Theuderic III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Theuderic III dari "Promptuarii Iconum Insigniorum "

Theuderic III (atau Theuderich, Theoderic, atau Theodoric; di dalam Perancis, Thierry) (654–691) merupakan seorang raja Neustria (termasuk Bourgogne) di dua kesempatan (673 dan 675 – 691) dan raja Austrasia dari tahun 679 sampai kematiannya pada tahun 691. Dengan demikian, ia adalah raja seluruh Suku Franka dari tahun 679. Ia adalah putra Clovis II dan Batildis, ia konon adalah seorang raja bonekaroi fainéant — dari Mayordomo Ebroin, yang mungkin menunjuknya dengan bantuan para bangsawan. Ia menggantikan saudaranya Clotaire III di Neustria tahun 673, namun Childerich II dari Austrasia menggantikannya tak lama kemudian sampai ia meninggal pada tahun 675 dan Theuderic mengambil kembali takhtanya. Ketika Dagobert II meninggal pada tahun 679, ia menerima Austrasia juga dan menjadi raja di seluruh kerajaan Franka.

Ia dan Mayordomo Neustria, Waratton, berdamai dengan Pippin II, Mayordomo Austrasia di tahun 681. Akan tetapi, pada kematian Waratton tahun 686, mayordomo yang baru, Berchar, berperang dengan Austrasia dan Pippin tewas oleh prajurit Bourgogne-Neustria dibawah pimpinan Berchar dan Theuderic (orang Neustria) di Pertempuran Tertry tahun 687, yang membuka jalan untuk kekuasaan Austrasia di negara Franka.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Ia menikahi Clotilda, putri Ansegisel dan Santa Begga.

Mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

Ia menikahi Amalberge (Santa Amalaberga) sebelum tahun 674, putri Wandregisis dan Farahild. Mereka memiliki seorang putri:

  • Chrotlind, lahir pada sekitar tahun 670, kemungkinan istri Lambert II dari Hesbaye dan ibu Robert I dari Hesbaye.

Dan kemungkinan:

Theuderic III
Lahir: 650 Wafat: 691
Didahului oleh:
Childerich II
Raja Neustria dan Bourgogne
675–691
Diteruskan oleh:
Clovis IV
Didahului oleh:
Dagobert II
Raja Austrasia
679–691
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Childerich II
Raja Franka
679–691