Coenwulf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Coenwulf
Potret Coenwulf dari "Coenwulf mancus", koin emas yang ditemukan di Bedfordshire tahun 2001
Raja Mercia
Masa kekuasaan796–821
PendahuluEcgfrith
PenggantiCeolwulf I
PasanganCynegyth (dugaan)
Ælfthryth
Anak
Kenelm
Cwenthryth
BapakCuthberht
Meninggal821 M
Basingwerk, Flintshire
Inggris Selatan pada masa Cenwulf

Cenwulf ([køːn.wulf]; juga dieja Coenwulf atau Kenulf) merupakan seorang raja Mercia dari tahun 796 hingga kematiannya pada tahun 821.

Pada saat kematian Ecgfrith, putra dan penerus sesaat dari Offa, Cenwulf, mendapatkan kekuasaan. Setelah naik takhta, ia menghadapi pemberontakan penduduk Kent dan Anglia Timur, yang telah ditundukkan oleh Offa. Kent ditaklukkan kembali pada awal tahun 798, sementara Anglia Timur mempertahankan kemerdekaannya hingga paling lambat tahun 805. Cenwulf juga melancarkan sejumlah kampanye melawan Wales dan berselisih setidaknya dengan Northumbria, sementara mungkin mendukung lawan Raja Eardwulf.

Pertikaian panjang antara Cenwulf dan Wulfred, Uskup Agung Canterbury, yang menentang kendali lembaga-lembaga keagamaan. Antagonisme mereka sedemikian rupa sehingga Wulfred dicegah untuk melaksanakan tugasnya setidaknya selama empat tahun. Hanya setelah kematian Cenwulf, situasinya diredakan setelah negosiasi antara putrinya Cwenthryth dan uskup agung.

Pengganti Cenwulf adalah saudaranya Ceolwulf I, yang bertakhta hanya selama dua tahun sebelum dipecat. Menurut legenda kemudian, putra Cenwulf, Cynehelm, diduga dibunuh sebagai bagian dari perselisihan internal. Bagaimanapun juga, Ceolwulf adalah anggota terakhir dari keluarga Cenwulf yang memerintah Mercia. Hegemoni tentara bayaran di selatan Inggris hampir tidak selamat dari Cenwulf, yang penerusnya dikalahkan oleh kebangkitan Wessex.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber pertama[sunting | sunting sumber]

Sumber kedua[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Coenwulf
Wafat: 821
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Offa
Bretwalda
796–821
Diteruskan oleh:
Ecgberht
Didahului oleh:
Ecgfrith
Raja Mercia
796–821
Diteruskan oleh:
Ceolwulf I
Didahului oleh:
Eadwald
sebagai Raja
Penguasa Anglia Timur
skt. 805–821
Didahului oleh:
Cuthred
Raja Kent
807–821