemudi semalam suntuk untuk sampai di Los Angeles, tempat McQueen akan berbalap dengan Chick Hicks dan The King, walaupun hukum federal A.S telah mensyaratkan istirahat selama 10 jam per hari untuk para pengemudi truk[1] McQueen berharap agar ia dapat menjadi yang pertama sampai di Los Angeles untuk mengabiskan waktu bersama tim Dinoco. Sebagai hasilnya, Mack tertidur dan menyebabkan McQueen keluar dari trailer.

Mack juga bertindak sebagai satu-satunya kru pit untuk McQueen. Pada bagian akhir film, Mack juga ikut menonton "versi mobil" dari film-film Pixar sebelumnya (seperti Toy Car Story dan Monster Trucks, Inc.) di sebuah drive-in cinema di Radiator Spring. Ia berulang kali mengomentari karakter yang disuarakan oleh John Ratzenberger (termasuk Hamm, si truk babi [Toy Car Story] dan Abominable Snowplow [Monster Truck, Inc.]). Ia terus mengagumi mereka, sampai ia menyadari bahwa mereka semua disuarakan oleh orang yang sama.

"Ini adalah satu penghormatan untuk ayah saya... John Lasseter tahu bahwa ayah saya mengemudikan sebuah truk Mack dan itulah mengapa ia memberi saya karakter ini. Truk ini adalah salah satu cinta pertama saya karena saya terbiasa berkeliling dengan ayah saya menggunakan truk, dari waktu ke waktu."

— John Ratzenberger[2]

Harv[sunting | sunting sumber]

Harv adalah agen McQueen. Harv tidak pernah muncul dalam film, ia hanya terlihat berbicara dengan McQueen melalui telepon di truk.

Harv disuarakan oleh Jeremy Piven di versi Amerika dan oleh Jeremy Clarkson di versi Inggrisnya.

Rusty dan Dusty Rust-eze[sunting | sunting sumber]

Rust-eze Bersaudara, Rusty dan Dusty, adalah pemilik dan juru bicara dari Rust-Eze, tim yang mempekerjakan McQueen. Rusty adalah sebuah Dodge Dart tahun 1963 dan Dusty, adalah sebuah Dodge A100 tahun 1964. Rusty dan Dusty disuarakan oleh kakak-beradik sungguhan, yakni Tom dan Ray Magliozzi.

Tim Dinoco[sunting | sunting sumber]

Strip "The King" Weathers[sunting | sunting sumber]

Strip Weathers, atau lebih dikenal sebagai The King, adalah sebuah mobil balap senior yang disuarakan oleh veteran pembalap NASCAR, Richard Petty. Desain mobilnya juga disesuaikan dengan desain mobil Plymouth Superbird tahun 1970, yang didesain khusus untuk Petty, bahkan mobil tersebut memiliki warna dan nomor mobil yang sama, yakni warna biru muda dan nomor 43.[3]

Plymouth Superbird, mobil balap Richard Petty.

Ia adalah anak emas Dinoco, karena telah memenangkan tujuh Piston Cups (jumlah yang sama seperti yang telah dimenangkan oleh Petty di NASCAR). Ia juga pernah memberitahu Lightning McQueen untuk mengingat pentingnya kerjasama tim, tetapi McQueen tidak memerdulikannya, dan lebih berkonsentrasi untuk merebut kursi pembalap Dinoco yang tersisa, setelah pensiunnya The King.

Pada versi Denmark dari film ini, The King disuarakan oleh Tom Kristensen, yang merupakan juara 24 Hours of Le Mans sembilan kali. Sementara itu, pada versi Finlandianya, The King disuarakan oleh Mika Häkkinen, juara dunia Formula Satu dua kali. Sedangkan, di versi Jermannya, The King disuarakan oleh Niki Lauda, juara dunia Formula Satu tiga kali.

Lynda Weathers/Ny. The King[sunting | sunting sumber]

Chrysler Town & Country tahun 1970an

Lynda Weathers, atau lebih dikenal dengan "Mrs. The King", (disuarakan oleh Lynda Petty, istri dari Richard Petty) adalah sebuah Chrysler Town & Country tahun 1974 yang dulunya juga sering dibawa oleh keluarga Petty ke balapan-balapan Richard Petty selama dekade 1970an. Sama dengan Tex, Lynda mengikuti setiap balapan dari ruangan VIP Dinoco. Sepanjang film, ia terlihat terus mendukung suaminya.

