Nightingale (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nightingale
Lagu oleh Demi Lovato
dari album Demi
GenrePop
Durasi3:36
Label rekamanHollywood
Pengarang lagu
Produser rekaman
  • Matt Rad
  • Anne Preven
Daftar rekaman Demi
"Two Pieces"
(5)
Nightingale
(6)
"In Case"
(7)
Video musik
"Nightingale" di YouTube

"Nightingale" adalah sebuah lagu oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Demi Lovato dari album keempatnya Demi (2013). Lagu ini ditulis oleh Lovato, Anne Preven, Matt Rad dan Felicia Barton, sementara produksi dipimpin oleh Rad dan Preven berfungsi sebagai produser vokal.[1]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Dalam lirik lagu, Lovato mencari seorang pahlawan, seseorang untuk bersandar dan bernyanyi, "Sing to me/ I know you're there/ 'Cause baby you're my sanity".[2] Dalam sebuah wawancara dengan penulis lagu dan produser rekaman, Emanuel Kiriakou, Demi berkata: "Nightingale merupakan lagu pribadi, ini tentang salah satu teman saya, yang meninggal saat berusia tiga belas tahun. Saya terkadang merasa seperti tahu kapan dia ada di dalam kamar bersamaku dan aku memiliki koneksi yang sangat kuat dengannya, aku merasa dia Nightingale-ku." Dengan kata lain, dia merasa bahwa temannya adalah malaikat pelindungnya. Lagu ini sepenuhnya didedikasikan untuk temannya Trenton Stout, yang bunuh diri dengan menggantung dirinya pada usia tiga belas tahun.[3][4]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 9 Mei 2013, dalam tinjauan Billboard track-by-track, seorang jurnalis majalah musik, Jason Lipshutz menyatakan: "Nightingale melonjak saat suara Lovato bergabung dengan paduan suara di bagian terakhirnya, jika dia bisa menyempurnakan lagu ini secara live, akhir itu bisa menjadi sangat membawa emosi".[5]

Video Musik[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 24 Desember 2014, Lovato merilis sebuah video musik di Vevo, direkam dalam warna hitam dan putih, sebagai awal hadiah Natal untuk para penggemarnya. "Terima kasih banyak untuk tahun yang paling menakjubkan! Lovatics ku benar-benar yang terbaik," tulis Demi di Twitter saat ia membagikan tautan video tersebut.[6] Video tersebut menampilkan penampilan cameo dari aktor Amerika Serikat, Wilmer Valderrama yang menampilkan adegan ciuman bersama.[7] Video tersebut diikuti dengan Lovato dalam tur dan menunjukkan cinta untuk para penggemarnya "Lovatics" yang berperan sebagai nightingales-nya.

Penampilan Langsung[sunting | sunting sumber]

Demi membawakan lagu tersebut sebagai bagian dari set piano selama wawancara dengan GRAMMY.com pada bulan Oktober 2013.[8] Lovato membawakan lagu tersebut di Good Morning America pada tanggal 6 Juni 2014 sebagai bagian dari Summer Concert Series.[9] Lagu ini juga merupakan bagian dari daftar lagu yang dinyanyikan Lovato untuk The Neon Lights Tour, Demi World Tour dan Future Now Tour.[10][11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Demi – Demi Lovato : Credits". AllMusic. 
  2. ^ Lindner, Emilee (December 24, 2014). "Watch Demi Lovato Give Wilmer Valderrama A Huge Kiss in Beautiful New 'Nightingale' Video". MTV. Diakses tanggal April 6, 2015. 
  3. ^ "Demi Lovato – The Story of DEMI, Ep. 2". YouTube. May 14, 2013. Diakses tanggal April 6, 2015. 
  4. ^ "Speech About Trenton/Nightingale – Demi World Tour (10.20.14)". YouTube. October 21, 2015. Diakses tanggal December 27, 2015. 
  5. ^ Lipshutz, Jason (May 9, 2013). "Demi Lovato, 'Demi': Track-By-Track Review". Billboard. Diakses tanggal April 5, 2015. 
  6. ^ "Demi Lovato Releases New Video for "Nightingale"". Disney. January 3, 2015. Diakses tanggal April 6, 2015. 
  7. ^ De Wilde, Karen (December 25, 2014). "Demi Lovato releases 'Nightingale' video showing Wilmer Valderrama". AXS. Diakses tanggal April 5, 2015. 
  8. ^ "Demi Lovato Performs Exclusive Set at the Recording Academy". National Academy of Recording Arts and Sciences. October 18, 2013. Diakses tanggal April 5, 2015. 
  9. ^ "Demi Lovato Serenades Central Park With 'Nightingale'". Yahoo! News. Diakses tanggal December 27, 2015. 
  10. ^ Glenn Gamboa (March 7, 2014). "Demi Lovato's 'Neon Lights' tour coming to Nassau Coliseum: See her set list". Newsday. Diakses tanggal May 29, 2014. 
  11. ^ Bobby Olivier (October 26, 2014). "Demi Lovato at Prudential Center: What you missed from N.J.'s massive pop show, with video". NJ.com. Diakses tanggal November 5, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]