Æthelred dari Mercia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Æthelred
Jendela kaca patri di Santo Yohanes Chester
Raja Mercia
Berkuasa675–704
PendahuluWulfar
PenerusCenred
Informasi pribadi
Kelahiranskt. 645
Kematianskt. 709
Pemakaman
DynastyWangsa Icel
AyahPenda
IbuCynewise (dugaan)
PasanganOsthryth
AnakCeolred
Ceolwald (dugaan)
AgamaKristen

Æthelred (/ˈæθəlrɛd/; † set. 704) adalah raja Mercia, kerajaan Anglo-Saxon di Midlands, dari 675 hingga 704. Putra Penda, Æthelred naik takhta setelah kematian saudaranya Wulfar. Pada tahun pertama pemerintahannya, ia menyerbu Kerajaan Kent dan pasukannya menghancurkan kota Rochester. Pada 679, ia mengalahkan pasukan saudara iparnya Ecgfrith dari Northumbria di pertempuran Trent. Kemenangan penting menandai berakhirnya pengaruh Northumbria di selatan Humber. Di sisi lain, upayanya untuk menegakkan kembali kekuasaan Mercia di Inggris selatan tidak berhasil.

Æthelred adalah penguasa yang saleh dan murah hati terhadap Gereja. Pemerintahannya mengalami reorganisasi keuskupan Inggris oleh Uskup Agung Canterbury, Theodore dari Tarsus. Æthelred juga bersahabat dengan uskup Northumbria Wilfridus selama pengasingan yang terakhir: dia dipercayakan dengan tanggung jawab episkopal di Mercia dan mendukungnya selama Konsili Austerfield.

Æthelred menikahi Osthryth, putri raja Oswiu, salah satu raja Northumbria yang berkuasa pada abad ke-VII. Osthryth dibunuh dalam keadaan yang tidak diketahui pada 697. Æthelred mengabdikasikan dirinya pada 704 dan menyerahkan takhta kepada keponakannya Cenred, putra Wulfar. Setelah turun takhta, ia menjadi seorang biarawan di Keabbasan Bardney, yang ia dirikan bersama istrinya. Di sanalah dia dimakamkan setelah kematiannya, yang terjadi pada tanggal yang tidak diketahui. Putranya Ceolred menjadi raja setelah Cenred pada 709. Diduga dia memiliki putra lain bernama Ceolwald, yang disebutkan dalam daftar raja sebagai penerus Ceolred yang berumur pendek.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber pertama

Sumber kedua

Pranala luar[sunting | sunting sumber]