Tex Dinoco[sunting | sunting sumber]

Tex Dinoco, disuarakan oleh Humpy Wheeler, adalah sebuah Cadillac Coupe de Ville tahun 1975 berwarna emas dan merupakan pemilik dari Dinoco. Ia adalah manajer dan sponsor The King. Tidak seperti Harv, agen McQueen yang tidak menonton balapan, Tex selalu terlihat menonton balapan.

Penduduk Radiator Springs[sunting | sunting sumber]

Tow Mater[sunting | sunting sumber]

Tow Mater adalah mobil derek tua berkarat yang merupakan sahabat McQueen. Dia menyuruh McQueen untuk tinggal di Radiator Springs.

Doc Hudson[sunting | sunting sumber]

Doc Hudson adalah mobil sedan biru yang merupakan mantan pembalap dengan meraih 3 piala Piston Cup dan sekarang bekerja sebagai dokter dan hakim di Radiator Springs.

Luigi[sunting | sunting sumber]

Fiat 500

Luigi (disuarakan oleh Tony Shalhoub) adalah sebuah Fiat 500 tahun 1959. Ia merupakan penggemar berat Scuderia Ferrari, dan menonton balapan sepanjang hidupnya. Plat nomornya adalah 445-108, yang merupakan latitude dan longitude untuk lokasi pabrik utama Ferrari di Maranello, Italia.[4] Luigi memiliki toko ban, Casa Della Tires, yang dikenal akan "Menara Miring Ban", sebuah menara yang tersusun atas ban-ban mobil dan berbentuk seperti Menara Miring Pisa. Asistennya merupakan 'forklift' asal Italia bernama Guido.

Di dalam tokonya, terdapat banyak foto mengenai berbagai mobil Ferrari sepanjang sejarah. Pada awalnya, Luigi dan Guido tidak menghormati McQueen saat ia pertama kali datang ke Radiator Springs, karena ia bukanlah Ferrari, tetapi nantinya mereka mulai menunjukkan hormat kepada McQueen, dan memasanginya ban putih, karena Luigi merupakan penggemar ban putih. Selama balapan terakhir, Luigi dan Guido bertugas sebagai kru pit McQueen.Setelah balapan, sekelompok mobil sport asal Italia, yakni sebuah Ferrari F430 disuarakan oleh Michael Schumacher) dan dua Maserati Quattroporte datang ke toko bannya, dan menjelaskan bahwa McQueen mengatakan jika toko tersebut adalah tempat terbaik di dunia untuk mendapatkan ban baru. Kedatangan mobil-mobil asal Italia ini tentu membuat Luigi dan Guido terkejut dan akhirnya pingsan.

Untuk versi Italia dari film ini, Luigi disuarakan oleh komedian, Marco Della Noce.[5]

Pada Cars 2, Luigi kembali menjadi kru pit McQueen. Di Jepang, ia menjadi sangat senang karena dapat melihat begitu banyak Ferrari di pesta semalam sebelum balapan. Luigi dan Guido juga sangat senang ketika dapat kembali lagi ke rumahnya di Italia.

Ia juga dapat dilihat di akhir film Finding Nemo.

Guido[sunting | sunting sumber]

Guido (disuarakan oleh Guido Quaroni) adalah sebuah 'forklift' Isetta tahun 1950an yang bekerja di Casa Della Tires milik Luigi. Satu-satunya bahasa yang dapat ia mengerti dan bicarakan adalah Bahasa Italia, walaupun di beberapa kesempatan, ia juga mengucapkan kata-kata Bahasa Inggris. Ia bermimpi untuk melayani pit stop pembalap sungguhan. Di akhir film ini, sebagai kru pit McQueen, ia melakukan pit stop tercepat dalam sejarah Piston Cup, dengan hanya membutuhkan 4 detik untuk mengganti keempat ban McQueen, dan mengejutkan kru pit Chick Hicks yang pada awalnya mengejeknya.

