Childebert I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Childebert I
Roi Childebert Louvre ML93.jpg
Patung Childebert dari Biara St. Germain-des-Prés, abad ke-13 (Musée du Louvre)
Raja Paris
Berkuasa511–558
PendahuluClovis I
PenerusClotaire I
Raja Orléans
Berkuasa524–558
PendahuluClodomir
PenerusClotaire I
Lahirskt. 496
Reims
Wafat13 Desember 558 (berusia 61–62)
DynastyMeroving
AyahClovis I
IbuClotilda
PasanganUltragotha
AnakChrodoberge
Chrodesinde
AgamaKekristenan Nicea

Childebert I (skt. 496 – 13 Desember 558) merupakan seorang Raja Franka dari Dinasti Meroving, sebagai yang ketiga dari keempat putra Clovis I yang berbagi kerajaan Franka atas kematian ayahanda mereka pada tahun 511. Dia adalah salah satu dari anak-anak Santa Clotilda, lahir di Reims. Ia memerintah sebagai Raja Paris dari tahun 511 sampai 558 dan Orléans dari tahun 524 sampai 558.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pembagian tanah Gaul kepada putra-putra Clovis I atas kematiannya pada tahun 511.

Di partisi wilayah tersebut, Childebert menerima bagiannya dari kota Paris, negara di utara sampai sungai Somme, ke barat sampai selat Inggris, dan semenanjung Armorica (Bretagne modern). Saudara-saudaranya memerintah di negeri yang berbeda: Thierry I di Metz, Clodomir di Orléans, dan Clotaire I di Soissons.

Pada tahun 523, Childebert berpartisipasi dengan saudara-saudaranya dalam perang melawan Godomar dari Bourgogne. Clodomir tewas dalam Pertempuran Vézeronce (524). Setelah itu, khawatir bahwa ketiga putra Clodomir akan mewarisi kerajaan Orléans, Clotaire berkonspirasi dengan Childebert untuk mengusir mereka. Mereka mengirim seorang perwakilan ke ibunda mereka Clotilda, yang sebagai ibu ratu memiliki wewenang sebagai kepala keluarga. Perwakilan tersebut mempresentasikan sepasang gunting dan pedang, menawarkan pilihan untuk menggeser ketiga putra tersebut, menyingkirkan rambut panjang mereka yang dianggap sebagai simbol kekuasaan kerajaan, atau untuk membunuh mereka. Dia terkenal menjawab, "Lebih baik saya melihat mereka mati daripada dicukur, jika mereka tidak diangkat ke kerajaan".[1] Setelah pembunuhan terhadap dua anak sulung Chlodomer-yang ketiga, Clodoald, melarikan diri ke kehidupan monastik-Childebert menganeksasi kota Chartres dan Orléans.

Dia mengambil bagian dalam berbagai ekspedisi berikutnya melawan kerajaan Burgundian. Dia mengepung Autun pada tahun 532 dan, pada tahun 534, setelah menaklukkan kerajaan bersama dengan saudaranya Clotaire dan Thierry, Theudebert I, menerima bagiannya dari rampasan kerajaan itu di kota Mâcon, Jenewa, dan Lyon. Ketika Vitiges, raja Ostrogoth, menyerahkan Provence kepada kaum Franka pada tahun 535, kepemilikan Arles dan Marseilles dijamin Childebert oleh saudara-saudaranya. Aneksasi provinsi tersebut selesai, dengan bantuan Clotaire, pada musim dingin tahun 536–537.

Pada tahun 531, dia menerima permohonan saudarinya Clotilda, istri Raja Amalarik dari Visigoth. Raja Arian Hispania, menurut Clotilda, sangat menganiaya dia, seorang Katolik. Childebert turun dengan tentara dan mengalahkan raja Gothik. Amalarik mundur ke Barcelona, di mana dia dibunuh. Clotilda meninggal dalam perjalanan kembali ke Paris dari penyebab yang tidak diketahui.

Childebert melakukan ekspedisi lain melawan Visigoth. Pada tahun 542, ia menguasai Pamplona dengan bantuan saudaranya Clotaire dan mengepung Zaragoza, namun terpaksa mundur. Dari ekspedisi ini, ia membawa kembali ke Paris sebuah relikui berharga, tunik Santo Vicente, untuk menghormatinya di mana ia membangun gerbang-gerbang Paris yang terkenal sebagai biara Sainte-Croix-et-Saint-Vincent, yang kemudian dikenal sebagai Biara St-Germain-des-Prés.

Ia meninggal pada tanggal 13 Desember 558, dan dimakamkan di biara yang didirikannya, di mana makamnya telah ditemukan.[2] St-Germain-des-Prés menjadi nekropolis kerajaan untuk raja-raja Neustria sampai tahun 675.[3] Dia tidak memiliki keturunan laki-laki, hanya dua orang putri, Chrodoberge dan Chrodesinde, oleh istrinya Ultragotha. Childebert adalah seorang raja yang serakah. Dia memperluas wilayahnya lebih ke dalam peperangan asing daripada saudara-saudara lainnya, ia berperang di Bourgogne (lebih dari sekali), Spanyol (lebih dari sekali), Provence, dan tempat lain di Gaul. Gregorius dari Tours, sebuah kontemporer Neustri, mengutip Childebert yang mengatakan: "Velim unquam Arvernam Lemanem yang tantae jocunditatis gratia refulgere dicitur, oculis cernere" ("Apakah saya bisa melihat Auvergne Limagne, yang sangat dibicarakan"). Childbert juga merupakan salah satu putra Clovis yang lebih religius, bekerja sama dengan saudara-saudaranya, menyelamatkan saudarinya, dan membangun biara Santo Vicente yang terkenal untuk menampung beberapa relikuinya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Grégoire de Tours, Histoire, livre III, 18."online at Fordham University". 
  2. ^ See "Nouveaux documents sur le tombeau de Childebert a Saint-Germain-des-Prés" in the Bulletin de la Société des Antiquaires, 1887.
  3. ^ Patrick Périn, in Médiévales, 31, 1996, pp.29-36

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Gregory of Tours. The History of the Franks. 2 vol. trans. O. M. Dalton. Oxford: Clarendon Press, 1967.
  • Geary, Patrick J. Before France and Germany. Oxford University Press: 1988.
Childebert I
Lahir: 496 Wafat: 558
Didahului oleh:
Clovis I
Raja Paris
511–558
Diteruskan oleh:
Clotaire I