Eorcenberht dari Kent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eorcenberht
Raja Kent
Berkuasa20 Januari 640 – 14 Juli 664
PendahuluEadbald
PenerusEcgberht
Informasi pribadi
Kematian14 Juli 664
Pemakaman
Gereja St Mary, Canterbury
AyahEadbald
IbuEmma
PasanganSeaxburh dari Ely
AnakEcgberht
Hlothhere
Eorcengota
Ermenilda
AgamaKatolik Roma

Eorcenberht dari Kent (juga Ærconberht, Earconberht, atau Earconbert) († 14 Juli 664) adalah raja Kent, Anglo-Saxon dari 640 hingga kematiannya, menggantikan ayahandanya Eadbald.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Eorcenberht adalah salah satu dari dua putra Raja Eadbalddan istri keduanya, Putri Franka Ymme. Dia menggantikan ayahandanya di atas takhta ketika dia meninggal pada 640. Menurut beberapa versi "legenda Santa Mildrith"[2], saudaranya Eormenred berbagi kerajaan dengan dia. Kasus-kasus kerajaan ganda lainnya diketahui dalam sejarah Kerajaan Kent, yang mendukung pembagian semacam itu. Legenda mengatakan bahwa Eormenred meninggal sebelum saudaranya dan mempercayakan putranya Æthelred dan Æthelberht kepadanya.

Menurut Beda Venerabilis, Eorcenberht, raja Kristen ketiga Kent setelah ayahandanya dan kakeknya Æthelberht, memerintahkan penghancuran berhala pagan dan pelaksanaan Prapaskah di seluruh kerajaannya. Ia menikahi Seaxburh[3], putri Raja Anna dari Anglia Timur. Mereka diketahui memiliki empat anak: dua putra, Ecgberht dan Hlothhere, dan dua putri, Eorcengota dan Ermenilda. Yang terakhir menjadi istri Raja Wulfhere dari Mercia. Pernikahan ini membuktikan prestise yang cukup besar bagi keluarga kerajaan Kent.

Eorcenberht meninggal pada 14 Juli 664, pada hari yang sama dengan Uskup Agung Canterbury Deusdedit. Keduanya kemungkinan besar menjadi korban epidemi pes yang melanda Kepulauan Britania tahun itu. Putranya Ecgberht menggantikannya di takhta Kent.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bede; Jane, L. C. (translator) (1903), Ecclesiastical History of the English People, 3 
  2. ^ D. W. Rollason, The Mildrith Legend: A Study in Early Medieval Hagiography in England (series "Studies in the Early History of Britain", Leicester University) 1983.
  3. ^ Ecclesiastical History of the English People

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]