Ramone[sunting | sunting sumber]

Ramone (disuarakan oleh Cheech Marin) adalah sebuah Chevrolet Impala tahun 1959 yang memiliki toko 'Ramone's House of Body Art store', dimana ia mengecat dirinya sendiri dan mobil lain, termasuk Lightning McQueen. Plat nomornya adalah "L0WNSL0", yang merupakan modifikasi dari kata "Low and slow (Rendah dan pelan)". Ia menikahi Flo, yang merupakan pemilik restoran di sebelah tokonya. Ramone biasanya memakai cat ungu dengan semburat api warna kuning dan jingga, tetapi di sepanjang film ia mengganti catnya setiap pagi untuk mengasah keterampilannya. Situasi ini berganti ketika Radiator Springs menjadi ramai kembali. Ia juga sangat suka untuk mengemudi dengan rendah dan pelan saat aspal jalanan baru saja diperbarui.

Flo[sunting | sunting sumber]

Flo (disuarakan oleh Jenifer Lewis) adalah pemilik dari "Flo's V-8 Café", satu-satunya stasiun bahan bakar di Radiator Springs. Ia menikah dengan Ramone, seniman cat mobil di Radiator Springs. Plat nomornya adalah "SHOGRL", yang merupakan kependekan dari kata "showgirl".

Fillmore[sunting | sunting sumber]

Mobil van milik Bob Waldmire di Route 66 Hall of Fame

Fillmore (didasarkan atas karakter seniman Bob Waldmire,[6] disuarakan oleh George Carlin di film Cars) adalah sebuah van Volkswagen Type 2 tahun 1960an. Plat nomor Fillmore adalah "51237", yang merupakan referensi terhadap tanggal lahir dari George Carlin, yakni 12 Mei 1937, dan juga merupakan kode pos dari kota George, Iowa.[7]

Ia adalah seorang hippie. Nama "Fillmore" merupakan referensi terhadap Fillmore East, sebuah tempat yang sering sekali dipakai untuk konser musik:"rock" selama dekade 1960an dan 1970an. (The Allman Brothers, The Grateful Dead, dan Jimi Hendrix adalah beberapa penyanyi yang pernah tampil disana. Ia memiliki sebuah kios bahan bakar organik (Fillmore's Organic Fuel).

Ia memiliki stiker di bagian belakang yang bertuliskan "I brake for Jackalopes (Aku berhenti untuk Jackalopes)". Jackalope adalah hewan mistis yang muncul di drama teater Boundin'.

Fillmore muncul lagi di Cars 2, dan menjadi kru pit McQueen. Ia harus disuarakan ulang, karena George Carlin's meninggal dunia sebelum film ini selesai diproduksi, ia akhirnya disuarakan oleh Lloyd Sherr di film ini. Fillmore awalnya mendukung McQueen untuk menggunakan Allinol, walaupun beberapa pembalap telah celaka akibat bahan bakar ini. Walaupun begitu, untuk balapan terakhir, Sarge mengganti bahan bakar McQueen dengan bahan bakar organik milik Fillmore. Inilah yang mencegah McQueen tidak mengalami kebakaran, saat balapan berlangsung.

Fillmore awalnya akan diberi nama Waldmire. Namun karena Waldmire adalah seorang vegan, ia tidak ingin namanya dipakai, sebab mainan Fillmore akan disertakan dalam menu Happy Meal di McDonald's.

Sarge[sunting | sunting sumber]

Mobil Jeep Willys MB

Sarge (disuarakan oleh Paul Dooley) adalah sebuah Willys Jeep tahun 1941. Merupakan sebuah mobil veteran militer dengan cat warna hijau dan pangkat Sersan Mayor (dapat dilihat di bagian samping). Plat nomornya adalah "41WW2", yang merupakan referensi terhadap tahun pertama Willys MB bertugas di Angkatan Darat A.S., yakni tahun 1941, saat Perang Dunia II dimulai. Ia memiliki sebuah toko persediaan bernama "Sarge's Surplus Hut", tepat disebelah kios bahan bakar Fillmore. Ia juga merupakan kru pit McQueen, yang bertugas sebagai pengisi bahan bakar.

Sarge juga muncul di Cars 2, dan pada balapan terakhir ia secara sengaja dan sembunyi-sembunyi mengganti bahan bakar Allinol dengan bahan bakar organik. Hal ini pun membuat McQueen dapat selamat dari ancaman meledak di tengah balapan.

