Æthelwold dari Wessex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Æthelwold (868902) atau Æthelwald adalah anak bungsu dari dua putra Æthelred I, raja Wessex dari 865 hingga 871.[1] Æthelwold dan saudaranya Æthelhelm masih bayi ketika ayahanda mereka sang raja meninggal saat berperang melawan invasi Viking Denmark. Takhta diserahkan kepada adik laki-laki raja (pamanda Æthelwold) Alfred yang Agung yang melanjutkan perang melawan Viking dan mendapatkan kemenangan penting di Pertempuran Edington pada 878.

Setelah kematian Alfred pada 899, Æthelwold memperdebatkan takhta dengan putra Alfred, Edward Tua. Sebagai Ætheling senior (pangeran dinasti kerajaan yang memenuhi syarat untuk menjadi raja), Æthelwold memiliki klaim yang kuat atas takhta. Dia berusaha mengumpulkan pasukan untuk mendukung klaimnya, tetapi tidak dapat memperoleh dukungan yang cukup untuk bertemu Edward dalam pertempuran dan melarikan diri ke Northumbria yang dikuasai Viking, dimana dia diterima sebagai raja. Pada 901 atau 902 ia berlayar dengan armada ke Essex, di mana ia juga diterima sebagai raja.

Tahun berikutnya Æthelwold membujuk Anglia Timur Dane untuk menyerang wilayah Edward di Wessex dan Mercia. Edward membalas dengan serangan di Anglia Timur, dan ketika dia mundur, orang-orang Kent tetap tinggal dan bertemu dengan Anglia Timur Dane di Pertempuran Holme. Dane menang tetapi menderita kerugian besar, termasuk kematian Æthelwold, yang mengakhiri tantangan terhadap pemerintahan Edward.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada abad kedelapan, Mercia adalah kerajaan paling kuat di Inggris selatan, tetapi pada awal abad kesembilan Wessex menjadi dominan. Pada 820-an Raja Egbert dari Wessex menaklukkan Inggris tenggara (Kent, Surrey, Sussex dan Essex). Pemerintahannya melihat awal serangan Viking, tetapi Egbert dan putranya Æthelwulf, yang berhasil pada 839, mampu melawan mereka.[2] Æthelwulf meninggal pada 858, dan dia diikuti oleh empat putra berturut-turut. Raja Æthelbald meninggal pada 860, dan Raja Æthelberht pada 865; ayahanda Æthelwold, Æthelred, kemudian naik takhta. Pada tahun yang sama Tentara Besar Biadab Viking menginvasi Inggris. Dalam lima tahun mereka telah menaklukkan Northumbria dan Anglia Timur, dan memaksa Mercia untuk takluk. Pada akhir 870 Viking menginvasi Wessex, dan pada awal 871 mereka melawan pasukan di bawah Æthelred dan Alfred dalam empat pertempuran berturut-turut, dua pertempuran terakhir Wessex kalah. Æthelred meninggal tak lama setelah Paskah tahun itu, meninggalkan putra-putranya yang masih kecil.[3] Primogenitur belum diberlakukan pada periode ini, dan diyakini bahwa raja harus dewasa, jadi ia digantikan oleh adiknya Alfred.[4]

Pada 878 Viking telah merebut Mercia timur dan hampir menaklukkan Wessex, dan Alfred menjadi buronan di Daratan Somerset, tetapi dia melawan dan memenangkan Pertempuran Edington. Ini diikuti oleh masa damai, dan pada akhir 880-an Alfred membuat perjanjian dengan Guthrum, raja Viking Anglia timur, menetapkan batas antara Wessex dan Mercia Inggris di satu sisi, dan Danelaw di sisi lain. Serangan Viking lebih lanjut pada pertengahan 890-an tidak berhasil.[5]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Æthelwold is often described as Æthelred's elder son, but according to Barbara Yorke his brother Æthelhelm was the elder, and Æthelhelm is listed above Æthelwold in Alfred the Great's will. Barbara Yorke, 'Edward as Ætheling', N. J. Higham & D. H. Hill eds, Edward the Elder 899-924, Routledge, 2001, p. 35; King Alfred's Will, in Simon Keynes & Michael Lapidge, trans & notes, Alfred the Great: Asser's life and Other Contemporary Sources, Penguin, 1983, p. 177.
  2. ^ Edwards 2004; Nelson 2004.
  3. ^ Miller 2004a.
  4. ^ Williams 1979, hlm. 145–46.
  5. ^ Keynes and Lapidge 1983, hlm. 18–43, 311.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Stenton, Frank Anglo-Saxon England Oxford University Press, 1971
  • Palgrave, Francis History of the Anglo Saxons 1st ed.: John Murray, London, 1835; many later editions

Pranala luar[sunting | sunting sumber]