Lompat ke isi

Bulatung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bulatung
Periode Tiffanian–Present
[1]
Meliosma Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoProteales
FamiliSabiaceae
GenusMeliosma Edit nilai pada Wikidata
Blume, 1823
Tipe taksonomiMeliosma lanceolata Edit nilai pada Wikidata
Tata nama
Sinonim taksonMillingtonia Roxb.
Wellingtonia Meisn.
Species
See text
Meliosma henryi
Meliosma pinnata var. oldhamii biji

Meliosma atau bulatung dalah genus tanaman berbunga dalam keluarga Sabiaceae, berasal dari daerah tropis hingga daerah beriklim hangat di Asia selatan dan timur serta Amerika . Secara tradisional dianggap mengandung sekitar 100 spesies ; beberapa ahli botani [2] mengambil pandangan yang lebih konservatif dan hanya menerima 20-25 spesies sebagai spesies yang berbeda. Mereka berupa pohon atau semak, tumbuh setinggi 10–45 m.

Bukti fosil menunjukkan genus ini dulunya mempunyai wilayah jelajah yang lebih luas di Belahan Bumi Utara, termasuk Eropa dan Asia Tengah hingga zaman es Pliosen akhir, dan lebih awal di Amerika Utara. [3] Sekurang-kurangnya 17 spesies Meliosma diketahui dari Peru . [4]

 

Catatan fosil[sunting | sunting sumber]

Fosil endokarp dari Miosen awal Meliosma wetteraviensis, telah ditemukan di Cekungan Zittau bagian Ceko . Kisaran stratigrafi takson ini adalah dari Oligosen akhir hingga Pliosen di Eropa Barat dan Siberia . [5] Fosil Meliosma tambahan telah ditemukan di Formasi Clarno Eosen tengah di Oregon, AS, [6] dan Formasi Fort Union Paleosen di Wyoming . [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Wing, S.L.; Alroy, J; Hickey, L.J. (1995). "Plant and mammal diversity in the Paleocene to Early Eocene of the Bighorn Basin". Palaeogeography, Palaeoclimatology, Palaeoecology. 
  2. ^ E.g. van Beusekom (1971)
  3. ^ van Beusekom (1971)
  4. ^ Gentry, A., 1992. Four New Species of Meliosma (Sabiaceae) from Peru. Novon, 2(2), p.155.
  5. ^ Teodoridis, Vasilis (2003). "Early Miocene carpological material from the Czech part of the Zittau Basin". Acta Palaeobotanica. 
  6. ^ Retallack, G.J. (1996). "Reconstructions of Eocene and Oligocene plants and animals of central Oregon". Oregon Geology. .