Lizzie[sunting | sunting sumber]

Lizzie (disuarakan oleh Katherine Helmond), adalah sebuah mobil coupè Ford Model T tahun 1923, yang merupakan janda dari pendiri Radiator Springs, Stanley, dan juga merupakan pemilik dari toko oleh-oleh dan aksesoris, Radiator Springs Curios. Plat nomornya adalah "MT23", yang merupakan referensi terhadap jenis mobilnya dan tahun keluarnya. Namanya merupakan turunan dari Tin Lizzie, yang merupakan julukan populer untuk Model T.

Lizzie awalnya akan diberi nama Henry F. Ord, sebagai penghormatan untuk Henry Ford.

Red[sunting | sunting sumber]

Red (disuarakan oleh Joe Ranft) adalah sebuah truk pemadam kebakaran tahun 1960an yang memiliki plat nomor "002." Ia sangatlah pemalu dan emosional. Ia banyak menghabiskan waktunya untuk berkebun dan mencuci sesuatu, termasuk mencuci patung Stanley di depan kantornya. Di sepanjang film, Red tidak pernah berbicara, ini karena Joe Ranft meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil pada bulan Agustus 2005, 11 bulan sebelum film ini dirilis.

Stanley[sunting | sunting sumber]

Mobil Uap Stanley

Stanley (disuarakan oleh John Michael Higgins) adalah mendiang suami Lizzie yang juga merupakan pendiri dari Radiator Springs. Stanley dimungkinkan adalah referensi terhadap Stanley Steamer, sebuah mobil bertenaga uap. Sebuah patung Stanley berdiri di depan balai kota. Walaupun hanyalah sebuah patung, Lizzie tampak sering sekali berbicara dengan patung ini.

Patung Stanley kembali muncul di Cars 2 dengan tampilan yang lebih muda dan tampak seperti baru saja diperbaiki.

Di Cars Toon, Stanley muncul sebagai pemeran aktif untuk pertama kalinya. Di taman hiburan Cars Land, tepatnya di bagian Radiator Springs, dinyatakan bahwa Disinilah pada musim panas tahun 1909, Stanley yang sedang menjelajah, kepanasan setelah air radiatornya menguap habis. Tiba-tiba ia menemukan sebuah mata air. Stanley pun memutuskan untuk mendirikan perkampungan pertama di Ornament Valley, dan sebagai penghormatan terhadap mata air tersebut, ia menamai tempat ini sebagai Radiator Springs.[8] Stanley's Oasis pun juga dinyatakan sebagai bisnis lokal pertama di Radiator Springs.

Tokoh-tokoh yang kadang muncul[sunting | sunting sumber]

  • Sheriff (Michael Wallis) - Mobil polisi dari Radiator Springs.
  • Todd Marcus - Mobil balap merah yang mengikuti balapan Dinoco 400.
  • Chick Hicks (Michael Keaton) - Mobil balap hijau dari tim "Hostile Takeover Bank (HTB)". Setiap kali bertanding, selalu melakukan kecurangan sehingga diharuskan bertanding di tingkat lebih rendah.
  • Sally Carrera (Bonny Hunt) - Mobil sedan biru muda yang merupakan pacar dari Lightning McQueen.
  • Bob Cutlass (Bob Costas) - Pembawa acara balap mobil.
  • Darrell Cartrip (Darrell Waltrip) - Pembawa acara balap mobil tambahan.
  • DJ (E.J. Holowicki) - Mobil biru bertenaga nitro yang menggemari musik.
  • Boost (Jonas Rivera) - Mobil balap ungu kehitaman yang memiliki tenaga nitro.
  • Snot Rod (Lou Romano) - Mobil balap merah dengan mesin di bagian depan, dan sering bersin.
  • Wingo (Adrian Ochoa) - Mobil balap yang ahli dalam berpesta dan melukis.
  • Tex (Humpy Wheeler) - Mobil berwarna emas yang merupakan pemilik perusahaan Dinoco.
  • Mia (Lindsey Collins) - Penggemar berat Lightning McQueen.
  • Tia (Elissa Knight) - Penggemar berat lain Lightning McQueen.
  • Junior (Dale Earnhardt Jr.) - Mobil balap yang merupakan anak dari Strip Weathers.
  • Fred (Andrew Stanton) - Mobil tua sangat berkarat yang namanya tertulis di plat nomornya.
  • Minny (Edie McClurg) - Mobil turis wanita yang mengunjungi Radiator Springs.
  • Van (Richard Kind) - Mobil turis pria yang merupakan suami dari Minny.
  • Jay Limo (Jay Leno) - Mobil sedan ungu yang merupakan pembawa acara The Jay Limo Show.
  • Not Chuck (Mike Nelson) - Mantan kepala kru Lightning McQueen yang mengundurkan diri karena kesal.
  • Jerry (Joe Ranft) - Truk Peterbilt pengangkut baterai daur ulang yang diikuti McQueen karena disangka Mack.
  • Mario Andretti (Mario Andretti) - Selebriti yang hadir dalam ajang balap mobil.

