Commander in Chief (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Commander in Chief"
Demi Lovato - Commander in Chief.jpg
Singel oleh Demi Lovato
Dirilis14 Oktober 2020 (2020-10-14)
Genre
Durasi3:14
LabelIsland
Pencipta
Produser
  • Finneas
  • Eren Cannata
Kronologi singel Demi Lovato
"Still Have Me"
(2020)
"Commander in Chief"
(2020)
"Monsters"
(2020)
Video musik
"Commander in Chief" di YouTube

"Commander in Chief" adalah lagu oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Demi Lovato, yang ikut menulis lagu dengan Justin Tranter, Julia Michaels dan produsernya Finneas dan Eren Cannata. Lagu ini dirilis sebagai single oleh Island Records pada 14 Oktober 2020. Liriknya ditujukan kepada Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan merupakan tanggapan terhadap pemilihan presiden Amerika Serikat 2020.[1][2] Sebuah video musik dirilis pada hari yang sama.

Latar Belakang dan Komposisi[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara dengan CNN, Lovato menegaskan bahwa dia menulis lirik lagu ini kepada Presiden Trump, secara khusus menyebut "kesalahan penanganan" atas ketidakadilan rasial, supremasi kulit putih, pandemi COVID-19, dan pembongkaran hak LGBTQ. Lovato mengatakan lagu ini dimulai dengan keinginan agar dia menulis surat kepada Presiden atau mengatur pertemuan dengannya untuk menanyakan pertanyaan, tetapi dia akhirnya memutuskan untuk menulis lagu sebagai gantinya dan merilisnya sehingga semua orang akan bisa berbagi konfrontasi dan menuntut "jawaban" juga. Dalam lagu ini, Lovato bertanya, "Do you even know the truth? / We're in a state of crisis / People are dying / While you line your pockets deep / Commander in Chief / How does it feel / To still be able to breathe?"[2] Selain itu, Lovato mengatakan bahwa dia tidak ingin memecah belah bangsa lebih jauh secara politik dengan lagu ini, tetapi berharap lagu ini malah menginspirasi percakapan dan meningkatkan partisipasi pemilih.[2]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Lagu telah bocor sebelum dirilis pada 11 Oktober 2020. Beberapa hari kemudian, pada 13 Oktober, Lovato mulai mengumumkan lagu ini dengan memposting beberapa klip video musik yang akan datang melalui Instagram-nya, menampilkan seorang gadis muda berkulit hitam dan seorang pria kulit putih yang lebih tua mengucapkan lirik lagu. Sampul singel juga menampilkan Lovato mengenakan masker wajah bertuliskan "VOTE". Penyanyi, yang telah blak-blakan tentang keyakinan politiknya di masa lalu, mengumumkan bahwa lagu ini akan dirilis pada tanggal 14 Oktober, dengan sebuah postingan bertuliskan "Saya memanggil kalian semua, silakan bergabung dengan saya dalam pemungutan suara untuk tahun pemilihan ini. Temukan informasi pemilih Anda di iwillvote.com ".[3]

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Video musik untuk lagu ini dirilis pada 14 Oktober 2020, dan disutradarai oleh Director X.[4] Video lagu ini menampilkan beragam orang Amerika Serikat dari berbagai jenis kelamin, ras, orientasi seksual, dan kelompok disabilitas lipsynch lagu sebelum akhirnya Lovato muncul di momen-momen terakhir dari video. The Lincoln Project, sebuah kelompok yang sebagian besar terdiri dari Partai Republik melawan Trump, bekerja sama dengan Lovato untuk merilis video musik alternatif yang menampilkan montase gambar orang yang menderita, dengan gambar orang-orang yang ditahan di pusat penahanan perbatasan, rawat inap COVID-19 dan aksi Black Lives Matter.[5]

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga Lagu (2020) Posisi
Amerika Serikat (Billboard Digital Song Sales) 22
Selandia Baru (RMNZ Hot Singles)[6] 20
Skotlandia (OCC) 95

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Legaspi, Althea (October 14, 2020). "Demi Lovato, Finneas Team Up for Political Ballad 'Commander In Chief'". Rolling Stone. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  2. ^ a b c Melas, Chloe (October 14, 2020). "Demi Lovato has a few words for President Trump". CNN. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  3. ^ Justich, Kerry (October 15, 2020). "Demi Lovato defends her latest single 'Commander in Chief': 'I have a right to political views'". Yahoo!. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  4. ^ Lovato, Demi [@ddlovato] (October 14, 2020). "Won't give up, stand our ground ... We'll be in the streets while you're #CommanderInChief. Video dropping tomorrow" (Tweet). Diakses tanggal October 14, 2020 – via Twitter. 
  5. ^ Nolan, Emma (October 16, 2020). "Lincoln Project make music video for Demi Lovato's 'Commander In Chief'". Newsweek. Diakses tanggal October 16, 2020. 
  6. ^ "NZ Hot Singles Chart". Recorded Music NZ. October 26, 2020. Diakses tanggal October 23, 2020.