Thibaud

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kekaisaran Franka pada tahun 555, tahun kematian Thibaud

Theudebald atau Theodebald (dalam bahasa Inggris modern, Theobald; dalam bahasa Prancis, Thibaud atau Théodebald; dalam bahasa Jerman, Theudowald) (skt. 535–555), putra Theudebert I dan Deuteria, merupakan seorang raja Metz, Rheims, atau Austrasia—seperti yang sering disebut—dari tahun 547 atau 548 sampai 555.

Ia baru berusia tiga belas tahun saat dia naik takhta dan kesehatannya buruk. Namun, loyalitas bangsawan terhadap ayahandanya mempertahankan perdamaian di masa kecilnya. Dia menikahi Waldrada, putri raja Langobardi Vacone dan bibi tirinya (saudari istri kedua ayahandanya). Pernikahan ini memperkuat aliansi antara Austrasia dan Langobardi.

Meski begitu, Thibaud tidak dapat berpegang pada penaklukan ayahandanya di utara Italia. Kaisar Bizantium Yustinianus I mengirim tentara ke bawah komando Narses pada tahun 552 dan, seperti ayahandanya sebelumnya, Thibaud menghindari konfrontasi langsung dengan itu.

Setelah lama sakit ia meninggal pada tahun 555. Wilayah kekuasaannya akhirnya diserahkan di luar keluarga Thierry I dan bersatu dengan kerajaan-kerajaan kakek pamandanya Clotaire I, yang akan segera menjadi raja bagi seluruh Franka.