Tokoh baru yang muncul di film Cars 2[sunting | sunting sumber]

  • Finn McMissile (Michael Caine) - Mobil biru keperakan yang bekerja sebagai mata-mata dari London.
  • Holley Shiftwell (Emily Mortimer) - Mobil sedan ungu yang bertugas sebagai mata-mata pendamping Finn, tetapi ditempatkan di Tokyo.
  • Grem (Joe Mantegna) - Mobil antagonis. Dia adalah anak buah Profesor Zündapp.
  • Acer (Peter Jacobson) - Mobil antagonis. Dia juga merupakan anak buah Profesor Zündapp.
  • Professor Zündapp (Thomas Kretschman) - Mobil pembuat senjata yang ingin menghentikan World Grand Prix. Namun, dia bukan pelaku utama dibalik kekacauan balap mobil.
  • Tomber (Michel Michelis) - Teman lama Finn McMissile di kota Paris.
  • Sushi Chef (Daisuke "Dice" Tsutsumi) - Koki pembuat sushi di Jepang.
  • Sir Miles Axlerod (Eddie Izzard) - Miliarder pengusaha minyak yang menciptakan bahan bakar Allinol. Ia adalah tokoh antagonis utama di Cars 2.
  • Brent Mustangburger (Brent Musburger) - Kru dari Racing Sports Network.
  • David Hobbscap (David Hobbs) - Pembawa acara World Grand Prix.
  • Yokoza - Mobil hitam bertenaga nitro asal Jepang.
  • Mel Dorado (Patrick Walker) - Pembawa acara The Mel Dorado Show.
  • Leland Turbo (Jason Isaacs) - Pemandu Finn McMissile dalam misi mata-mata. Namun dia tewas dibunuh oleh anak buah Zündapp saat selesai memandu Finn di kilang minyak.
  • Victor Hugo (Stanley Townsend) - Mobil antagonis. Dia merupakan bawahan Zündapp dalam kelompok "Hugos".
  • Alexander Hugo (Veilbor Topic) - Saudara kembar dari Victor Hugo.
  • Ivan the Tow Truck (Stanley Townsend) - Mobil antagonis. Dia merupakan truk derek yang selalu melayani Victor Hugo.
  • J. Curby Gremlin (John Mainieri) - Mobil antagonis. Dia ikut satu kelompok dengan Grem.
  • Vladimir Trunkov (Stanley Townsend) - Mobil antagonis. Dia merupakan bawahan Zündapp dalam kelompok "Trunkovs".
  • Tubbs Pacer (Franco Nero) - Mobil antagonis. Dia ikut satu kelompok dengan Acer.
  • Uncle Topolino (Franco Nero) - Paman Luigi dan Guido.
  • John Lassetire (John Lasseter) - Kepala kru mobil Lewis.
  • Siddeley (Jason Isaacs) - Pesawat jet mata-mata berjenis Gulfstream G550 yang menjadi pembantu setia Finn.
  • Rod "Torque" Redline (Bruce Campbell) - Mobil sedan mata-mata asal Amerika Serikat yang merupakan teman dari Finn.
  • Mama Topolino (Vanessa Redgrave) - Istri Uncle Topolino.
  • Otis (Jeff Garlin) - Pasien perbaikan di Radiator Springs.

Pembalap World Grand Prix yang muncul di Cars 2[sunting | sunting sumber]

Tokoh lain[sunting | sunting sumber]

  • Koji - Mobil pembalap asal Jepang, hadir di Cars Toon.
  • Kapten Collision - Mobil berat yang merupakan pegulat bergaya militer. Hadir di Cars Toon.
  • Kori Turbowitz - Mobil sedan biru kehijauan yang bekerja sebagai wartawati ajang balap mobil.
  • Buzz Light Car (Tim Allen) - Mobil mini yang meniru karakter Buzz Lightyear dari waralaba Toy Story.
  • Woody Car (Tom Hanks) - Mobil mini yang meniru karakter Sheriff Woody dari waralaba Toy Story.
  • I-Screamer - Mobil penjual es krim yang ikut ambil bagian dalam adu gulat. Hadir di Cars Toon.
  • Mator - Piring terbang kecil yang berteman dengan Mater. Hadir di Cars Toon.
  • Rasta Carian - Mobil Off-road asal Jamaika yang memiliki penampilan seperti Bob Marley. Hadir di Cars Toon.
  • Tabinu - Mobil balap berwarna merah asal Jepang. Hadir di Cars Toon.
  • Hummer Sven - Mobil Off-road yang bertugas di California.
  • Cho - Mobil berwarna merah muda yang merupakan warga kota Tokyo.
  • Chuki - Mobil sedan berwarna merah muda yang merupakan penyiar stasiun televisi asal Jepang.
  • James P. Sullivan Truck - Mobil yang meniru karakter James P. Sullivan dari waralaba Monsters, Inc.. Juga hadir di Cars Toon.
  • Mike Wazowski Car - Mobil yang meniru karakter Mike Wazowski dari waralaba Monsters, Inc.. Juga hadir di Cars Toon.
  • Kabuto - Mobil abu-abu bertenaga nitro asal Jepang
  • Komodo - Mobil nitro asal Jepang berpenampilan seperti buaya atau Komodo Dragon.
  • Don Crumlin - Anggota kelompok "Gremlin" dengan warna ungu kebiruan.
  • T.J Hummer - Mobil Off-road hijau yang berlatih dalam perjalanan jarak jauh.
  • Mike Fuse - Mobil asal Jepang yang bertugas menjual minuman.
  • Sandy Dunes - Mobil Off-road kecil yang memimpin kelompok balap mobil kelas berat.
  • Shifty Sidewinder - Mobil Off-road berwarna hijau lemon dengan nomor 67.
  • Idle Threat - Mobil off-road hitam panjang dengan sifat kasar.
  • Blue Grit - Mobil off-road biru yang berukuran besar, dengan sifat sedikit gila.
  • Dokter Feel Bad - Ambulans yang bekerja sebagai pegulat di Cars Toon.
  • Paddy O'Concrete - Truk pengangkut beton yang bekerja sebagai pegulat di Cars Toon.
  • Lug dan Nutty - Mobil forklift yang bekerja sebagai pengawas sirkus.
  • Nurse GTO - Perawat rumah sakit yang hadir di Cars Toon.
  • Kapten Munier - Helikopter yang merupakan kapten kemiliteran, hadir di Cars Toon.
  • Kopral Kim - Truk militer yang hadir di Cars Toon.
  • James Cleanair - Mobil balap bermnomor 61 dari sponsor "Vitoline" yang mengikuti Dinoco 400.
  • Wally - Truk pengangkut barang dari Wal-Mart.
  • Misti Motorkross - Mobil balap biru muda dari sponsor "Rev-N-Go".
  • Murphy - Mobil off-road oranye yang ikut pelatihan Sarge.
  • Pinion Tanaka dan Kingpin Nobunaga - Dua mobil minibus yang bermain sumo.
  • M. Fenderickson - Pelanggan kedai minum di London.
  • Eddie dan Rocky - Dua mobil forklift yang suka bermain gitar listrik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hours-of-Service Regulations - Effective October 1, 2005". US DOT Federal Motor Carrier Safety Administration. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-09-07. Diakses tanggal 2012-07-07. 
  2. ^ Tim Lammers (June 8, 2006). "Memories Of Dad Drive Ratzenberger's Mack In 'Cars': Actor Voices Seventh Consecutive Pixar Film". 
  3. ^ "Now 75, Richard Petty remains 'The King' 20 years after his last victory". Palm Beach Post. July 4, 2012. 
  4. ^ Google Maps
  5. ^ Marco Della Noce's page on New Trends Management's site.
  6. ^ David Bakke (May 31, 2006). "Bob Waldmire: 'An ethical vegetarian'". State Journal-Register. Diakses tanggal 2012-05-12. 
  7. ^ "ZIP Code 51237". 
  8. ^ Adrienne Vincent-Phoenix (June 2012). "Cars Land Test Drive: Radiator Springs Racers". USA Today.